Memiliki Minat yang Sama di dalam Hubungan Sebenarnya Penting Tidak, Ya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26 Agustus 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Menjalani sebuah hubungan dengan pasangan yang tidak memiliki kesamaan sama sekali mungkin akan sulit sekaligus menantang. Anda mungkin akan kesulitan mencari topik pembicaraan atau menghabiskan waktu bersama karena perbedaan yang ada. Namun, apakah memiliki kesamaan dengan pasangan menjamin bahwa hubungan dapat berjalan dengan lancar dan adem ayem? Simak ulasannya berikut ini

Pentingkah memiliki kesamaan dengan pasangan?

kunci penting agar tercipta hubungan yang sehat

Pada umumnya, memiliki kesamaan dalam hubungan adalah salah satu alasan yang membuat Anda dapat berkomitmen dengan pasangan, misalnya saja visi yang sama. Walaupun tidak semua hubungan berkomitmen didasarkan pada minat serupa, kesamaan ini dapat membantu Anda berdua melewati masa-masa sulit. 

Selain itu, memiliki hubungan dengan dasar persamaan memang cenderung bertahan lebih lamaSeperti yang dilansir dari Center Stone, salah satu rahasia dari hubungan yang langgeng adalah memiliki kesamaan dengan pasangan.

Hal tersebut dikarenakan ketika Anda menghabiskan waktu bersama pasangan, tentu Anda atau pasangan akan mencari apa yang Anda berdua sukai dan melakukannya bersama-sama. 

Misalnya, Anda berdua menyukai konser musik dan menontonnya bersama dapat membuat hubungan Anda berdua menjadi lebih kuat. Selain itu, Anda tidak perlu terlalu pusing mencari aktivitas seru apa yang bisa dilakukan berdua. 

Kesamaan dengan pasangan tak menjamin langgengnya hubungan

kena ghosting

Kesamaan dengan pasangan ternyata tidak menjadi jaminan bahwa hubungan Anda akan awet. Hobi, minat, dan sifat yang sama bukan berarti Anda berdua tidak akan menemukan masalah yang bisa membuat hubungan tersebut berakhir.

Pada sebuah penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa kesamaan tersebut akan sangat berpengaruh pada awal hubungan saja, alias bulan-bulan pertama Anda berdua memulai hubungan. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu ada aspek lain yang membuat hubungan bertahan lama.

Hasil dari penelitian tersebut memperlihatkan bahwa pada fase-fase tertentu perbedaan sifat dan minat justru akan membantu mereka dalam menghadapi sebuah masalah. Masih ada hal lain yang membuat fondasi dalam hubungan lebih kuat, di luar kesamaan yang dimiliki.

Kesamaan dengan seseorang mungkin penting dalam tahap pengenalan, tetapi menjadikannya sebuah syarat dalam hubungan mungkin bukan pilihan yang bijak.

Hubungan yang kuat tidak harus selalu didasari minat yang sama

pasangan beda usia jauh

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kesamaan dengan pasangan bukanlah satu-satunya hal yang menjamin hubungan Anda akan langgeng. Komunikasi dan kepercayaanlah yang justru menjadi fondasi hubungan yang kuat. Memiliki minat yang sama sebenarnya hanyalah bonus agar Anda memiliki alasan lain untuk mempertahankan hubungan tersebut. 

Faktor lain yang dapat membuat hubungan Anda bertahan lama adalah kasih sayang, perhatian, dan perasaan saloing menghormati satu sama lain. Ketiga aspek tersebut lebih penting dibandingkan kesamaan yang Anda miliki dengan pasangan.

Ketika hubungan mulai goyah, cobalah untuk tidak mengandalkan kesamaan dengan pasangan sebagai alasan untuk tetap bersama. Sebaiknya, Anda perlu memperbanyak komunikasi untuk meningkatkan kualitas yang Anda dan pasangan miliki.

Memiliki kesamaan dengan pasangan mungkin amat menyenangkan pada awal perkenalan Anda. Namun, menjadikannya sebagai dasar Anda menjalin hubungan bukan pilihan tepat.

Komunikasilah yang perlu Anda pertahankan dan tingkatkan agar Anda dan pasangan saling memahami. Dengan begitu, impian Anda untuk memiliki hubungan yang langgeng pun bisa tercapai.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hilangkan Kebiasaan Cuek Terhadap Pasangan Sekarang

Dianggap tidak peduli oleh pasangan memang sungguh menyakitkan. Yuk, ubah kebiasaan buruk tersebut dengan menghilangkan sifat cuek Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Cara Menghadapi Pasangan yang Cuek

Pasangan yang tidak perhatian alias cuek memang membuat batin sengsara. Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, kenali cara menghadapi pasangan yang cuek.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 15 Januari 2020 . Waktu baca 3 menit

Memperingati Hari Jadi Ternyata Penting untuk Keharmonisan Hubungan Anda, Lho!

Anniversary atau hari jadi adalah salah satu cara Anda dan pasangan untuk merayakan kebahagiaan Anda sebagai pasangan. Mengapa begitu penting?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 18 November 2019 . Waktu baca 3 menit

Mau Mengirim Foto Seksi ke Pasangan? Baca Dulu Tips Amannya

Mau mengirim foto seksi ke pasangan? Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengirim foto seksi ke pasangan Anda? Yuk, simak artikelnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 9 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan borderline personality disorder

Tips Awet Bersama Pasangan dengan Borderline Personality Disorder

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 5 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit
pasangan menjadi sahabat

Manfaat Pasangan Menjadi Sahabat dalam Hubungan Asmara

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 6 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
menolak cinta gebetan

Inilah Siasat Jitu Menolak Cinta Gebetan agar Tidak Bikin Sakit Hati

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19 April 2020 . Waktu baca 5 menit
cara mengatasi pasangan pemabuk

5 Cara Menghadapi Pasangan Pemabuk

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit