3 Manfaat Berhubungan Seks Sebelum Tidur di Malam Hari

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kapan biasanya Anda dan pasangan bercinta? Di malam hari atau pagi hari? Meskipun waktu bercinta adalah pilihan pribadi, kebanyakan pasangan memang cenderung melakukan hubungan intim di malam hari. Maka, sudah sejak lama seks identik dengan aktivitas di malam hari. Padahal, harusnya seks bisa dilakukan kapan saja. Lalu, mengapa banyak orang memilih untuk melakukan hubungan intim di malam hari? Adakah alasan medis atau ilmiah di balik kebiasaan ini? Baca terus untuk mencari tahu jawabannya!

Seks sebelum tidur jadi favorit banyak orang

Menurut data yang dicatat oleh para peneliti dalam Journal of Circadian Rythms, kebanyakan pasangan dewasa (usia 18-51 tahun) cenderung berhubungan seks di malam hari, dengan puncaknya yaitu pukul 11 malam sampai pukul 1 dini hari. Seks akan kemudian dilanjutkan dengan tidur. Maka, seks pun biasanya jadi “penutup” bagi aktivitas harian pasangan.

Namun, beberapa pasangan justru lebih memilih untuk membuka hari dengan seks. Penelitian pada tahun 2005 tersebut melihat bahwa selain di malam hari, waktu terpopuler kedua untuk berhubungan seks adalah pagi hari setelah bangun tidur, sebelum memulai aktivitas lainnya.

Apakah hubungan intim di malam hari lebih baik?

Tak ada keharusan untuk melakukan hubungan intim di malam hari. Secara biologis, manusia bisa bercinta kapan saja. Alasan mengapa banyak orang memilih untuk melakukan hubungan intim di malam hari sebenarnya lebih kepada jadwal harian dan kesibukan masing-masing. Malam hari adalah satu-satunya waktu di mana pasangan bisa menghabiskan waktu berkualitas berdua. Anda dan pasangan sudah selesai beraktivitas dan anak-anak sudah tidur. Dengan begitu, Anda bisa berhubungan intim dengan lebih leluasa dan nyaman.

Akan tetapi, ada alasan kuat mengapa banyak orang memilih untuk bercinta sebelum tidur. Bagi wanita yang sedang mengusahakan kehamilan, berbaring telentang setelah seks bisa meningkatkan peluang kehamilan hingga 27%. Sementara itu, langsung berdiri akan membuat sperma lebih sulit bertemu sel telur karena harus melawan gaya gravitasi. Karena itu, seks sebelum tidur jadi pilihan yang praktis karena sesudahnya Anda bisa berbaring dengan santai. Anda tak perlu langsung bangun untuk masak sarapan dan siap-siap ke kantor.

Manfaat melakukan hubungan intim di malam hari

Anda memang bebas berhubungan seks kapan saja. Akan tetapi, para ahli menemukan bahwa ada banyak manfaat bercinta sebelum tidur. Simak tiga keunggulannya berikut ini.

1. Meningkatkan keintiman hubungan

Seks di malam hari memberikan Anda dan pasangan kesempatan lebih besar untuk bermesraan setelah seks. Anda berdua bisa saling berpelukan dan mengobrol secara lebih intim. Ini karena setelah berhubungan seks, tubuh akan memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini bertanggung jawab untuk membuat Anda merasa nyaman dan penuh kasih sayang. Sementara kalau bercinta di pagi hari Anda mungkin harus langsung buru-buru bangun, tak sempat bermesraan dulu.

2. Mengurangi stres

Bukan rahasia lagi, seks bisa membantu mengurangi stres akibat pekerjaan atau tekanan lainnya. Setelah melalui satu hari yang penuh dengan masalah, seks bisa jadi cara mudah dan nikmat untuk melepas stres. Ingat, bila tidak ditangani dengan tepat, stres bisa memicu berbagai masalah kesehatan dan psikologis. Jadi, penting buat Anda dan pasangan untuk menangani stres sebelum tidur.

3. Tidur lebih nyenyak

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa seks bisa meningkatkan kualitas tidur hingga membantu mengatasi insomnia. Saat berhubungan intim, tubuh melepaskan hormon endorfin yang akan membuat Anda jadi lebih rileks dan nyaman. Anda pun jadi lebih mudah terlelap dan bisa bangun pagi dengan segar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Cepat lelah dan kehabisan napas bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Tapi bagaimana cara mengukurnya? Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kebugaran, Hidup Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

posisi bercinta agar cepat hamil

Ini Posisi Bercinta yang Tepat Agar Cepat Hamil

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit