Kenali Perbedaan Nutrisi dan Manfaat Air Kelapa dan Santan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25/04/2020
Bagikan sekarang

Kelapa menghasilkan banyak produk makanan dan minuman, termasuk air kelapa dan santan. Meski sama-sama berasal dari kelapa, namun keduanya memiliki manfaat dan nutrisi yang berbeda bagi tubuh. Lalu, apa perbedaan manfaat dan nutrisi antara air kelapa dan santan?

Bagaimana santan dan air kelapa didapat?

Meski sama-sama dari kelapa, air kelapa dan santan didapat melalui proses yang berbeda. Air kelapa merupakan air yang ada di dalam buah kelapa. Tidak ada proses khusus yang perlu dilakukan untuk mendapatkan air kelapa ini. Begitu buah kelapa dibelah, air yang tersimpan di dalamnya bisa langsung diminum atau digunakan untuk proses memasak.

Berbeda dengan air kelapa, santan memerlukan proses khusus untuk mendapatkannya. Santan didapat dengan memarut daging buah kelapa yang sudah tua. Setelah diparut, daging kelapa tersebut dicampur dengan air dan kemudian diperas. Hasil perasan itulah yang disebut dengan santan dan bisa digunakan untuk proses memasak.

Perbedaan nutrisi santan dan air kelapa

Sebagaimana proses mendapatkannya, nutrisi dari air kelapa dan santan pun berbeda. Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, berikut nutrisi yang terkandung dalam 100 gram air kelapa dan santan.

perbedaan nutrisi air kelapa dan santan

Berdasarkan deretan di atas, air kelapa dan santan memiliki perbedaan yang signifikan pada kalori. Air kelapa merupakan minuman yang rendah kalori, sedangkan santan memiliki kalori yang 19 kali lebih besar.

Dikutip dari Healthline, tidak heran bila kalori dalam santan dan air kelapa sangat berbeda. Penyebabnya, air kelapa mengandung lebih banyak air, yaitu mencapai 94%, sedangkan santan hanya mengandung 50% air. Santan pun memiliki nutrisi utama berupa lemak, sedangkan air kelapa hampir tidak mengandung lemak.

Meski demikian, kandungan vitamin dan mineral di dalam santan dan air kelapa tidak jauh berbeda. Kandungan kalium di keduanya pun sama-sama tinggi.

Selain deretan kandungan di atas, santan dan air kelapa juga mengandung folat. Kandungan asam folat dalam satu gelas santan sebesar 10% dari kebutuhan harian, sedangkan dalam air kelapa hanya mengandung 2%  folat dari kebutuhan harian.

Perbedaan manfaat santan dan air kelapa

Manfaat air kelapa dan santan sama-sama bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang menurunkan berat badan. Air kelapa memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga bagi yang sedang diet tidak perlu mengkhawatirkan berat badannya semakin bertambah dengan mengonsumsi minuman ini.

Berbeda dengan air kelapa, kandungan santan justru memiliki kalori yang tinggi. Namun, mengonsumsi santan bagi yang sedang diet pun tidak bermasalah. Pasalnya, santan mengandung asam lemak rantai sedang atau medium-chain triglyceride (MCT) yang mana dapat memberikan efek positif pada penurunan berat badan. Meski demikian, mengonsumsi santan pun tidak boleh terlalu banyak karena kandungan kalorinya tersebut.

Selain hal tersebut, air kelapa dan santan memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Berikut perbedaan air kelapa dan santan dilihat dari manfaatnya.

Air kelapa

Air kelapa dikenal sebagai cairan elektrolit yang alami, sehingga cocok diminum seusai olahraga. Minuman ini dapat membantu seseorang untuk tetap terhidrasi dan secara cepat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh meski telah mengeluarkan banyak keringat sehabis olahraga.

Air kelapa juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang didapat saat berolahraga. Selain itu, air kelapa juga terbukti menurunkan kadar gula dalam darah.

Santan

Berbeda dengan air kelapa, ada berbagai mitos mengenai bahaya santan untuk kesehatan karena kandungan lemaknya yang tinggi. Namun, bahan makanan ini justru memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Tidak seperti air kelapa, santan memiliki manfaat lain yang berbeda, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia dan baik untuk kesehatan jantung. Santan mengandung asam laurat yang memiliki fungsi antimikroba dan antiinflamasi.

Selain itu, sebuah penelitan pada 2017 pun menunjukkan bahwa asam laurat dapat menyebabkan kematian sel kanker dan menekan pertumbuhan tumor. Fungsi-fungsi inilah yang dapat mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai bakteri dan virus.

Asam laurat juga terbukti bisa mengurangi stres oksidatif dan tekanan darah. Dengan demikian, santan juga baik untuk kesehatan jantung meski tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Air kelapa dan santan memiliki perbedaan dalam sisi nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh. Namun, keduanya sama-sama harus dihindari bagi yang mengalami alergi terhadap kelapa.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Bayi Usia 6 Bulan ke Atas Boleh Konsumsi Santan?

Bayi usia 6 bulan mulai diperkenalkan makanan padat sehingga ibu akan mulai berkreasi dengan MPASI. Namun, apakah santan juga boleh diberikan untuk bayi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

4 Kreasi Resep Es Kelapa Muda Segar untuk Melepas Dahaga

Siang-siang minum es kelapa muda itu nikmat. Nah daripada beli di pinggir jalan, kenapa tidak buat sendiri versi yang lebih sehatnya dengan resep-resep ini?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Air Kelapa Punya Banyak Khasiat, Tapi Apa Boleh Diminum Oleh Bayi?

Bosan memberikan bayi minuman yang itu-itu saja? Tertarik ingin mencoba air kelapa untuk bayi? Sebaiknya, ketahui dulu keamanan dan kapan usia terbaiknya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

5 Resep Minuman Segar Saat Cuaca Panas Menyerang

Cuaca panas seharian bisa buat tubuh makin capek dan bahkan nyaris dehidrasi. Agar tetap fit, yuk ikuti resep minuman segar di sini. Caranya mudah, kok!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji

Direkomendasikan untuk Anda

air kelapa untuk batu ginjal

Benarkah Air Kelapa Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 17/02/2020
minuman sehat

5 Minuman Sehat untuk Menyambut Tamu di Perayaan Natal

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 17/12/2019
perbedaan santan dan air kelapa

4 Kebaikan Kentos Kelapa untuk Tubuh, yang Sayang Jika Dilewatkan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14/12/2019
olahraga minum air kelapa manfaat

Manfaat Minum Air Kelapa Selama dan Setelah Berolahraga

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 03/06/2019