Scrub Gula vs Scrub Garam, Mana yang Lebih Baik untuk Membersihkan Wajah?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Ibarat sikat yang membersihkan permukaan porselen dari lapisan kotoran, fungsi scrub adalah membersihkan wajah Anda dari tumpukan kulit mati yang kusam. Ada dua jenis scrub yang umum digunakan, yakni scrub gula dan scrub garam. Keduanya memiliki keunikan tersendiri, tapi mana yang paling unggul untuk membersihkan wajah?

Perbandingan scrub gula dan garam

Produk scrub yang unggul bagi wajah tidak hanya efektif dalam menyingkirkan lapisan kulit mati. Scrub juga harus memiliki ukuran butiran yang sesuai, mampu melembapkan kulit, dan merangsang pembelahan sel-sel kulit sehingga wajah tampak lebih cerah.

Masih bingung menentukan jenis scrub yang terbaik untuk wajah Anda? Berikut beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Kemampuan eksfoliasi

Eksfoliasi wjah sebagai erawatan kulit pria

Eksfoliasi’ merupakan istilah lain untuk mengangkat lapisan kulit mati, dan ‘eksfoliator’ adalah sebutan untuk bahan yang memiliki fungsi ini. Scrub gula dan garam memiliki ukuran butiran yang berbeda sehingga kemampuannya eksfoliasinya juga tidak sama.

Scrub gula lebih unggul untuk eksfoliasi wajah karena butirannya lebih lembut bagi kulit wajah yang tipis. Butiran gula yang halus juga lebih melembapkan dan tidak akan menghilangkan minyak alami kulit.

Keunggulan lain dari scrub gula yakni, ada berbagai jenis scrub gula yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Bila butiran gula biasa terlalu kasar untuk kulit Anda yang sensitif, cobalah memilih scrub dari brown sugar yang jauh lebih lembut.

2. Kemampuan menjaga kelembapan kulit

suntik vitamin c mencerahkan kulit

Scrub gula dan garam memiliki perbedaan dalam menjaga kelembapan kulit. Gula lebih unggul soal hal ini karena butirannya adalah humektan alami. Humektan merupakan zat yang mampu menarik air dan kelembapan dari luar ke dalam lapisan kulit.

Ketika Anda menggunakan scrub gula pada wajah, butiran gula akan menyerap air dan kelembapan dari area sekitar, kemudian menguncinya dalam kulit Anda. Hasilnya, kulit wajah pun menjadi lebih kenyal dan sehat.

Walau demikian, scrub garam memiliki keunggulan dalam membuat kulit lebih berkilau alias glowing. Hal ini disebabkan karena scrub garam membantu melancarkan aliran darah di bawah permukaan kulit. Dengan begitu, kulit menjadi lebih segar dan berkilau.

3. Kemampuan merangsang pembelahan sel kulit

scrub masker perawatan kulit kopi cokelat

Hal lain yang membedakan scrub gula dan garam adalah kemampuannya dalam merangsang pembelahan sel kulit. Scrub gula adalah sumber alami dari glycolic acid. Senyawa ini dapat memacu pembelahan sel-sel kulit sehingga wajah tampak lebih segar dan bercahaya.

Namun, manfaat ini tidak dimiliki oleh scrub gula saja. Saat Anda menggunakan scrub garam untuk mengeksfoliasi kulit, lepasnya lapisan kulit mati akan merangsang pembelahan sel kulit baru untuk memperbarui lapisan kulit yang hilang.

Selain itu, scrub garam juga melancarkan aliran darah di bawah kulit. Melansir Siegel Rare Neuroimmune Association, pasokan darah yang cukup akan membantu pembelahan kulit karena darah membawa nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk membentuk sel-sel baru.

Jenis scrub terbaik untuk membersihkan wajah

Scrub Kopi Untuk Cerahkan Kulit

Scrub gula dan garam memiliki keunggulan tersendiri. Untuk menentukan jenis scrub terbaik, sesuaikan dengan jenis kulit Anda karena setiap scrub memiliki kemampuan berbeda dalam mengeksfoliasi, melembapkan, dan merangsang pembelahan sel-sel kulit.

Scrub garam adalah pilihan terbaik untuk membersihkan badan, sebab butirannya yang kasar mampu mengeksfoliasi kulit badan yang tebal secara efektif. Sementara itu, kulit wajah yang tipis dan sensitif sebaiknya dieksfoliasi menggunakan scrub gula yang lebih lembut.

Baik scrub gula maupun garam, yang terpenting scrub tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Hentikan pemakaian dan berkonsultasilah dengan dokter bila penggunaan scrub selalu menimbulkan perih, gatal, atau rasa tidak nyaman pada kulit wajah.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 12, 2020 | Terakhir Diedit: Desember 30, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca