Skincare Pagi yang Tidak Boleh Dilewatkan untuk Bekas Jerawat

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Menerapkan skincare pagi untuk mengatasi bekas jerawat, penting untuk dilakukan. Meskipun jerawat sudah tuntas, tetapi Anda perlu melakukan perawatan ekstra setelahnya untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Kulit merupakan bagian terpenting yang perlu dijaga kesehatannya, karena kulit sebagai organ paling luar untuk melindungi tubuh. Maka itu, penting untuk memulai skincare pagi sebagai cara memelihara kesehatan kulit, sekaligus mengatasi masalah bekas jerawat.

Skincare pagi untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel

Bila sebelumnya Anda berfokus pada regimen skincare malam, cobalah untuk melakukan perawatan di pagi hari. Terdapat bahan-bahan yang wajib ada agar upaya pembasmian bekas jerawat dapat diterapkan secara optimal.

Mendiamkan bekas jerawat begitu saja bisa meningkatkan risiko inflamasi dan timbulnya jerawat kembali. Terkadang bekas ini menimbulkan skar hipertrofik maupun hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Salah satu cara untuk menyamarkan noda jerawat adalah dengan melakukan rangkaian perawatan kulit wajah mandiri. Selain itu, hindari kebiasaan buruk yang memperparah kondisi bekas jerawat.

Jadi, tak hanya penggunaan skincare di malam hari, Anda bisa menghilangkan bekas jerawat dengan maksimal melalui pemakaian skincare di pagi hari.

1. Menggunakan gel penghilang bekas jerawat

Masukkan penggunaan gel penghilang bekas jerawat ke dalam rutinitas skincare pagi hari untuk menuntaskan noda yang membandel. Ini salah satu solusi untuk menyamarkan noda bekas jerawat yang tak kunjung hilang. Sebelum berdandan di pagi hari, Anda bisa mengoleskan gel penghilang bekas jerawat.

Agar lebih efektif, Anda bisa menggunakannya 2-3 kali sehari pada pagi dan malam hari. Pilih gel yang memiliki kandungan pionin, niacinamide, allium cepa, mucopolysaccharide (MPS), serat allium cepa. 

Kandungan tersebut diformulasikan untuk mengatasi bekas jerawat dengan cara menyamarkan noda dan ketidakrataan kulit akibat bekas jerawat. Allium cepa dalam gel penghilang bekas jerawat bersifat antimikroba dan antifungal, sehingga mampu melawan infeksi bakteri penyebab jerawat,

2. Serum mengandung antioksidan

Oleskan serum dengan kandungan antioksidan sebagai skincare rutin di pagi hari untuk mengatasi bekas jerawat. Anda bisa memilih serum grapeseed oil.

Selain mengandung antioksidan, grapessed oil juga bersifat antiinflamasi yang mampu menjaga kesehatan kulit serta mengatasi bekas jerawat.

Serum ini juga mengandung vitamin E, beta karoten, dan asam linoleat yang mampu meregenerasi, mengatasi jaringan kulit yang rusak, serta melawan bakteri penyebab jerawat.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan grapeseed oil memproteksi kulit dari sinar UVB. Meskipun demikian, Anda masih perlu mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UVA.

3. Memakai moisturizer

Kulit wajah dengan noda jerawat butuh perhatian khusus. Anda wajib menyertakan moisturizer ke dalam rangkaian skincare di pagi hari untuk mengatasi bekas jerawat. 

Pastikan moisturizer yang Anda pakai mengandung bebas minyak untuk mencegah terjadinya jerawat berlebih (breakouts).

Tak hanya itu, cobalah untuk memastikan terdapat label noncomedogenic. Pentingnya label ini agar meminimalkan penyumbatan pori-pori yang berdampak pada pembentukan komedo ataupun jerawat.

Pakai moisturizer secukupnya, lalu aplikasikan secara menyeluruh ke bagian pipi, ratakan ke seluruh wajah. Anda juga bisa memilih moisturizer yang mengandung SPF untuk proteksi yang optimal.

4. Mengenakan sunscreen

Setelah menerapkan ketiga regimen skincare pagi di atas, jangan lupa untuk selalu mengenakan sunscreen sebagai perawatan maksimal bekas jerawat. Perlu diketahui, bekas jerawat yang menetap dan terpapar sinar matahari dapat menggelap.

Selain mencegah pembentukan dark spot pada bekas jerawat, penggunaan sunscreen dapat memberikan manfaat lainnya, seperti mencegah kerutan wajah dan penuaan dini. 

Sunscreen wajib digunakan sehari-hari, meskipun Anda bekerja di dalam ruangan. Pilih sunscreen dengan minimal SPF 30 dan kenakan 15-30 menit sebelum Anda keluar ruangan agar dapat bekerja secara optimal pada kulit wajah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Psoriasis Vulgaris

Psoriasis vulgaris atau psoriasis plak adalah jenis psoriasis yang paling umum. Ketahui seperti apa gejala, penyebab, dan pengobatannya di artikel ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 9 menit

Minum Es Kopi Ternyata Lebih Menyehatkan daripada Kopi Panas

Manfaat minum kopi untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, di antara es kopi atau kopi panas, mana yang lebih sehat? Ketahui di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Kanker Esofagus

Kanker esofagus adalah kanker yang menyerang kerongkongan. Yuk, pahami gejala, penyebab, dan cara mengobatinya pada ulasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 28 September 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
psoriasis gutata adalah

Psoriasis Gutata

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 8 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada Kulit Kepala

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit