Khasiat Penting Niacinamide untuk Samarkan Bekas JerawatIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Ada beragam cara untuk menyamarkan noda bekas jerawat, mulai dari teknik polesan makeup hingga pemilihan produk untuk bekas jerawat. Jika Anda sedang mencari produk untuk menyamarkan bekas jerawat yang tak kunjung hilang, ada salah satu kandungan skincare yang sedang digemari saat ini, yakni niacinamide.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang niacinamide dan apa manfaatnya, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat niacinamide untuk menyamarkan bekas jerawat

Niacinamide ini merupakan bentuk vitamin B3 atau dikenal juga sebagai nicotinamide. Pada kesehariannya, tubuh membutuhkan vitamin ini. Kekurangan niacinamide dapat menyebabkan gangguan pada kulit, ginjal, dan otak.

Kandungan niacinamide secara mudah ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. Untuk mengatasi masalah kulit, niacinamide dapat ditemukan dalam produk skincare, salah satunya gel penghilang bekas jerawat.

Bila memiliki noda bekas jerawat, Anda bisa memilih produk dengan kandungan niacinamide. Bekas jerawat yang dibiarkan begitu saja bisa mengganggu penampilan. Rasanya tak nyaman ketika noda bekas jerawat menetap dan menjadi perhatian orang terdekat.

Di sini niacinamide tak sekadar menyamarkan bekas jerawat. tetapi juga memperbaiki tekstur kulit yang terjadi akibat hiperpigmentasi. Maka itu, ketahui manfaat kandungan ini untuk mengatasi noda bekas jerawat dan kesehatan kulit wajah.

1. Meningkatkan imunitas kulit

Selain menyamarkan bekas jerawat, niacinamide juga membantu merawat kulit wajah Anda. Niacinamide memicu produksi keratin, yakni jenis protein yang menjaga kekencangan dan kesehatan kulit. Sehingga kulit wajah senantiasa sehat berkat kandungan ini.

2. Meredakan inflamasi

Niacinamide bermanfaat untuk menghilangkan noda jerawat dengan meredakan inflamasi atau peradangan pada area kulit terpapar.

3. Niacinamide untuk mengatasi hiperpigmentasi noda bekas jerawat

Selain meredakan inflamasi, niacinamide dapat bermanfaat untuk mengatasi hiperpigmentasi inflamasi pasca jerawat. Sebuah penelitian mengatakan, setidaknya 5% niacinamide bisa membantu menyamarkan noda hitam.

Perbedaan dapat terlihat setidaknya pada 4 minggu dan tidak lebih dari 2 bulan. Manfaat ini bisa menstimulasi kulit wajah untuk memproduksi kolagen yang berguna merawat elastisitas kulit.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Bekas jerawat dapat kembali meradang ketika sering terpapar sinar matahari. Di sini fungsi niacinamide memberikan proteksi untuk kulit. Maka itu, dampak dari sinar matahari tak mencederai noda bekas jerawat.

5. Mengatasi jerawat 

Tak hanya menuntaskan bekas jerawat, niacinamide bermanfaat untuk mengatasi jerawat yang mungkin muncul pada noda yang meradang. Fungsi niacinamide di sini dapat memperbaiki tekstur dan meminimalkan luka pada kulit wajah.

Cara kerja niacinamide untuk mengatasi bekas jerawat

Manfaat kandungan niacinamide dapat dirasakan secara optimal ketika Anda mengaplikasikan gel penghilang bekas jerawat dengan kandungan tersebut, hingga noda menghilang.

Niacinamide mengurangi perpindahan dari melanosit yang memberikan warna pada kulit. Kandungan ini pada obat bekas jerawat bekerja untuk mengurangi transepidermal water loss atau penurunan kadar air dalam kulit, serta menjaga kelembapan kulit.

Niacinamide menstimulasi sintesis protein keratin. Keratin merupakan protein pada kulit yang membentuk perlindungan dan meningkatkan kekuatan kulit.

Niacinamide bekerja dengan memperbaiki struktur kulit, menyamarkan kerutan wajah, serta menghambat dampak buruk sinar matahari yang menyebabkan kanker kulit.

Karena fungsinya yang melindungi kulit, kandungan ini memberikan sifat anti-inflamasi untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. 

Maka itu, untuk mengatasi bekas jerawat pastikan Anda menggunakan obat gel dengan kandungan niacinamide. Tidak hanya menghilangkan masalah bekas jerawat, tetapi kandungan ini mampu memberikan fungsi perawatan dan proteksi terhadap kulit Anda. Sehingga kulit juga bisa terjaga kesehatannya, serta terhindar dari timbulnya jerawat baru pada area bekas jerawat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 21, 2020 | Terakhir Diedit: Maret 18, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca