Makeup Mengandung SPF Cukup Untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV ?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tidak hanya sunscreen, berbagai produk makeup pun kini telah dilengkapi dengan sun protection factor (SPF) untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Setiap produk makeup dengan SPF memiliki level yang bervariasi, mulai dari SPF 15, 30, bahkan hingga 50.

Jika kebanyakan produk makeup dengan SPF, lantas perlukah Anda mengoleskan sunscreen lagi?

Apakah SPF dalam makeup sudah cukup bagi kulit?

pakai sunscreen di rumah

Anda kini dapat menemukan SPF dalam primer, foundation, bronzer, maupun beragam produk makeup lainnya yang umum digunakan. Sayangnya, produk-produk tersebut ternyata belum cukup untuk melindungi kulit Anda dari bahaya sinar ultraviolet.

Lily Talakoub, M.D., dokter spesialis kulit di McLean Dermatology and Skincare Center, mengatakan bahwa ada dua kekurangan utama dari produk makeup mengandung SPF. Kekurangan inilah yang membuat Anda masih harus menggunakan sunscreen.

Pertama, makeup dengan SPF hanya melindungi kulit dari sinar ultraviolet B (UVB). Sinar UVB adalah sinar yang dapat merusak lapisan kulit luar, menyebabkan kemerahan pada kulit, serta menimbulkan efek terbakar matahari.

Makeup dengan SPF biasanya tidak menangkal sinar ultraviolet A (UVA). Padahal, sinar UVA lebih berbahaya dibandingkan sinar UVB. Sinar UVA dapat menembus kulit, merusak lapisan kolagen, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Kedua, Anda baru bisa memperoleh manfaat SPF dalam makeup jika menggunakannya dalam jumlah banyak. Kebanyakan orang hanya menggunakan sedikit olesan makeup pada wajahnya dan jumlah ini tidak cukup untuk menangkal sinar ultraviolet.

Dr. Talakoub memperkirakan, Anda harus mengoleskan makeup 15 kali lebih tebal agar SPF yang terkandung di dalamnya bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Hal ini tentu tidak memungkinkan, jadi Anda masih perlu mengoleskan sunscreen pada kulit.

Rutinitas makeup yang tepat untuk melindungi kulit

cara memakai ulang sunscreen

Meskipun tidak efektif menangkal sinar UV, Anda tetap boleh menggunakan makeup mengandung SPF. Yang terpenting, jangan lupa melengkapi rutinitas makeup Anda dengan menggunakan sunscreen.

Agar kulit senantiasa terlindung dari bahaya sinar UV, berikut adalah rutinitas makeup yang dapat Anda terapkan:

1. Mengoleskan sunscreen

Awali hari Anda dengan mengoleskan sunscreen pada area wajah, leher, dan telinga. Tidak seperti makeup, SPF dalam sunscreen bisa melindungi kulit dengan lebih efektif karena Anda dapat menggunakannya dalam jumlah yang banyak.

American Cancer Society menyarankan penggunaan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih yang bisa menyaring 97 persen sinar UV. Selain itu, cobalah memilih sunscreen dengan keterangan ‘broad spectrum’ yang mampu menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus.

2. Menggunakan krim mata mengandung SPF

krim mata

Jika sunscreen menimbulkan iritasi pada area sekitar mata yang sensitif, coba gunakan krim mata mengandung SPF 15. Krim mata berfungsi seperti sunscreen, tetapi kandungannya lebih lembut bagi kulit yang sensitif.

3. Menggunakan foundation mengandung SPF

Makeup SPF melindungi kulit tidak terlalu maksimal, tapi produk-produk ini dapat mengoptimalkan fungsi sunscreen. Pilihlah foundation mengandung SPF 15, lalu oleskan pada wajah secara merata sesuai kebutuhan.

4. Menaburkan bedak

Taburkan bedak pada wajah Anda, lalu ratakan dengan spons. Partikel bedak tabur akan menjaga sunscreen dan foundation agar tidak cepat luntur. Tidak hanya itu, bedak tabur juga membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV.

5. Menggunakan lipstik atau lipbalm mengandung SPF

Sumber: Always Ladies

Bibir Anda pun tidak luput dari risiko paparan sinar UV. Untungnya, beberapa produk lipstik dan lip balm kini telah dilengkapi dengan SPF. Pilihlah produk yang mengandung SPF 15, lalu gunakan pada bibir secara merata sebelum beraktivitas.

Makeup mengandung SPF saja ternyata tidak cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV. Maka dari itu, Anda tetap perlu melengkapi rutinitas makeup dengan menggunakan sunscreen. Setiap dua jam, oleskan kembali sunscreen pada wajah dan bibir.

Hal ini juga perlu dilakukan saat Anda beraktivitas di dalam ruangan, sebab sinar UVA dapat menembus kaca. Dengan cara ini, Anda bisa beraktivitas tanpa perlu takut akan dampak sinar ultraviolet terhadap kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Poin Penting Dalam Memilih Sunscreen untuk Kulit Eksim

Suncreen wajib digunakan sebelum beraktivitas, apalagi bagi orang dengan masalah eksim. Agar tak keliru, begini cara tepat memilih sunscreen untuk eksim.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Anggapan Keliru atau Mitos Seputar Sunscreen

Banyak mitos seputar sunscreen yang beredar di kalangan masyarakat dan membuat mereka tidak mendapatkan perlindungan maksimal. Apa saja mitos tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 17 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Anda yang Kulitnya Mudah Berjerawat

Tidak semua jenis sunscreen cocok untuk kulit mudah berjerawat. Lantas, bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk jenis kulit ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Kecantikan 20 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Alergi Sunscreen? Ini 5 Cara Lain untuk Melindungi Kulit Anda dari Sinar UV

Orang-orang yang alergi sunscreen perlu melakukan cara lain untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih. Apa saja caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Kecantikan 19 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara kerja sunblock

Bagaimana Cara Kerja Sunblock dalam Melindungi Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
mencegah kulit terbakar matahari

Tips Melindungi Kulit dari Cuaca Ekstrem Saat Ibadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23 Maret 2020 . Waktu baca 5 menit
kesalahan memakai sunscreen

4 Kesalahan Umum Memakai Sunscreen Pada Wajah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 7 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit
perawatan kulit lansia

Kulit Sudah Keriput, Masih Perlukah Pakai Skincare di Usia Senja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 7 November 2019 . Waktu baca 4 menit