5 Perawatan Kulit di Malam Hari untuk Memperbaiki Tekstur Kulit

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2019
Bagikan sekarang

Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan sehat di pagi hari, perawatan kulit malam harilah kuncinya. Jangan sepelekan kulit Anda sebelum tidur. Justru, malam hari merupakan waktu yang sangat penting untuk merawat kulit.

Tenang saja, ini tidak repot kok. Simak seperti apa perawatan kulit malam hari di rumah sebelum pergi tidur.

1. Membersihkan kulit

memilih pembersih wajah

Setelah seharian beraktivitas, perawatan kulit malam hari yang sangat wajib adalah pembersih kulit. Dari wajah hingga ujung kaki tidak boleh sampai terlewatkan.

Saat Anda tidur, kulit secara alami akan memperbaiki dan memulihkan dirinya sendiri. Membersihkan wajah sebelum tidur adalah cara paling dasar untuk membantu kulit memaksimalkan proses ini.

Bukan hanya itu, membersihkan kulit juga akan membantu mencegah dari masalah-masalah kulit misalnya, jerawat dan gatal-gatal.

Gunakan sabun badan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Begitupun saat memilih sabun untuk wajah.

Jika Anda menggunakan make up sebaiknya bersihkan dahulu dengan micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil yang cocok untuk wajah Anda. Ini diperlukan untuk menjamin kalau semua make up sudah hilang dari wajah.

2. Menggunakan toner untuk wajah

cara pakai toner

Toner juga tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian perawatan kulit malam hari Anda. Toner sangat penting untuk membantu mengembalikan kadar pH alami kulit Anda. Dengan pH alami, kulit akan lebih tahan terhadap bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Penggunaan toner juga sekaligus membersihkan kalau saja masih ada kotoran atau sisa sabun pembersih yang masih menempel di kulit.

Pilihlah toner sesuai jenis kulit Anda. Untuk pemakaiannya cukup mudah, tuangkan sedikit toner di atas kapas, kemudian usap lembut di wajah dan leher Anda.

3. Gunakan krim malam untuk wajah

krim steroid untuk perawatan wajah

Krim malam dapat membantu kulit Anda secara alami memperbaiki dirinya sendiri saat tidur. Saat malam inilah aktivitas metabolik sel kulit mencapai puncaknya. Jadi, menggunakan krim malam dengan bahan aktif yang tepat dapat membantu proses perbaikan alami kulit.

Kuncinya, gunakan krim malam dengan bahan aktif yang tepat. Sebab, beberapa krim malam dengan harganya yang mahal memberikan efek hanya melembabkan saja tidak memberikan banyak efek tambahan lain untuk mempercepat regenerasi kulit.

Maka itu, jangan sampai salah pilih juga saat menggunakan krim malam. Anda bisa memilih krim yang mengandung Centella Asiatica. Krim ini dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi dalam sel kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit dengan cepat.

Krim yang mengandung Centella Asiatica juga dapat membantu melembapkan kulit Anda di malam hari.

4. Gunakan pelembap untuk badan (body lotion)

kandungan body lotion

Saat malam hari, kulit cenderung lebih mudah kering. Maka itu, jangan lupa gunakan lotion yang bisa melembapkan kulit. Pilih lotion yang mampu menghidrasi kulit Anda dengan baik sehingga di pagi hari kulit tidak kering.

Bukan hanya kulit wajah yang memerlukan pelembap. Tangan dan kaki Anda pun juga membutuhkannya. Setiap malam sesudah membersihkan kulit dengan sabun, keringkan, lalu oleskan lotion pada tangan.

Gunakan sedikit lebih tebal lotion di malam hari. Ini akan membuat tangan dan kaki Anda lembap sepanjang hari. Keesokan paginya Anda akan bisa merasakan kulit yang sangat lembut.

5. Gunakan serum untuk wajah

panduan facial wajah ala salon di rumah

Serum merupakan cairan yang sedikit kental dengan bahan aktif di dalamnya untuk menutrisi kulit. Serum mengandung zat anti penuaan yang paling kuat dibandingkan produk skin care lainnya, terutama jika mengandung komponen antioksidan, peptida, dan juga zat  pencerah seperti asam kojic.

Serum terbuat dari molekul yang sangat kecil, sehingga kulit dapat menyerap serum dengan cepat. Oleh karena itu setelah dioleskan ke kulit, serum harus segera diratakan sebelum benar-benar menyerap.

Anda hanya memerlukan 1-2 tetes serum untuk mendapatkan manfaatnya sebelum tidur.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Mugwort mengandung vitamin serta senyawa antioksidan dan antiradang sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat tersebut?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

Skin care dengan asam aktif

Manfaat dan Cara Aman Pakai Skin Care yang Mengandung Asam Aktif

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
kulit rusak saat puasa

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020