Apakah Aman dan Efektif Pakai Pore Pack untuk Angkat Komedo?

Pore pack atau pores strip sering jadi solusi instan dan mudah untuk bantu angkat komedo membandel di hidung. Namun, selain keunggulannya ada kabar yang menyebutkan bahwa pakai pore pack untuk angkat komedo justru bisa membuatnya tumbuh subur. Benarkah begitu?

Apakah aman menghilangkan komedo pakai pore pack?

menghilangkan komedo dengan baby oil

Pore pack pada dasarnya terbuat dari bahan adhesive (lengket) yang berfungsi untuk melepaskan lapisan teratas kulit. Pore pack bekerja persis seperti plester yang mampu mengangkat lapisan kulit teratas, kotoran, dan rambut halus. Komedo terbuka atau blackhead (komedo hitam) adalah jenis yang bisa diangkat menggunakan pore pack.

Meski begitu, pore pack sebaiknya tidak digunakan sering-sering. Alih-alih membersihkan komedo, pore pack malah bisa melukai dan mengiritasi kulit.

Namun satu yang perlu dipahami bahwa pore pack adalah pilihan cepat yang fungsinya hanya untuk mengangkat komedo bagian atas. Sebagian besar benda ini tak bisa mengangkat komedo hingga akarnya. Sisanya, yang akan terangkat adalah lapisan kulit teratas dan rambut.

Selain itu, penting untuk dipahami bahwa pore pack tidak akan membantu mengurangi produksi komedo atau mengecilkan pori-pori kulit.

Untuk Anda yang berkulit sensitif, pore pack sangat mungkin mengiritasi kulit. Iritasi biasanya dapat berupa kemerahan atau sensasi perih.

Cara aman menggunakan pore pack

cara menghilangkan komedo

Jika ingin menggunakannya, sebaiknya basahi wajah terlebih dahulu dengan air hangat selama kurang lebih lima menit. Tujuannya yaitu agar pori-pori kulit terbuka sehingga bagian yang lengket dari pore pack bisa mengangkat komedo dengan baik.

Gunakan pore pack untuk mengangkat komedo di hidung tak lebih dari sekali dalam seminggu. Namun, saya sarankan untuk tidak menggunakan pore pack sebagai perawatan kulit yang dirutinkan. Gunakan sesekali saja terutama saat area hidung terasa sangat kasar dan Anda belum sempat melakukan facial wajah di klinik kecantikan.

Jika setelah menggunakan pore pack area hidung terasa gatal atau perih, segera bersihkan area tersebut. Bersihkan dengan air biasa atau air hangat kemudian berikan pelembap di atasnya. Jika kondisi ini ternyata tak juga membaik dalam tiga hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk dapat penanganan yang tepat.

Apakah pakai pore pack bisa membuat komedo semakin banyak?

komedo hitam

Pada beberapa kasus, pore pack memang bisa saja membuat komedo di area hidung menjadi semakin banyak. Hal ini umumnya terjadi karena bahan lengket pada pore pack yang berfungsi untuk mengangkat komedo tidak terangkat sempurna.

Akibatnya, lem justru menutup pori-pori kulit dan mengakibatkan penyumbatan. Seperti yang telah diketahui bahwa komedo muncul saat pori-pori tersumbat oleh kotoran termasuk lem pada pore pack. 

Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, bersihkan area hidung sehabis menggunakan pore pack dengan air. Gosok dengan lembut permukaan kulitnya agar kotoran yang menempel dapat terangkat.

Namun, tak menutup kemungkinan bahwa lem pada pore pack tetap menempel dan tak terangkat. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan cara lain untuk membersihkan komedo selain menggunakan pore pack.

Bahan-bahan yang mengandung benzoil peroksida, retinol, dan asam azelaic lebih mampu membersihkan komedo hitam yang membandel.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan peeling wajah dengan menggunakan AHA dan BHA. Berbagai bahan aktif ini jauh lebih efektif dan bermanfaat dibandingkan dengan menggunakan pore pack untuk mengangkat komedo hitam Anda.

Baca Juga:

dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK Kulit & Kelamin
Saya adalah seorang spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2016. Selain berpraktik di Erha Derma Center Yogyakarta dan Klinik ...
Selengkapnya
dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK Kulit & Kelamin

Saya adalah seorang spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2016. Selain berpraktik di Erha Derma Center Yogyakarta dan Klinik Ergia Yogyakarta, saya juga merupakan pelatih nasional untuk dermal filler Neauvia Organic dan thread lift Ultra-V yang merupakan bagian dari Regenesis Indonesia.

Berbagai ajang pelatihan dan simposium nasional dan internasional sudah saya hadiri. Yang terbaru adalah International Master Course on Aging Science 2018 yang diadakan di Paris, Prancis. Saya telah mendapat sertifikasi dermal filler dari Neauvia Academy Switzerland, Allergan Medical Institue, dan juga Perfectha Paris. Sedangkan untuk thread lift, saya telah tersertifikasi dari Ultra-V Korea.

Tidak hanya dermal filler dan thread lift, ketertarikan saya di bidang dermatologi juga meliputi permasalahan jerawat (akne), flek wajah (melasma), serta alergi dan imunologi kulit. Selain itu, passion saya di bidang penyakit menular seksual juga menuntun saya untuk meneliti faktor risiko kandidiasis vagina pada pekerja seks di Banyumas di tahun 2016.

Prinsip saya adalah, memberikan pelayanan dan perawatan paripurna terhadapan kesehatan kulit serta kelamin pasien, tidak hanya dari segi estetik, melainkan lebih holistik untuk mencapai hasil yang memuaskan.

 

Selengkapnya
Artikel Terbaru