Kulit Wajah Anda Kendur? Yuk, Lakukan Gerakan Senam Wajah Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27/12/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kulit wajah yang mengendur bisa terjadi saat Anda kehilangan berat badan atau sebagai tanda penuaan. Banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit, baik itu secara medis atau dengan melakukan perawatan sendiri. Salah satu cara berikut mungkin bisa Anda lakukan auntuk menghilangkan kulit wajah kendur, yaitu dengan senam wajah. Simak ulasannya berikut ini.

Senam wajah dapat mengatasi kulit wajah kendur

Dilansir dari Live Strong, senam wajah dapat melatih otot dan memperbaiki otot wajah yang kendur sehingga otot akan mengencang kembali. Dengan melakukan senam wajah, daerah yang rawan kendur seperti dahi, kantong mata, sekitar pipi dan mulut, serta rahang akan mengencang kembali.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, latihan senam wajah harus dilakukan dengan rutin di pagi dan sore hari serta dilakukan selama berbulan-bulan. Selain mengatasi kulit wajah kendur, senam wajah dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran ke wajah sehingga kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

Cara melakukan gerakan senam wajah

Menghilangkan bagian kendur di sekitar pipi

Sebelum melakukan gerakan, posisikan wajah Anda menghadapi cermin. Gerakan senam pada mulut yang pertama adalah tersenyum. Tersenyum akan menguatkan otot di sekitar mulut termasuk pipi. Caranya sebagai berikut:

kulit wajah kendur

  • Rilekskan otot-otot di wajah Anda.
  • Perlahan kembangkan senyum dengan merenggangkan sudut bibir Anda. Jaga posisi bibir selama 10 detik.
  • Selanjutnya, senyuman semakin melebar memperlihatkan gigi tepi, tahn selama 10 detik. Kembangkan senyum hingga gigi bagian atas terlihat, namun gusi jangan sampai terlihat, dan tahan selama 10 detik.

Gerakan kedua dilakukan menggunakan jari telunjuk. Kembangkan senyum dengan lebar dan letakkan jari telunjuk di sudut mulut untuk menahan sudut bibir. Pastikan untuk tetap rileks dan tahan hingga 10 detik. Kedua latihan tersebut dilakukan sebanyak 5 kali.

Gerakan ketiga adalah gerakan mengunyah. Lakukan gerakan ini seperti Anda mengunyah permen karet. Lakukan terus gerakan tersebut hingga 20 kali. Gerakan keempat adalah membuat bibir menjadi cemberut. Turunkan sudut bibir Anda dengan jari telunjuk dan tahan selama lima detik. Lakukan sebanyak 10 kali.

Menghilangkan bagian kendur di sekitar mata

Duduklah dengan punggung tegak, kemudian tempatkan jari telunjuk dan jari tengah Anda di sekitar pelipis. Selanjutnya tarik kulit pada daerah tersebut, tempatkan jempol di belakang telinga Anda dan tahan. Tarik sudut mata hingga mata hampir tertutup, lakukan sebanyak 20 kali.

Menghilangkan bagian kendur di rahang

Pada bagian ini, mungkin Anda bisa melakukan banyak posisi bukan hanya berdiri menatap cermin. Berikut beberapa gerakannya:

  • Duduk atau berdiri dalam posisi yang santai dan nyaman lalu miringkan kepala ke belakang. Kemudian, angkat bibir bawah ke bibir atas, tahan posisi sekitar lima detik. Lakukan sebanyak 4 kali.
  • Miringkan kepala ke belakang seperti melihat lihat-langit. Lalu julurkan lidah Anda ke langit-langit juga, tahan posisi selesai 5 detik. Ulangi sebanyak 3 atau 4 kali.
  • Ambil posisi berbaring telentang dan lengan berada di sisi Anda. Secara perlahan, angkat kepala Anda ke atas, Anda akan merasakan adanya tarikan tubuh bagian belakang dan leher. Anda dapat menahan posisinya dengan tangan, tahan hingga 10 hitungan atau 5 hitungan bila tidak kuat. Anda boleh melakukan lebih dari 15 detik bila tubuh Anda kuat.
  • Gerakan ini bisa dilakukan berdiri atau duduk.  Letakan satu tangan mengepal di bawah dagu Anda. Kemudian, beri tekanan mengangkat ke atas dengan kepalan tangan, buka mulut Anda dan turunkan rahang Anda, menekan tangan Anda. Lakukan sebanyak 10 sampai 20 kali.

Selain melakukan senam wajah, Anda dapat diselingi dengan mengonsumsi makanan yang membuat kulit sehat dan memperbanyak minum air putih. Metode ini bisa menjadi alternatif lebih aman daripada melakukan operasi atau eksfoliasi kulit yang bisa menimbulkan kerusakan saraf, dan tentunya lebih ekonomis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 27/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Pakai sheet mask tidak hanya sekadar ditempelkan di wajah beberapa menit. Intip cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 27/01/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

Sudah pakai produk skin care berbulan-bulan tapi kulit tetap sama tidak berubah? Mungkin ini penyebab skin care Anda tidak bekerja dengan baik.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 06/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Sebenarnya, Perlukah Pakai Asam Lemak Esensial untuk Merawat Wajah?

Minyak yang mengandung asam lemak esensial digunakan sebagai produk perawatan untuk kulit wajah. Sebenarnya, perlukah Anda menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Kecantikan 01/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . Waktu baca 4 menit
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit
kulit rusak saat puasa

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020 . Waktu baca 4 menit