home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Alasan Merasa Segar Setelah Mandi, Sehat untuk Tubuh Kita

Alasan Merasa Segar Setelah Mandi, Sehat untuk Tubuh Kita

Merasa segar setelah mandi adalah salah satu alasan mengapa orang rela menghabiskan waktunya untuk membersihkan diri di bawah guyuran air. Ada penjelasan ilmiah mengapa mandi segar juga sehat untuk tubuh. Simak penjelasan berikut, yuk!

Alasan orang merasa segar setelah mandi itu menyehatkan

mandi setelah bangun tidur

Di Indonesia, kebanyakan orang merasa perlu mandi dua kali sehari, yaitu pagi sebelum memulai aktivitas dan sore atau malam usai bekerja atau melakukan aktivitas.

Hal ini mungkin dikarenakan mandi menawarkan segudang khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama di pagi hari. Mulai dari meningkatkan produktivitas, memperbaiki mood, hingga merasa segar setelah mandi.

Hal ini mungkin dikarenakan mandi dapat memengaruhi mood Anda. Menurut psikolog Neil Morris kepada Medical Daily, mandi mengurangi rasa pesimis dan meningkatkan kebahagiaan.

Bahkan, mandi pun memberikan Anda waktu untuk beristirahat serta memberikan rasa tenang dan nyaman.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Dalam penelitian tersebut terdapat 38 peserta yang menjalani serangkaian tes kesehatan, baik fisik dan mental, sebelum mengikuti aturan dari peneliti.

Para peserta tersebut dibagi menjadi dua kelompok dan melakukan dua metode mandi, shower dan berendam selama 10 menit menggunakan air panas.

Hasilnya, berendam dengan air panas ternyata sedikit lebih unggul dibandingkan mandi di bawah pancuran air.

cara mengurangi stres

Hal tersebut dikarenakan dengan adanya peningkatan suhu tubuh, sel neuron yang peka terhadap panas lebih terangsang. Akibatnya, saraf simpatis terhambat, namun saraf parasimpatis terstimulasi.

Stimulasi tersebut membuat denyut jantung meningkat dan merangsang metabolisme yang ternyata dapat membuat tubuh terasa segar.

Oleh sebab itu, Anda merasa segar setelah mandi, terutama air hangat, karena adanya rangsangan metabolisme di tubuh.

Tips mandi agar merasa lebih segar dan kulit tampak bersih

Setelah mengetahui alasan Anda merasa segar terasa mandi, kenali bagaimana cara mandi yang membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah, yuk.

1. Tidak mandi terlalu lama

mandi air hangat

Salah satu tips yang bisa Anda ikuti agar merasa segar setelah mandi dan kulit tampak lebih bersih adalah membatasi waktu mandi.

Umumnya, durasi mandi yang baik sebenarnya tidak lebih dari 5-10 menit. Jika lebih dari itu, kemungkinan besar akan ada efek buruk terhadap kesehatan kulit Anda.

Mandi terlalu lama dapat mengangkat minyak alami pada kulit. Jika kadar minyak berkurang banyak, kulit lebih berisiko terkena gangguan kesehatan kulit, seperti gatal-gatal, kulit kering, dan eksim.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak mandi terlalu lama agar kulit tetap sehat dan jauh dari bakteri serta virus.

2. Menggunakan air dingin

Mandi pagi vs mandi malam

Selain membatasi waktu mandi, tips lainnya agar Anda merasa segar setelah mandi adalah menggunakan air dingin. Air hangat memang merilekskan otot yang tegang setelah beraktivitas, tetapi air dingin pun tidak kalah bermanfaat.

Selain lebih segar, mandi dengan air dingin juga meningkatkan kekebalan tubuh dan sirkulasi darah. Bayangkan, ketika kulit diguyur oleh air dingin ternyata memicu jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh yang baik untuk kesehatan Anda.

3. Mandi satu kali sehari

mandi air dingin habis begadang

Ternyata, mandi satu kali sehari lebih sehat dibandingkan terlalu sering mandi. Bukannya Anda merasa segar setelah mandi, justru yang didapat adalah kulit kering yang berisiko pada penyakit eksim.

Maka itu, mandi satu kali sehari sebenarnya sudah cukup. Akan tetapi, mungkin frekuensi mandi seseorang dapat disesuaikan dengan aktivitas yang Anda jalani hari itu.

Misalnya, setelah berolahraga malam mungkin mandi perlu dilakukan untuk membersihkan tubuh dibandingkan Anda ketika hanya bekerja di ruangan ber-AC.

Merasa segar setelah mandi adalah satu dari sekian banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mandi. Maka itu, jadikan mandi sebagai rutinitas agar kulit tetap bersih dan untuk tubuh yang lebih sehat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Goto, Y., Hayasaka, S., Kurihara, S., & Nakamura, Y. (2018). Physical and Mental Effects of Bathing: A Randomized Intervention Study. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 2018, 9521086. doi:10.1155/2018/9521086 Retrieved 20 December 2019. 

Higuera, V. (2019). How often should you shower? Retrieved 20 December 2019, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-shower#bathing-tips

Matthews, M. (2017). Here’s why you feel rejuvenated after a shower or bath: 24 health benefits of bathing. Retrieved 20 December 2019, from https://www.medicaldaily.com/heres-why-you-feel-rejuvenated-after-shower-or-bath-24-health-benefits-bathing-415921

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 07/08/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x