Normalnya, orang-orang membersihkan gigi dengan pasta gigi dan sikat gigi. Akan tetapi, akhir-akhir ini muncul tren baru yang cukup unik. Ya, apa lagi kalau bukan tren memutihkan gigi dengan activated charcoal. Activated charcoal, yang juga disebut arang aktif dalam bahasa Indonesia, dipercaya bisa membersihkan kotoran sehingga gigi jadi lebih putih dan berkilau. Apa benar? Simak jawabannya di bawah ini.

Mengenal charcoal (arang aktif) dan penggunaannya

Tenang, arang aktif yang dimaksud di sini bukan arang yang dipakai untuk membuat bara api saat masak. Arang ini dipakai untuk keperluan medis. Arang aktif dibuat dengan memanaskan arang menggunakan gas sehingga terbentuk pori-pori besar yang mengandung mineral. Pori-pori ini akan menangkap dan menjebak berbagai senyawa kimia.

Arang aktif ini bisa digunakan untuk mengobati gas pada usus, kolestasis selama kehamilan, keracunan, dan menurunkan kadar kolesterol. Arang aktif tidak berbau, tidak berasa, dan dapat ditemukan di toko-toko kesehatan serta dijual juga di farmasi dalam rupa tablet. Bahkan saat ini Anda bisa mendapatkan produk kesehatan mulut dengan kandungan activated charcoal, misalnya pasta gigi atau sikat gigi.

Benarkah arang aktif bisa memutihkan gigi?

Menurut drg. Mark Wolf, seorang pakar kesehatan gigi dari New York University College of Dentistry di Amerika Serikat (AS), arang aktif sudah banyak digunakan untuk berbagai hal, terutama untuk menyerap kotoran atau racun. Pori-pori yang terbentuk pada arang aktif ini akan mengikat kotoran-kotoran pada permukaan gigi.

Karena itu, membersihkan zat-zat kekuningan pada gigi akan jadi lebih mudah. Sekalinya arang aktif ini melekat pada gigi Anda, arang aktif ini akan langsung bekerja. Arang aktif juga mengandung mineral yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi.

Jangan khawatir, meskipun arang aktif berwarna hitam, arang aktif tidak akan merubah warna gigi Anda. Arang aktif justru akan memutihkan gigi Anda.

manfaat arang untuk kecantikan

Jadi, apakah saya harus pakai arang aktif untuk memutihkan gigi?

Para dokter gigi dan ahli kesehatan di seluruh dunia tidak menganjurkan Anda untuk memutihkan gigi atau merawat gigi dan mulut dengan charcoal. Karena di samping keampuhannya dalam memutihkan gigi, charcoal atau arang aktif bisa merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkan erosi pada gigi.

Selain itu, ada efek jangka panjang yang akan terjadi bila Anda menggunakan arang aktif untuk memutihkan gigi. Seorang dokter gigi dari Michigan, AS, drg. Susan Maples mengatakan bahwa gigi merupakan satu-satunya bagian ektoderm yang tidak akan kembali atau sembuh dengan sendirinya. Jadi ketika gigi hilang, maka akan selamanya hilang. Ini beda dengan menindik kulit, mencukur alis, atau memotong kuku. Semua hal tersebut bisa sembuh atau tumbuh lagi seperti semula.

Jadi, ketika Anda kehilangan enamel pada gigi Anda, maka gigi akan menjadi lebih sensitif. Untuk menghindari risiko tersebut, dianjurkan pasien yang ingin memutihkan gigi untuk ke dokter gigi saja. Jangan gunakan arang aktif ini, apalagi kalau Anda memiliki luka terbuka, lecet, atau abrasi. Selalu konsultasikan pada dokter gigi Anda apabila Anda ingin mencoba arang aktif ini.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca