5 Manfaat Minyak Lemon untuk Kesehatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Lemon merupakan salah satu jenis buah citrus yang berpengaruh bagi kesehatan manusia. Buah citrus ini dapat diolah menjadi minyak esensial yang memiliki banyak kegunaan. Apa saja ya manfaat minyak lemon bagi kesehatan? Yuk, cari tahu di sini. 

Manfaat minyak lemon

Kebanyakan orang mengolah lemon menjadi minyak esensial dengan menekan kulit lemon, bukan bagian buah yang ada di dalamnya. Hal ini dikarenakan kulit lemon justru mengandung nutrisi yang paling padat. 

Ini dia beberapa manfaat yang dimiliki oleh minyak esensial lemon untuk kesehatan Anda. 

1. Mengurangi rasa mual

cara mengatasi mual saat hamil

Salah satu manfaat dari minyak esensial lemon yang paling banyak orang gunakan adalah untuk meredakan rasa mual, terutama pada ibu hamil. 

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian tahun 2014 terhadap ibu hamil yang menghirup aroma lemon sebagai aromaterapi. Di dalam penelitian tersebut dikumpulkan 100 ibu hamil secara acak yang sering merasakan mual hingga muntah. 

Para peserta tersebut kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kelompok intervensi akan menghirup minyak esensial lemon sesaat setelah mereka merasa mual. Sedangkan kelompok kontrol menghirup plasebo, yaitu minyak kosong yang tidak ada kandungannya. 

Hasilnya, terdapat perbedaan yang cukup drastis antara kelompok kontrol dan intervensi. Para ibu hamil yang berada dalam kelompok intervensi mengaku merasa lebih jarang merasakan mual hingga muntah.  

2. Memelihara kesehatan kulit

akibat gigitan nyamuk digigit nyamuk

Selain baik untuk gejala kehamilan seperti mual dan muntah, manfaat minyak lemon lainnya adalah dapat memelihara kesehatan kulit Anda. 

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh minyak lemon ternyata membantu mengurangi kerusakan jaringan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, lemon juga dipercaya mempunyai sifat anti-penuaan yang membuat kulit lebih kencang dan awet muda. 

Seperti yang dimuat dari jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tentang sifat antimikroba pada minyak esensial, lemon termasuk salah satu minyak yang dapat membantu mengobati masalah kulit. Pada jurnal tersebut disebutkan bahwa minyak esensial lemon cukup membantu masalah kulit, seperti:

  • Lecet dan luka
  • Gigitan serangga
  • Kulit berminyak
  • Selulit 

Akan tetapi, sangat disarankan untuk tidak langsung mengoles minyak esensial pada kulit Anda karena dapat menyebabkan iritasi. Usahakan untuk mencampurkan minyak esensial lemon dengan minyak pembawa sebelum dioleskan pada kulit Anda. 

3. Meredakan gangguan pencernaan

apa itu konstipasi sembelit adalah

Bagi Anda yang mengalami sakit perut atau konstipasi (sembelit), minyak lemon bisa jadi solusi masalah Anda. 

Pada tahun 2009, terdapat sebuah penelitian mengenai efek penggunaan minyak esensial lemon dalam makanan terhadap kesehatan lambung. Para peneliti tersebut menggunakan tikus percobaan untuk melihat apakah pemberian minyak lemon berpengaruh atau tidak. Hasilnya, minyak esensial lemon ternyata dapat membantu mengurangi gejala gastritis. Hal tersebut dilakukan dengan mengurangi luka pada selaput lambung dan melindungi organ pencernaan. 

Namun, belum ada penelitian yang menyatakan seberapa aman minyak lemon bila dikonsumsi manusia. Jangan mencobanya di rumah.

Manfaat minyak lemon bagi kesehatan pencernaan lainnya adalah meredakan gejala konstipasi. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah uji coba yang berlangsung selama 10 hari. Selama masa percobaan, para peserta lansia mendapatkan pijatan dengan minyak lemon. Pijatan yang mereka dapatkan sebagian besar pada perut bagian bawah. 

Ternyata, dari pijatan tersebut membuat mereka lebih lancar buang air besar. Efek obat alami ini bertahan hingga dua minggu setelah penelitian berakhir. 

4. Membantu melindungi organ dalam

mengembalikan kesehatan kulit wajah

Minyak esensial lemon dipercaya dapat melindungi organ dalam, seperti hati dan ginjal, akibat penggunaan obat aspirin. Salah satu obat antinyeri dan antipembekuan darah.

Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian tahun 2016 yang mengujicobakan tikus dan minyak esensial lemon. Tikus yang menjadi hewan percobaan menderita kerusakan hati dan ginjal akibat penggunaan aspirin dosis tinggi

Setelah diberikan beberapa kali, minyak lemon ternyata dapat mengurangi kadar oksidatif dan kerusakan pada kedua organ tersebut. Hal tersebut dikarenakan minyak lemon mengandung antioksidan yang membantu menjebak radikal bebas untuk berhenti menyerang organ. 

5. Membantu mengatasi masalah pernapasan

mengatasi batuk

Selain mengandung antimikroba dan antioksidan, minyak esensial lemon juga bersifat antiradang. Maka itu, lemon termasuk dalam minyak esensial yang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pernapasan dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Tidak hanya itu, minyak lemon dapat merangsang drainase limfatik. Drainase limfatik oleh lemon ini dapat membantu mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening. 

Dengan begitu, potensi penumpukan cairan pun berkurang, sehingga masalah batuk pun mereda. 

Tips menggunakan minyak esensial lemon

menghirup minyak esensial
Sumber: Health Living

Supaya Anda dapat memaksimalkan manfaat minyak lemon, Anda bisa menggunakannya melalui beberapa cara di bawah ini:

  • Campurkan minyak esensial lemon dengan minyak pembawa, seperti minyak alpukat atau jojoba. 
  • Jangan mengoleskan minyak lemon langsung pada kulit dalam jumlah yang banyak karena berisiko membuat kulit iritasi. 
  • Anda juga bisa menghirup minyak esensial lemon dengan menggunakan diffuser atau menuangkan beberapa tetes pada kain atau tisu yang tebal. 

Pada dasarnya, minyak lemon menawarkan begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Akan tetapi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 

Baca Juga:

Sumber