6 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Mentah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14/06/2019 . 6 menit baca
Bagikan sekarang

Bagi sebagian orang, makan makanan mentah punya kenikmatan sendiri. Misalnya saja makan sashimi alias salmon mentah khas Jepang, atau Anda yang suka menu Indonesia mungkin suka dengan lalapan dari berbagai sayuran mentah. Sayangnya, tak semua makanan itu boleh dimakan mentah, lho. Ada beberapa makanan mentah yang tidak boleh dimakan karena bisa menimbulkan penyakit.

Benarkah semua makanan mentah itu tidak boleh dimakan? 

Sebenarnya, hal ini tergantung dengan jenis makanan Anda. Ada makanan yang memang lebih baik diolah dulu, ada juga sebaliknya.

Pada beberapa jenis makanan justru kandungan vitaminnya akan hilang ketika dimasak. Akan tetapi, hal tersebut tergantung pada cara penyajiannya. Apakah digoreng, direbus atau ditumis?

Sebenarnya, vitamin yang paling sering hilang ketika makanan dimasak adalah vitamin B. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadikan semua makanan harus dimakan mentah.

Mengonsumsi makanan mentah dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan pengurangan massa otot. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap menghindari beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah.

Jenis makanan yang tidak boleh dimakan ketika mentah

Nah, supaya tidak kercaunan atau kena penyakit infeksi akibat makan makanan mentah, sebaiknya hindari berbagai jenis makanan mentah di bawah ini, ya.

1. Kentang

manfaat kentang

Begini, sekarang siapa yang senang memakan kentang dalam keadaan mentah? Jarang sekali bukan?

Kentang biasanya direbus atau digoreng dan hadir sebagai makanan pendamping. Nah, apabila Anda ingin memakannya secara mentah, mungkin sebaiknya dipikir terlebih dahulu.

Rasa pahit yang terasa dari kentang mentah tentu membuat nafsu makan Anda akan berkurang. Selain itu, kentang yang belum dimasak ini mengandung pati yang resisten.

Maksudnya, pati ini tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda, sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Tidak hanya dilihat dari pati saja, bakteri pada kentang mentah dapat mengkontaminasi tubuh Anda. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan berdampak pada kesehatan Anda.

Hindari pula kentang berwarna hijau karena kandungan racun solaninnya dapat menyebabkan mual dan sakit kepala.

Nah, sebisa mungkin masaklah kentang hingga tingkat kematangannya sesuai dengan selera Anda. Hal tersebut untuk menghindari dampak yang ditimbulkan akibat memakan kentang mentah.

2. Toge atau kecambah

makan toge

Kecambah atau toge memang sering digunakan untuk melengkapi salad sayur. Akan tetapi, ketika mengonsumsinya dalam keadaan mentah ternyata dapat membahayakan tubuh Anda. Hal tersebut dikarenakan pada tauge mentah menjadi sasaran empuk bakteri yang cukup beracun, contohnya, salmonella, E.coli, dan listeria.

Ketiganya berperan besar menjadi penyebab berbagai penyakit yang cukup serius, seperti diare, demam, dan perut kram. Nah, makanan seperti kecambah atau toge tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kontaminasi bakteri yang tidak diinginkan oleh tubuh.

Oleh karena itu, untuk membunuh bakteri yang ada, silahkan masak toge hingga matang. Hal ini dikarenakan kecambah termasuk makanan yang tidak memiliki bau ketika mengandung bakteri.

3. Kacang merah

manfaat kacang merah

Kacang merah sebenarnya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, apabila dimasak sampai matang. Jika Anda memakannya mentah-mentah, tentu terdapat resiko yang cukup tinggi dan berefek pada kesehatan Anda.

Racun yang ada pada kacang merah, yaitu Phytohaemagglutinin atau lektin kacang merah tetap akan bertahan di sana sampai kacangnya matang. Lektin ini mengandung racun bernama hau atau hemagglutinating, sebanyak 20.000 s/d 70.000.

Racun sebanyak itu bisa membuat Anda mual hingga muntah setelah mengonsumsinya. Selain itu, Anda juga bisa mengalami diare dan nyeri perut. Pada beberapa kasus, orang yang keracunan kacang merah harus dirawat di rumah sakit dengan bantuan cairan intravena.

Hal tersebut dikarenakan lektin kacang merah mengganggu lapisan mukosa usus, biasanya racun ini terikat pada dinding usus.

Duh, bahaya sekali ya kalau sampai Anda terlanjur mengonsumsi kacang merah mentah? Oleh karena itu, usahakan untuk tetap memasak kacang merah sampai matang agar terhindar dari kondisi ini.

4. Madu

madu penyubur kandungan

Ternyata, madu dalam keadaan mentah tidak baik lho dikonsumsi, terutama untuk anak kecil. Walaupun sekarang ini mudah sekali menemukan madu mentah di toserba, ternyata kandungan grayanotoxinnya berbahaya bagi tubuh. Anda bisa merasakan lemas yang amat sangat, mual hingga muntah, hipertensi, dan kepala pusing.

Madu mentah memang sering dijadikan pengganti gula. Akan tetapi, jika mengetahui dampak yang terjadi akibat mengonsumsinya dalam keadaan mentah, tentu saja Anda harus menghindarinya, bukan?

Maka itu, madu termasuk dalam jenis makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah.

5. Akar yucca

manfaat singkong

Tanaman dengan akar bertepung ini ternyata juga tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah. Hal tersebut dikarenakan kandungan sianida pada daunnya bisa menimbulkan berbagai gejala penyakit, seperti:

  • Mual dan muntah
  • Kepala pusing
  • Lidah terasa pahit
  • Sakit perut

Biasanya, akar yucca digoreng, direbus, atau dihaluskan sebelum dimakan. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan racun dan bakteri yang ada di daun yang mencapai akarnya. Nah, sebaiknya konsumsi jenis makanan ini dalam keadaan matang ya.

6. Susu

minum susu sapi mentah

Ternyata, susu mentah masuk dalam kategori makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah, lho. Kok bisa ya?

Menurut CDC atau setara dengan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, susu yang belum dipasteurisasikan berbahaya bagi tubuh Anda. Hal ini dikarenakan terdapat bakteri yang bisa membahayakan nyawa Anda, seperti;

  • Brucella
  • Campylobacter
  • Salmonella
  • E.Coli
  • Listeria

Kelimanya tentu tidak asing lagi sebagai pemicu diare, kram perut, dan mual hingga muntah. Tidak hanya itu, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa saja terkena penyakit GBS (sindrom guillain bare). Penyakit ini mampu membuat Anda lumpuh, gagal ginjal, stroke, hingga meninggal dunia.

Nah, susu pasteurisasi tidak akan mengurangi nutrisi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi susu mentah agar tidak terjadi penyakit yang dapat membahayakan hidup Anda.

Setelah mengetahui jenis makanan apa saja yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah, usahakan untuk tetap menghindari makanan tersebut. Jika Anda terlanjur memakannya, segera datangi dokter atau rumah sakit terdekat untuk perawatan lebih lanjut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perut Malah Sakit Setelah Buang Air Besar, Apa Sebabnya?

Buang air besar seharusnya membuat perut Anda terasa lega. Namun, bagaimana jika Anda justru mengalami sakit perut setelah BAB?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 10/06/2019 . 4 menit baca

Agar Tidak Jadi Sarang Kuman, Harus Seberapa Sering Mencuci Handuk?

Handuk mandi bisa menjadi salah satu sumber bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu, Anda wajib mencuci handuk dengan rutin.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 05/02/2019 . 3 menit baca

Jagung Terasa Enak Jika Sudah Diolah, Tapi Boleh Tidak, Ya, Dimakan Mentah?

Jagung biasanya dimasak dengan cara direbus, dibakar, atau ditumis. Sebenarnya, amankah bila langsung makan jagung mentah tanpa harus dimasak dulu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 04/02/2019 . 3 menit baca

Hati-hati, Penyakit Bisa Menular dari Gorden Rumah Sakit!

Terlihat bersih, tetapi jangan main-main dengan gorden rumah sakit kalau tidak mau diserang bakteri. Apa betul? Ini kata penelitiannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Fakta Unik 01/12/2018 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

Anak Sering Sakit Perut, Apakah Orang Tua Harus Khawatir?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020 . 4 menit baca
sakit perut setelah buka puasa

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020 . 3 menit baca
anak makan makanan mentah

Walaupun Alami, Bolehkah Anak Makan Makanan Mentah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18/08/2019 . 4 menit baca
bakteri kartu kredit

Awas, Bakteri Ada di Mana Saja, Termasuk Kartu Kredit Anda!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2019 . 4 menit baca