Apakah Kita Perlu Buang Air Besar Setiap Hari?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/06/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Berapa kali sehari Anda buang air besar? Apakah tidak rutin buang air besar setiap hari berarti Anda kurang sehat? Ternyata belum tentu.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Gastroenterology menyebutkan bahwa sebaiknya memang kita buang air besar setiap hari. Berdasarkan studi tersebut, jadwal yang sehat untuk buang air besar berkisar dari satu hingga tiga kali sehari, dan bisa berbeda dari satu hari ke hari lainnya.

Pup adalah sampah atau limbah tubuh dan Anda perlu membersihkan atau membuangnya setiap hari untuk memastikan Anda menghilangkan racun dari tubuh dengan baik. Beberapa orang bahkan buang air besar setiap kali mereka selesai makan.

Namun Bernard Aserkoff, M.D., doktor di GI Unit Massachusetts General Hospital, Boston mengatakan kepada WebMD bahwa tidak ada jadwal buang air besar yang normal, yang ada hanya rata-rata.

“Rata-rata ada yang sekali atau dua kali sehari,” ujar Bernard. “Tapi banyak orang yang buang air besarnya lebih dari itu, dan beberapa malah lebih sedikit. Mungkin setiap dua hari sekali, atau ada juga yang sekali atau dua kali seminggu. Sepanjang Anda merasa nyaman, Anda tidak perlu melakukan BAB sering-sering.”

BACA JUGA: Mengapa Buang Air Besar Jongkok Lebih Sehat?

Bentuk lebih penting dibanding frekuensi

Sedikit berbeda dengan Bernard, ahli ilmu gizi dan juga penulis buku The Beauty Detox Solution, Kimberly Snyder, mengatakan bahwa jadwal BAB yang baik adalah sehari sekali, meskipun idealnya adalah dua kali sehari.

Dalam website pribadinya, KimberlySnyder.com, Kimberly juga mengatakan seberapa sering Anda ke kamar mandi akan sedikit berbeda pada setiap orang, sehingga yang perlu kita perhatikan justru bukan seberapa seringnya, tapi apakah pup Anda sehat atau tidak.

“Apakah pup Anda keras atau lunak? Kalau keras, Anda sebaiknya meninjau ulang asupan serat dan air yang Anda konsumsi. Anda mungkin dehidrasi atau sembelit. Kalau terlalu lunak dan cair, makanan Anda bergerak masuk terlalu cepat,” tutur Kimberly.

“Kadang-kadang tekstur pup lebih penting dibandingkan frekuensi, tapi sekali atau dua kali sehari adalah kebiasaan yang baik,” tambah wanita yang sering tampil di The Today Show dan The Dr. Oz Show ini.

Studi dari Scandinavian Journal of Gastroenterology tadi menegaskan bahwa jika Anda hanya BAB sekali seminggu, Anda mungkin terkena sembelit. Selain itu, bila Anda buang air besar lebih dari 5 kali sehari, Anda bisa jadi terkena diare. Keduanya bisa menjadi risiko kesehatan serius bila berlangsung lama.

BACA JUGA: 9 Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

6 Penyebab Otak Anda Sulit Mengingat dan Mudah Lupa

Baru kenalan 5 menit yang lalu, sudah lupa namanya? Ada janji nanti sore, tapi Anda tak ingat? Ini berbagai penyebab sulit mengingat yang Anda alami.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Mati Rasa pada Kaki dan Tangan

Mati rasa sering terasa pada jari, tangan, kaki, lengan, maupun telapak kaki Anda. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab mati rasa?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit