Air Putih Ternyata Juga Bisa Basi, Lho!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Semua makanan yang telah lama disimpan, apalagi pada ruangan terbuka, akan basi. Hal ini juga berlaku pada makanan atau minuman kemasan. Oleh karena itu, makanan atau minuman kemasan selalu memiliki tanggal kedaluwarsa. Tapi tunggu dulu, bagaimana dengan air putih? Apakah air putih bisa menjadi basi? Apa yang bisa menyebabkan air putih basi?

Mungkinkah air putih basi?

Pada dasarnya, makanan atau minuman yang basi berpotensi untuk mengakibatkan keracunan jika dikonsumsi. Makanan atau minuman basi biasanya diakibatkan oleh kontaminasi dari kuman dan bakteri pada makanan atau minuman. Kuman, bakteri, atau jamur membuat makanan atau minuman tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Lalu bagaimana dengan air putih? Apakah mungkin air putih basi?  Sama halnya seperti makanan dan minuman, air putih yang Anda konsumsi tentu saja bisa saja basi dan kedaluwarsa. Tidak percaya? Berikut adalah penjelasannya:

Air putih basi bisa dilihat dari tanggal kedaluwarsa

Jika Anda minum air putih dari botol kemasan, Anda bisa melihat tanggal kedaluwarsa pada kemasan botol tersebut. Ya, memang semua makanan dan minuman kemasan harus mencantumkan tanggal kedaluwarsa untuk menjaga kesehatan konsumen dan mencegah keracunan pada konsumen.

Sebenarnya, tanggal kedaluwarsa yang ada pada botol air putih, tidak terlalu memengaruhi kualitas air. Maksudnya di sini, apabila tanggal kedaluwarsa sudah lewat, kualitas air mungkin masih cukup baik dan dapat diminum. Namun, hal ini juga dipengaruhi dari cara penyimpanannya.

Bila botol air terlalu sering terpapar sinar matahari, maka air minum semakin berpotensi terkontaminasi zat-zat kimia yang berasal dari botol minuman tersebut. Dan memang, lebih baik untuk menghindari minuman yang telah melewati tanggal kedaluwarsanya.

Air putih basi akibat kontaminasi jamur, bakteri, dan kuman

Memang pada dasarnya air putih basi tidak seperti makanan atau minuman yang cepat basi. Air putih basi akibat terkontaminasi oleh berbagai kuman, jamur, dan bakteri yang ada di sekitar. Semua bakteri dan kuman penyakit yang mengontaminasi membuat kualitas air minum Anda menurun dalam waktu yang cukup lama.

Misalnya saja, Anda meninggalkan air putih dalam gelas atau wadah yang terbuka selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Maka ketika Anda melihatnya kembali, Anda dapat melihat air sudah berubah warna sedikit, menjadi sarang nyamuk, atau bahkan ditumbuhi oleh jamur. Hal ini yang membuat air putih basi dan tentunya mengonsumsi air tersebut dapat membahayakan kesehatan Anda.

Bagaimana cara menjaga kualitas air putih?

Semua tergantung dengan bagaimana dan di mana Anda menyimpan air puti tersebut. Air putih memang tidak akan basi atau tepatnya terkontaminasi dalam waktu yang cepat. Dengan kata lain, air putih tidak akan basi secepat makanan atau minuman yang memiliki rasa. Namun penting untuk menjaganya kualitasnya untuk mencegah kontaminasi dari luar.

Jadi, sebaiknya hindari menyimpan air putih dengan wadah yang terbuka dalam waktu yang lama. Selain itu, lebih baik jangan menyimpan botol minum di tempat yang bisa langsung terkena sinar matahari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Alergi Paracetamol

Paracetamol sering diresepkan untuk merdakan demam dan nyeri. Tapi tahukah Anda bahwa ada orang yang alergi obat paracetamol?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Hati-Hati Minum Obat, Barangkali Anda Memiliki Alergi Terhadap Antibiotik

Selain makanan dan debu, ada pemicu reaksi alergi lain yaitu golongan obat antibiotik. Cari tahu penjelasan lengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Cara Mengatasi Alergi Obat yang Tepat dan Perawatannya

Jangan biarkan alergi mengganggu aktivitas harian Anda. Ketahui cara cepat mengatasi alergi obat yang kambuh sekaligus perawatan kondisinya di rumah.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Gejala Alergi Dingin Ringan Hingga Berat yang Wajib Anda Kenali

Kulit mendadak memerah, hidung meler, dan bersin-bersin di ruangan ber-AC? Ini mungkin pertanda gejala alergi dingin. Simak ciri-ciri alergi dingin lainnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kencing berdiri

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit
rematik kambuh akibat cuaca Etoricoxib obat

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit
terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
efek samping paracetamol ibuprofen

Benarkah Terlalu Sering Minum Paracetamol Sebabkan Gangguan Pendengaran?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit