Nama Generik: Acidophilus

Manfaat

Untuk apa acidophilus?

Acidophilus adalah bakteri baik di dalam tubuh manusia. Bakteri yang bernama lengkap Lactobacillus acidophilus ini memang hidup dalam sistem pencernaan, saluran kemih, dan area genital manusia tanpa menyebabkan penyakit. Lactobacillus acidophilus juga dapat ditemukan pada beberapa makanan fermentasi seperti yoghurt dan suplemen makanan.

Lactobacillus digunakan untuk menangani dan mencegah diare, juga infeksi atau kelainan kulit. Sering kali juga digunakan untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan kolesterol dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada penelitian yang cukup untuk menjelaskan bagaimana suplemen herbal tersebut bekerja. Mohon diskusikan dengan herbalis atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa:

  • Penambahan bakteri flora secara normal dapat membantu mencerna makanan dan menyerap nutrisi, seperti vitamin, termasuk vitamin yang larut dalam lemak dan juga protein. Acidophilus adalah zat yang juga membantu mencerna berbagai macam laktosa bagi para penderita intoleransi laktosa.
  • Bakteri ini bisa membantu penanganan diare, termasuk tipe-tipe infeksinya seperti virus diare pada anak anak dan diare pada wisatawan. Biasanya digunakan juga untuk mencegah dan menangani penyakit diare yang berhubungan dengan penggunaan antibiotik, dan melawan organisme asing yang dapat menyebabkan penyakit diare tersebut.
  • Mampu menekan infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti eksim (alergi kulit), jerawat, dan infeksi pada vagina. Dapat juga untuk menangani gejala penyakit limpa, gatal-gatal, serta meningkatkan sistem imun. Bakteri tersebut bekerja dengan cara melawan dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat.
  • Acidophilus membantu mengendalikan kolesterol tinggi. Cara kerjanya adalah dengan mengikat kolestrol yang ada dalam sistem pencernaan pada permukaan sel, dan menggabungkannya ke dalam membran sel sehingga kolesterol tidak akan diserap menuju aliran darah Anda.
  • Kemungkinan tindakan lain dari Lactobacillus acidphilus adalah mencegah kambuhnya kanker kandung kemih. Sayangnya, belum ada penelitian yang memastikan teori ini.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk acidophilus untuk orang dewasa?

Acidphilus adalah bakteri yang digunakan sesuai kasus dan kondisi kesehatan tertentu. Untuk orang dewasa, konsumsi satu sampai 15 juta colony forming units (CFUs) sehari-hari untuk kesehatan pencernaan, jika dalam keadaan sehat. Dosis yang terlalu tinggi dapat menimbulkan masalah pencernaan ringan, sementara konsumsi yang lebih rendah mungkin tidak akan mencukupi.

Untuk anak-anak, konsultasikan dengan dokter anak untuk dosis yang tepat sebelum memberinya dengan probiotik, atau suplemen makanan lainnya untuk bayi dan anak. Penggunaan acidophilus untuk anak-anak harus sangat diperhatikan, terutama untuk batita.

Dosis penggunaan suplemen herbal ini bisa jadi berbeda untuk setiap pasien. Dosis tersebut sangat bergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi Anda. Suplemen herbal tidak selalu aman, harap konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda untuk dosis yang sesuai.

Dalam bentuk apa saja acidophilus tersedia?

Acidophilus adalah suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk:

  • Kapsul, tablet, tablet kunyah, atau serbuk
  • Produk susu (susu acidophilus, yogurt)
  • Cairan untuk keperluan medis pada kelamin wanita (vaginal suppositories)

Setiap bentuknya mengandung 500 juta sampai 10 miliar kultur organisme bakteri.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh acidophilus?

Produk suplemen acidophilus ini biasanya dapat ditolerir dengan baik oleh kebanyakan orang. Namun, orang-orang yang sensitif terhadap laktosa kemungkinan akan merasakan sakit perut atau efek samping lain yang disebabkan oleh produk yang mengandung L. acidophilus. Hal ini bukan disebabkan oleh bakteri, tapi disebabkan oleh jejak konsumsi laktosa yang mungkin terkandung selama proses produksi.

Efek samping yang umum terjadi termasuk:

  • Kembung
  • Infeksi serius, bacteremia (penderita kelainan sistem imun)

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin juga terdapat efek samping lain yang belum tertulis di atas. Jika Anda memiliki perhatian lebih terhadap efek samping tertentu, konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi acidophilus?

Untuk orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa, berhenti menggunakan suplemen dalam bentuk produk susu, lebih direkomendasikan untuk mengonsumsi Lactobacillus acidophilus dalam bentuk suplemen. Anda harus membicarakan dengan dokter mengenai penggunaannya dalam makanan untuk perawatan dan pencegahan infeksi.

Anda harus mengonsumsi antibiotik sesuai resep, bahkan jika terjadi infeksi yang disebabkan oleh parasit. Acidophilus adalah zat yang  mungkin dapat ditambahkan dalam menu tanpa mengubah terapi medis, pola makan, atau gaya hidup berolahraga.

Regulasi pengonsumsian suplemen herbal lebih longgar dibanding dengan pengonsumsian obat-obatan. Studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan keamanan pengonsumsiannya. Keuntungan dari mengonsumsi suplemen herbal harus lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasikan dengan herbalis atau doker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah acidophilus?

Produk susu tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang sensitif laktosa. Produk yang mengandung acidophilus boleh digunakan  selama kehamilan dan diperbolehkan untuk anak‐anak di atas 3 tahun. Suplementasi L. acidophilus pada 6 bulan pertama dapat meningkatkan risiko alergi terhadap susu sapi bagi sebagian anak. Anda harus hati‐hati saat mengonsumsinya jika Anda punya kondisi:

  • Demam tinggi
  • Gangguan pencernaan
  • Penyakit usus pendek
  • Masalah kekebalan tubuh atau intoleransi laktosa
  • Perlengkapan  orthodontic  tetap  (misal:  behel),  masalah  pengunyahan,  atau  gigi  yang tidak  teratur.  Acidophilus  dapat menyebabkan gigi berlubang pada orang‐orang dengan kondisi ini.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi acidophilus?

Suplemen herbal ini mungkin dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda  saat ini. Konsultasikan dengan herbalis atau dokter sebelum mengonsumsinya.

  • Antasid (obat maag) harus dikonsumsi 30‐60 menit sebelum mengonsumi acidophilus.
  • Antibiotik seharusnya tidak digunakan bersamaan dengan acidophilus. Beri jeda waktu paling tidak 2 jam.
  • Azulfidin ketika digunakan bersamaan dengan acidophilis dapat mengurangi efek azulfidin tersebut.
  • Imunosupresan  (seperti  cyclosporine,  tacrolimus,  azathiprine) atau antineoplastik. Acidophilus  sebaiknya  tidak dikonsumsi bersamaan dengan imunisupresan atau antineoplastik.
  • Pengaruh warfarin  dapat meningkat saat dikonsumsi dengan acidophilus, hati‐hati dalam penggunaannya.
  • Acidophilus dapat menurunkan penyerapan bawang putih. Jika dikonsumsi bersamaan, beri jeda waktu selama 3 jam.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 18, 2018 | Terakhir Diedit: April 18, 2018