home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengulik Khasiat Bunga Hydrangea yang Bisa Bantu Atasi Radang Sendi

Mengulik Khasiat Bunga Hydrangea yang Bisa Bantu Atasi Radang Sendi

Pernah dengan bunga hydrangea? Bunga ini punya warna yang beragam, dari ungu hingga merah muda. Sebenarnya, bunga hydrangea adalah tanaman hias yang juga sering digunakan sebagai tanaman obat ini berasal dari Amerika Utara, Amerika Selatan dan Asia. Tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional China yang banyak juga digunakan oleh suku asli Amerika. Belum pernah dengar apa saja manfaat bunga hydrangea untuk kesehatan? Simak faktanya berikut ini.

Manfaat bunga hydrangea untuk kesehatan

Bunga hydrangea memiliki berbagai zat yang ternyata baik bagi kesehatan, salah satunya adalah hydrangin. Hydrangin adalah pelarut fitokimia alami yang bisa mencegah pembentukan batu ginjal.

Bunga ini juga mengandung sejumlah zat flavonoid seperti kaempferol dan quercetin. Terdapat juga mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor dan sulfur. Berikut adalah manfaat bunga hydrangea bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Sebagai obat diuretik

Ekstrak bunga hydrangea dipercaya dapat membantu melancarkan aliran kencing, dan mengatasi penyakit yang disebabkan oleh masalah saluran kemih. Selain itu manfaat bunga hydrangea juga dipercaya meredakan masalah sakit kepala, demam, dan rematik.

Memiliki sifat antiradang

Kandungan alkaloid pada manfaat bunga hydrangea dipercaya memiliki efek serupa dengan hormon kortison. Selain itu, bunga hydrangea juga dipercaya bisa meredakan infeksi dan mengurangi gejala radang sendi.

Manfaat akar bunga hydrangea bagi sistem imun

Sebuah studi dari Harvard School of Medicine yang dipublikasi oleh Journal Science tahun 2009 membahas tentang manfaat akar hydrangea untuk kekebalan tubuh.

Zat di dalam bunga hydrangea yang disebut halofuginone ternyata dapat menghentikan sel Th17. Sel tersebut berasal dari sistem kekebalan tubuh yang bisa menimbulkan reaksi berlebihan dan kerusakan jika diproduksi terlalu banyak.

Maka itu, akar hydrangea disebut-sebut dapat membantu atasi masalah nyeri sendi yang biasanya terjadi akibat reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan pada sendi. Namun, tentu saja hal ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat serta efek samping dari tanaman obat tersebut.

Dosis dan peringatan

Akar hydrangea umum digunakan sebagai obat herbal yang tersedia dalam bentuk bubuk, cairan, sirup, tingtur dan teh. Efek samping mengonsumsi herbal ini bisa termasuk mual, muntah, diare, pusing, dan sesak napas.

Hydrangea juga memiliki efek diuretik yang bisa menurunkan kadar lithium yang dapat menghasilkan efek samping yang serius. Waspadai juga interaksi yang bisa muncul ketika penggunaan ekstrak bunga hydrangea. Faktanya, hydrangea dapat bereaksi dengan obat untuk menurunkan kadar gula darah, antijamur, antihistamin dan obat penurun kolesterol.

Ibu hamil, ibu menyusui, dan anak anak sebaiknya tidak mengonsumsi akar hydrangea. Sebelum menggunakan segala macam jenis obat herbal konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk lebih amannya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hydrangea https://articles.mercola.com/herbs-spices/hydrangea.aspx  Diakses pada 03 Juli 2018.

Hydrangea Root Shows Promise In Treating Autoimmune Disorders

https://www.medicalnewstoday.com/articles/152822.php  Diakses pada 03 Juli 2018.

What are the benefits of nydrangea root herb https://www.livestrong.com/article/263700-what-are-the-benefits-of-hydrangea-root-herb/  Diakses pada 03 Juli 2018.

Hydrangea supplement vitamin https://www.medicinenet.com/hydrangea/supplements-vitamins.htm Diakses pada 03 Juli 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 04/11/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x