Panduan Menjadwalkan Hubungan Seks dengan Pasangan Agar Lebih Mesra

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Membuat jadwal hubungan seks sebenarnya mudah, tapi kenyataannya tidak jarang banyak pasangan yang merasa kesulitan. Selain itu, banyak pula yang masih percaya bahwa hubungan intim terasa lebih “panas” jika dilakukan secara spontan. Namun, tidak ada salahnya untuk menjadwalkannya agar bisa berduaan. Supaya agenda kencan malam Anda tidak menemui rintangan, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda. 

Manfaat dari menjadwalkan hubungan seks

bisa bikin hamil

Menurut Elisheva Liss LMFT, terapis pasangan di New York, ada beberapa hal yang cukup menguntungkan ketika Anda membuat jadwal hubungan seks dengan pasangan. 

Misalnya, ketika Anda sudah berkeluarga dan punya anak, waktu untuk berduaan pun lebih sedikit dibandingkan saat Anda berdua belum memiliki anak. 

Bahkan, terdapat sebuah survei yang menemukan bahwa 36% pengantin baru merencanakan waktu hubungan intim mereka. Semuanya telah dipersiapkan, mulai dari waktu hingga tempat tidur. Dengan begitu, Anda berdua bisa menciptakan suasana yang membuat hubungan seks lebih mungkin terjadi.

Selain itu, perencanaan hubungan intim juga membantu menghindari kebingungan antar pasangan. Misalnya, ketika Anda sudah mengira bahwa pasangan mengirimkan sinyal untuk melakukan aktivitas seksual, yang pasangan lakukan justru bermain game di ponsel mereka selama berjam-jam. 

Jika semuanya terencanakan, tentu Anda berdua akan meninggalkan segala aktivitas yang tidak berhubungan sama sekali, seperti bermain ponsel. 

Tidak hanya itu, membuat jadwal hubungan seks juga memudahkan pasangan untuk mengutarakan apa yang Anda atau dia inginkan. Bahkan, Anda dan pasangan mungkin bisa mencari posisi seks yang ingin dicoba. 

Hal ini juga bertujuan agar Anda atau pasangan tidak hanya main tebak-tebakan saja apa yang ingin dilakukan pada agenda tersebut. 

Tips membuat jadwal hubungan seks dengan pasangan

Supaya ranjang Anda dan pasangan lebih hangat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat jadwal hubungan seks, seperti:

1. Membuat jadwal secara implisit

meningkatkan libido setelah melahirkan

Salah satu tips membuat jadwal hubungan seks agar berhasil adalah dengan merencanakannya secara implisit. 

Maksudnya, alih-alih mengharuskan Anda dan pasangan bercinta pada waktu dan hari yang sudah ditentukan, Anda bisa menjadwalkannya dengan lebih lembut. 

Misalnya dengan mengatakan bahwa Anda merencanakan untuk berhubungan intim pada hari Sabtu pagi jika anak-anak tidak bangun terlalu cepat. Anda bisa juga mengisyaratkan bahwa akhir pekan adalah waktu untuk berduaan

Dengan begitu, Anda dan pasangan tidak merasa tertekan dan harus mendorong jadwal penting lainnya untuk berhubungan seks. 

Namun, jika Anda dan pasangan sudah lama tidak melakukannya karena kesibukan, cobalah untuk berusaha meluangkan waktu untuk bercinta agar hangatnya ranjang tidak padam. 

2. Biarkan pasangan yang mengatur jadwal

seks karezza

Jika selama ini Anda yang selalu membuat jadwal untuk hubungan seks, cobalah untuk membiarkan pasangan Anda yang mengaturnya sesekali. 

Cara ini biasanya cukup efektif untuk pasangan yang memiliki gairah seks yang rendah. Dengan begitu, akan ada banyak ‘kejutan’ dan mereka bisa mendapatkan ego mereka saat rencana tersebut berhasil. 

Bahkan, kemungkinan mereka untuk mengeluh karena sedang tidak mood pun berkurang. 

3. Tidak perlu memaksa

seks pagi hari

Selain membiarkan pasangan yang mengatur, Anda berdua mungkin perlu sepakat bahwa tidak perlu ada pemaksaan jika salah satu di antara Anda berdua tidak mau. 

Membuat jadwal hubungan seks bertujuan untuk menghidupkan kembali hangatnya cinta Anda berdua. Jika bantuan ini hanya menjadi penyebab Anda berdua bertengkar karena memaksakan diri, tentu Anda berdua tidak akan mendapatkan manfaatnya sama sekali. 

Maka itu, ‘kupon’ menolak ini berlaku dua arah. Misalnya, ketika Anda sedang memiliki gairah seks yang tinggi, sedangkan pasangan tidak, tidak perlu menekannya. 

Cukup katakan saja jika pasangan merasa minggu ini tidak memiliki keinginan untuk bercinta, tidak apa-apa. Tentu saja hal ini berlaku untuk Anda juga. 

Dengan begitu, hubungan ini menunjukkan komitmen bahwa kebahagiaan pasangan juga patut diperhitungkan, bukan hanya merujuk pada jadwal saja. 

Membuat jadwal hubungan seks bersama pasangan memang memiliki banyak manfaat untuk hubungan Anda berdua. Namun, strategi ini harus dilakukan secara hati-hati dan diperlukan komunikasi yang baik dalam hubungan supaya kobaran api cinta tidak cepat pudar.

Sumber Foto: Womans Day

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kondom Wanita Juga Efektif Cegah Kehamilan, Ini Cara Memakainya

Terbuat dari karet sintetis, kondom wanita mirip dengan yang biasa digunakan pria, tetapi dipasang di dalam vagina. Apakah sama efektifnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 12 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Sebelum Melakukannya, Perhatikan 3 Risiko Berhubungan Seks Saat Haid

Tahukah Anda berhubungan seks saat haid dapat berisiko menularkan infeksi? Kenali dulu sederet manfaat dan risiko sebelum melakukannya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Seksual, Tips Seks 11 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Punya Pasangan Perfeksionis Bisa Bikin Hubungan Jadi Kurang Harmonis

Setiap orang ingin punya hubungan asmara yang sempurna. Tapi jika sampai berubah jadi obsesi, pasangan perfeksionis bisa memicu konflik tak berujung.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 3 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Berhubungan Seks Sehari Sebelum Menstruasi, Apakah Bisa Hamil?

Jika Anda melakukan hubungan seks sebelum menstruasi tepat sebelum jadwal biasanya, dan Anda terlambat haid, kemungkinan kehamilan patut dipertimbangkan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesuburan, Kehamilan 3 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vaginismus

Bisakah Penetrasi Vagina Tanpa Merobek Selaput Dara?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
lama tidak berhubungan intim

Lama Tidak Berhubungan Intim, Apa Saja Efeknya Bagi Tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
air mani pria

7 Fakta Menarik Seputar Air Mani Pria, Ternyata Berbeda dengan Sperma, Lho!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit
Konten Bersponsor
tahan lama di ranjang

7 Trik Ampuh Buat Istri Bantu Suami Lebih Tahan Lama di Ranjang

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit