Lash Lift, Cara Baru Melentikkan Bulu Mata Tanpa Extension. Amankah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Selain lash extension, dunia kecantikan kedatangan metode memanjangkan bulu mata yang baru, yakni lash lift. Lash lift merupakan metode mempercantik mata yang bertujuan untuk membuat bulu mata terangkat, bervolume, dan tampak tebal. Perawatan kecantikan ini diklaim menggunakan bahan alami. Lalu, bagaimana proses pengerjaannya? Adakah bahayanya untuk kesehatan? Yuk, simak jawabannya di sini.

Bagaimana cara proses pemasangan lash lift?

Lash lift hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah terlatih di klinik atau pusat kecantikan. Cara pengerjaan lash lift dilakukan dengan kandungan keratin yang dioleskan pada bulu mata bagian atas. Awalnya, semua makeup di wajah akan dibersihkan, terutama mata, agar bahan-bahan makeup tidak masuk ke dalam dan menggumpal pada bulu mata asli Anda.

Selanjutnya, pada bagian kelopak mata akan ditempelkan silikon perekat yang tebal. Lalu, bulu mata akan disisir perlahan agar terpisah dan tidak menggumpal.

Selain itu, proses menyisir bulu mata ini juga bertujuan untuk mengangkat bulu mata menempel ke bagian atas mata yang telah diberi silikon perekat. Setelah itu, barulah bulu mata diolesi dengan krim khusus yang mengandung bahan-bahan, salah satunya adalah keratin.

Tak luput juga, bulu mata diolesi dengan maskara khusus untuk membuatnya tampak hitam, tebal, dan bervolume. Sama halnya seperti eyelash extension, ada beberapa pilihan jenis kelentikan yang bisa Anda pilih. Biasannya ada yang dengan ukuran small, medium, large, atau super large.

Proses menempelkan dan mendiamkan bulu mata akan berjalan selama 30 sampai 40 menit di tiap satu mata. Selama proses pengerjaan ini, mata harus berada dalam kondisi tertutup rapat. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari krim pelentik masuk dan mengiritasi mata.

Setelah didiamkan dan ditempelkan, bulu mata akan dioleskan krim untuk melepaskannya dari silikon. Hasil akhir dari lash lift bisa membuat bulu mata Anda akan terlihat lebih lentik dan bervolume. Lash lift bisa bertahan sekitar 6-8 minggu.

Apa saja bahayanya?

Dr. Jacqueline R. Carrasco, ahli bedah oculoplastic di Wills Eye Hospital di Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa karena Anda menggunakan bahan kimia untuk proses lash lift mata, pasti ada kemungkinan risiko alergi. Ini karena pada dasarnya kulit setiap orang akan bereaksi secara berbeda-beda.

Anda pun juga rentan terhadap pengembangan risiko dermatitis (kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan, bengkak, dan bahkan lecet) dan peradangan, terutama jika keratin masuk ke mata atau di kulit di sekitarnya.

Para ahli juga belum ada yang menganalisis dan menentukan apakah krim pelentik ini aman 100 persen atau tidak. Hal ini dijelaskan oleh Michael J. Earley, Ph.D, seorang dokter optometri di The Ohio State University College of Optometry.

cara alami memanjangkan bulu mata

Coba dulu cara melentikkan dan memanjangkan bulu mata alami

Metode lash lift dan lash extension memang sudah mulai populer di dunia kecantikan. Namun, Anda masih bisa membuat bulu mata lebih cantik dengan beberapa cara alami seperti berikut ini:

1. Pakai minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A dan E yang bermanfat bagi kesehatan rambut, termasuk memanjangkan bulu mata. Minyak zaitun menyerap jauh ke dalam akar rambut dan pori-pori kulit kelopak untuk merangsang pertumbuhan bulu mata serta menjadi perisai untuk melindungi kekuatan batang rambut bulu mata.

Oleskan beberapa tetes minyak zaitun langsung di pangkal bulu mata setiap malam untuk mendorong pertumbuhan bulu mata yang lebih lentik dan tebal, atau teteskan minyak zaitun ke kapas atau cotton bud dan tepuk-tepuk lembut pada bulu mata Anda. Biarkan selama lima menit (atau bisa semalaman) dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap malam selama empat minggu atau sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Biasanya, hasilnya akan mulai terlihat jelas setelah 1-2 bulan penggunaan rutin..

2. Pakai teh hijau

Seduh teh hijau dan biarkan mendingin. Kemudian Anda bisa mengusapkan teh hijau langsung pada bulu mata Anda dengan kapas atau cotton bud. Kandungan kafein dan flavonoid yang ditemukan dalam teh hijau dapat mempercepat laju pertumbuhan bulu mata yang sudah ada sambil mendorong pertumbuhan bulu mata baru.

3. Pakai lidah buaya

Jika Anda ingin memelihara kesehatan sekaligus memanjangkan bulu mata Anda, cukup oleskan sedikit gel lidah buaya langsung ke pangkal bulu mata Anda sebelum tidur dengan bantuan sikat maskara. Berkat kandungan vitamin dan nutrisinya yang kuat, lidah buaya dapat meningkatkan laju pertumbuhan bulu mata dan juga memperkuatnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit