Jangan Diremehkan! Ini Manfaat Skrining Riwayat Kesehatan Sejak Dini

    DISPONSORI OLEH:

    Jangan Diremehkan! Ini Manfaat Skrining Riwayat Kesehatan Sejak Dini

    Selain menjaga pola hidup sehat, nyatanya Skrining Riwayat Kesehatan adalah salah satu hal yang perlu Anda lakukan guna mencegah risiko penyakit. Skrining Riwayat Kesehatan juga berperan sebagai upaya preventif yang bisa dilakukan sejak usia remaja. Berikut ulasannya.

    Apa itu Skrining Riwayat Kesehatan?

    Skrining Riwayat Kesehatan merupakan pengisian pertanyaan tentang riwayat kesehatan diri sendiri, keluarga dan pola konsumsi makanan sebagai upaya preventif untuk mengetahui potensi risiko penyakit kronis sedini mungkin.

    Skrining Riwayat Kesehatan penting untuk dilakukan guna mengetahui lebih awal potensi risiko penyakit kronis.

    Berbagai jenis penyakit kronis yang potensinya bisa dideteksi melalui Skrining Riwayat Kesehatan di antaranya:

    Dengan mengetahui potensi risiko penyakit kronis sedini mungkin, risiko tersebut dapat segera dicegah sebelum terjadinya penyakit.

    Hal ini juga dianggap penting dan dianjurkan oleh Centers for Disease Control (CDC), karena peninjauan riwayat kesehatan keluarga dengan potensi risiko penyakit kronis diri dapat memotivasi Anda untuk mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menurunkan peluang terkena penyakit tersebut.

    Manfaat Skrining Riwayat Kesehatan

    Berikut berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan Skrining Riwayat Kesehatan.

    1. Bisa mengetahui kondisi kesehatan

    Manfaat ini menjadi salah satu tujuan utama dari dilakukannya Skrining Riwayat Kesehatan.

    Dengan melakukan Skrining Riwayat Kesehatan, Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri, serta potensi penyakit apa yang bisa saja Anda alami di kemudian hari.

    Dengan mengetahuinya sedini mungkin, Anda pun dapat melakukan tindakan pencegahan lebih cepat, sehingga risiko penyakit pun dapat semakin diturunkan.

    2. Dapat segera mendapat tindakan

    Selain dapat melakukan tindakan pencegahan secara mandiri dengan menjaga pola hidup sehat, hasil Skrining Riwayat Kesehatan Anda juga dapat ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dari tenaga kesehatan terpercaya.

    Tindakan ini tentu saja disesuaikan dengan hasil Skrining Riwayat Kesehatan Anda yang menunjukkan risiko rendah, sedang atau tinggi.

    Jika hasilnya risiko rendah, peserta akan dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat, olahraga, serta melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui telekonsultasi atau kunjungan langsung ke FKTP jika diperlukan.

    Namun, jika hasil Anda menunjukkan risiko sedang dan tinggi, dilakukan konsultasi kesehatan dengan dokter FKTP melalui telekonsultasi atau kunjungan langsung ke FKTP, serta skrining kesehatan atau pemeriksaan lanjutan di FKTP.

    3. Sebagai info tambahan dalam profil kesehatan

    Hasil yang Anda dapatkan dari Skrining Riwayat Kesehatan juga berguna sebagai informasi profil kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar. Hal ini dapat membantu dokter FKTP sebagai analisa riwayat kesehatan dan melakukan pencegahan penyakit sedini mungkin.

    Cara melakukan Skrining Riwayat Kesehatan

    Anda tak perlu khawatir atau bingung untuk mulai melakukan skrining riwayat kesehatan.

    Kini, BPJS Kesehatan telah menyediakan fasilitas Skrining Riwayat Kesehatan sebagai upaya preventif untuk mengetahui potensi risiko penyakit kronis sedini mungkin yang bisa Anda lakukan secara mudah.

    Melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), program Skrining Riwayat Kesehatan oleh BPJS Kesehatan dapat dilakukan bahkan oleh seluruh peserta JKN dari usia 15 tahun ke atas.

    skrining kesehatan bpjs

    Program Skrining Riwayat Kesehatan juga dapat Anda lakukan setiap setahun sekali, sebelum mengakses pelayanan di FKTP dengan mengisi 47 pertanyaan.

    Pertanyaannya terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta, dan pola makan peserta.

    Anda tak perlu khawatir, karena Skrining Riwayat Kesehatan sangat mudah untuk diakses secara online, sehingga tak perlu datang ke fasilitas kesehatan.

    Anda dapat melakukan Skrining Riwayat Kesehatan dengan mengakses lewat:

    • Aplikasi Mobile JKN
    • Website BPJS Kesehatan
    • Chat Asisstance BPJS Kesehatan (CHIKA)
    • Aplikasi Pcare FKTP

    Dengan mengetahui berbagai manfaat dan kemudahannya, sangat disayangkan jika program ini tidak Anda coba.

    Sebab, di masa pandemi Covid-19, Skrining Riwayat Kesehatan penting dilakukan untuk mencegah fatalitas Covid-19 pada peserta JKN dengan komorbid.

    Oleh karena itu, mari kita lakukan skrining riwayat kesehatan agar kita dapat mengetahui risiko penyakit dan mencegah penyakit kronis sedini mungkin.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber
    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang Diperbarui Oct 04
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto