Trik Mengobati Rasa Sakit dan Emosi Lewat Pijat Jari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Menurut seni refleksologi kuno, setiap jari terhubung dengan organ dan emosi yang berbeda-beda. Apabila Anda merasa tidak enak badan, mungkin hal yang pertama Anda lakukan adalah pergi ke dokter atau apoteker. Namun, ada pengobatan alternatif alami yang disebut Jin Shin Jyutsu, yaitu seni melepas ketegangan yang menyebabkan berbagai gejala pada tubuh Anda.

Walau tidak dapat menggantikan pengobatan oleh dokter, latihan-latihan ini adalah alternatif yang mudah dan tanpa rasa sakit dibanding obat penawar rasa sakit yang biasa dijual bebas. Emosi sangat terkait dengan kondisi kesehatan dan kesejahteraan pikiran dan tubuh. Teknik sederhana Jin Shin Jyutsu dapat dilakukan di mana saja. Anda dapat melakukannya pada satu area yang spesifik, atau untuk seluruh tubuh dengan melakukan teknik tersebut pada seluruh jari di kedua tangan. Berikut adalah beberapa latihan jari sederhana yang dapat meringankan gejala.

Cara melakukan latihan pijat jari

Carilah jari yang jadi target Anda melalui daftar di bawah ini. Kemudian, tekan dan tahan jari tersebut selama 3 – 5 menit sambil bernapas dalam-dalam. Anda dapat melakukannya pada satu jari sesuai tujuan, atau pada seluruh jari jika ingin melakukan harmonisasi tubuh.

Ibu jari: lambung, gelisah, dan sakit kepala

Sebagai jangkar pada tangan, ibu jari membawa beban semua keputusan. Ibu jari umumnya terkait dengan emosi depresi dan gelisah. Ibu jari juga terhubung dengan limfa dan lambung.

Jika Anda merasa murung dan sering khawatir, atau mengalami sakit kepala dan kegelisahan, cobalah untuk menekan dengan lembut ibu jari Anda. Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras.

Lakukan selama 3 – 5 menit, atau hingga pikiran Anda kembali jernih.

Jari telunjuk: ginjal, frustrasi, dan nyeri otot

Jari telunjuk terkait dengan perasaan takut dan kebingungan, serta terhubung dengan ginjal.

Pada beberapa penelitian tentang refleksologi, banyak pasien dialisis ginjal yang merasakan perkembangan akibat pijatan ini. Pasien yang memiliki masalah dengan otot atau punggung atau tidak nyaman dengan lengan dan kaki juga merasa lebih baik setelah melakukan pijatan ini.

Jari tengah: Liver, amarah, dan kelelahan

Latihan reflexologi juga dikenal dapat mengurangi area yang sakit dan meradang. Jika Anda merasa lebih lelah dari biasanya, atau mengalami masalah dengan peredaran darah, cobalah memberi tekanan pada jari tengah Anda.

Jari tengah terkait dengan emosi amarah dan kekesalan. Menurut filosofi Jin Shin Jyutsu, jari ini juga meringankan masalah pada liver. Latihan ini juga memberikan efek relaksasi. Setelah melakukan latihan ini, pasien mengalami penurunan pada tekanan darah dan kecemasan.

Jari manis: paru-paru, perasaan negatif, dan gangguan pencernaan

Jika Anda meragukan diri Anda sendiri, atau merasakan energi negatif dan kesedihan, cobalah fokus terhadap jari manis.

Memberi tekanan pada jari manis juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan pernapasan. Latihan reflexologi ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada usus besar dan paru-paru.

Saat melakukan latihan ini, ingatlah untuk selalu tenang dan kendalikan napas Anda.

Jari kelingking: jantung, gugup, dan stress

Pada umumnya, jari kelingking terhubung dengan kepercayaan diri yang rendah. Anda mungkin adalah seorang yang selalu memikirkan secara berlebihan tentang suatu situasi, atau menilai sesuatu terlalu keras.

Sambil Anda melakukan latihan ini, cobalah untuk melepaskan berbagai hal yang mengganggu pikiran Anda, jernihkan pikiran dan fokus pada saat ini.

Latihan ini baik dilakukan jika Anda menderita nyeri pada tubuh atau masalah pada saraf.

Telapak tangan: semua organ, memelihara semuanya

Telapak tangan juga sangat penting. Anda dapat menekan bagian tengah telapak dan bernapas sebanyak 3 kali, atau menekan telapak secara memutar.

Dipercaya bahwa Anda dapat menahan seluruh tubuh Anda pada telapak tangan Anda, serta seluruh organ penting dan emosi dasar.

Walau setiap orang dapat memiliki reaksi yang berbeda-beda, latihan ini telah membantu beberapa pasien kanker yang sedang menjalani perawatan. Menurut University of Minnesota, latihan refleksologi yang rutin dapat membantu mengatasi rasa mual, diare, dan sembelit. Apabila Anda merasa tidak enak badan, Anda dapat mencoba latihan ini. Anda dapat melewati hari dengan perasaan lebih bahagia dan sehat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Minum obat terus minum madu? Boleh atau tidak? Baiknya Anda simak penjelasan di sini mengenai bahaya dan anjuran saat minum madu.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat, Fakta Unik 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

Anda sering tidur dalam keadaan terang benderang dan lampu menyala? Mungkin ini saatnya mulai belajar tidur dalam gelap.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

6 Penyebab Otak Anda Sulit Mengingat dan Mudah Lupa

Baru kenalan 5 menit yang lalu, sudah lupa namanya? Ada janji nanti sore, tapi Anda tak ingat? Ini berbagai penyebab sulit mengingat yang Anda alami.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/08/2020 . Waktu baca 4 menit
aturan minum antibiotik

Bolehkah Menebus Resep Obat Antibiotik yang Sama Berulang Kali?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 18/08/2020 . Waktu baca 3 menit
bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit