Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Waspadai Efek Samping Daun Jarak untuk Memperbesar Penis!

Waspadai Efek Samping Daun Jarak untuk Memperbesar Penis!

Tanaman jarak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik dari biji, daun, maupun batangnya. Sebagian masyarakat bahkan meyakini khasiat daun jarak untuk memperbesar alat vital atau penis. Apakah klaim penggunaan daun jarak untuk alat vital ini benar atau malah menimbulkan efek samping berbahaya?

Apakah benar daun jarak bisa memperbesar penis?

Tanaman jarak termasuk dalam genus famili Euphorbiaceae. Ada beberapa jenis tanaman jarak dari famili Euphorbiaceae yaitu jarak kepyar (Ricinus communis) dan jarak pagar (Jatropha curcas).

Cukup banyak penelitian yang mengklaim manfaat kesehatan dari tanaman jarak.

Penelitian jurnal Serambi Saintia mencatat ekstrak daun jarak memiliki sifat antiparasit.

Riset lain yang diterbitkan dalam jurnal Chemico-Biological Interactions menyebut ekstrak daun jarak bisa menghambat pertumbuhan bakteri:

  • Escherichia coli (penyebab infeksi saluran pencernaan),
  • Pseudomonas aeruginosa (penyebab penyakit kulit),
  • Klebsiella (penyebab pneumonia), dan
  • Staphylococcus aureus (penyebab keracunan makanan).

Sementara itu, kandungan flavonoid dalam daun jarak dapat mengurangi reaksi alergi dan mencegah kerusakan sel (antioksidan).

Flavonoid juga bersifat anti-inflamasi (meredakan peradangan) dan analgesik (pereda nyeri). Manfaat flavonoid ini disebutkan dalam jurnal American Chemical Society and American Society of Pharmacognosy.

Ada juga sejumlah potensi manfaat daun jarak bagi bayi, seperti mengatasi perut kembung, mengobati luka, dan mengurangi ruam.

Namun, apakah ekstrak daun jarak memiliki kandungan yang berkhasiat untuk memperbesar alat vital atau penis pria?

Sampai sekarang masih belum ada penelitian yang secara khusus membuktikan khasiat kandungan daun jarak untuk memperbesar penis ataupun untuk menjaga kesehatan penis.

Anda juga perlu berhati-hati pada efek samping daun jarak untuk alat vital jika memutuskan untuk menggunakannya.

Mengutip penjelasan Mayo Clinic, hingga sekarang belum ada cara yang terbukti ampuh untuk memperbesar ukuran penis pria termasuk dengan suplemen pembesar penis.

Jika tidak puas dengan ukuran penis Anda, pertimbangkan terapi seks sebelum Anda menjalani operasi atau menggunakan produk dan zat lain.

Apabila Anda khawatir ukuran penis akan berpengaruh pada kepuasan seks, bicarakan hal ini dengan pasangan Anda.

Jika langkah tersebut tidak membantu, cobalah berkonsultasi dengan psikolog atau dokter tentang kekhawatiran Anda.

Kenapa daun jarak diklaim bisa memperbesar alat vital?

efek samping daun jarak untuk penis

Klaim mengenai khasiat daun jarak untuk alat vital sebenarnya sudah beredar luas sejak lama.

Anggapan ini berawal dari daun jarak kepyar yang diyakini meningkatkan gairah seksual bagi pria.

Daun jarak kepyar digolongkan sebagai agen aphrodisiac (afrodisiak) yang dapat membangkitkan hasrat seksual.

Afrodisiak berasal dari kata Aphrodite, dewi seksual, cinta, dan kecantikan di Yunani kuno. Istilah ini muncul karena sejarah usaha manusia untuk meningkatkan kekuatan seksualnya.

Banyak tanaman yang tumbuh di Afrika dan Eropa telah lama diyakini sebagai afrodisiak. Beberapa contoh afrodisiak adalah tanaman mandrake, tanduk badak dalam budaya Cina, dan lalat spanyol yang sebenarnya beracun.

Namun, masih sedikit penelitian yang membuktikan khasiat dari makanan atau obat afrodisiak ini. Uji klinis pada hewan dan manusia masih dibutuhkan untuk menguji manfaatnya.

Efek samping daun jarak untuk alat vital

Penis dan kepuasan seksual

Anda perlu berhati-hati dengan penggunaan daun jarak untuk memperbesar penis karena belum ada penelitian yang membuktikan khasiat tersebut.

Di samping itu, penggunaan daun jarak justru bisa menimbulkan efek samping pada alat vital atau alat reproduksi pria.

Beberapa efek samping tanaman jarak pada kesehatan di antaranya sebagai berikut.

1. Risiko racun

Situs Guide to Poisonous Plants dari Colorado State University mengelompokkan tanaman jarak sebagai salah satu tanaman beracun.

Oleh karena itu, Anda dapat berisiko mengalami efek samping daun jarak untuk penis.

Racun dalam daun jarak dapat menyebabkan tremor otot dan ataksia (gangguan saraf) pada penis. Efek beracun ini muncul dalam beberapa jam dan umumnya berakibat fatal.

2. Gangguan sistem pencernaan

Efek samping lainnya yang mungkin terjadi ketika mengonsumsi olahan dari tanaman jarak, seperti minyak jarak, adalah gangguan sistem pencernaan. Berikut beberapa gejalanya.

  • Mual dan muntah.
  • Kram perut.
  • Diare
  • Sakit perut.

Beberapa kasus tertentu menunjukkan penggunaan minyak jarak yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kematian.

3. Gangguan elektrolit

Penggunaan jangka panjang biji jarak bisa menyebabkan cairan dan kadar elektrolit bisa jadi tidak seimbang.

Elektrolit merupakan komponen bermuatan negatif dan positif yang bisa meningkatkan fungsi otot dan saraf, membangun jaringan tubuh yang rusak, dan mengoptimalkan aktivitas otak.

Tubuh yang mengalami kelebihan atau kelebihan elektrolit bisa menimbulkan gangguan seperti diare, detak jantung yang tidak teratur, tubuh lemas, kram otot, dan kejang.

4. Kehilangan kalium dalam tubuh

National Institutes of Health (NIH) mencatat bahwa menggunakan terlalu banyak minyak jarak bisa berbahaya.

Minyak jarak dapat menyebabkan kehilangan cairan dan kalium dari tubuh bila digunakan lebih dari seminggu atau dalam dosis lebih dari 15 – 60 ml per hari.

5. Reaksi alergi

Selain itu, efek samping daun jarak untuk penis yang mungkin terjadi adalah alergi, iritasi, hingga impotensi.

Segera temui dokter apabila Anda mengalami gejala seperti kulit memerah, ruam, dan gatal.

Daun jarak memang secara ilmiah terbukti memiliki sejumlah kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan, seperti zat antibakteri.

Namun, Anda perlu berhati-hati jika ingin menggunakannya untuk memperbesar alat vital atau penis. Pasalnya, efek samping daun jarak untuk alat vital bisa sangat berbahaya bagi kesehatan penis.

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Asmerom, D., et al., (2021). Medicinal Plants Used for the Treatment of Erectile Dysfunction in Ethiopia: A Systematic Review.  BioMed Research International. https://doi.org/10.1155/2021/6656406.

Balcı, A. K., Koksal, O., Kose, A., Armagan, E., Ozdemir, F., Inal, T., & Oner, N. (2013). General characteristics of patients with electrolyte imbalance admitted to emergency department. World journal of emergency medicine, 4(2), 113–116. https://doi.org/10.5847/wjem.j.issn.1920-8642.2013.02.005.

Chauhan, Nagendra Singh; Sharma, Vikas; Dixit, V. K.; Thakur, Mayank (2014). A Review on Plants Used for Improvement of Sexual Performance and Virility. BioMed Research International, 1–19. doi:10.1155/2014/868062.

Guranda, I., Maulanza, H. (2016). Uji Efektifitas Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) Sebagai Anti Mikroorganisme Pada Bakteri Escherechia coli. Serambi Saintia, IV(2), 42-49. http://dx.doi.org/10.20473/jvhs.V5.I1.2021.31-38.

Kang, S. S., et al. (1985). Alkaloids and Flavonoids from Ricinus communis. Journal of Natural Products, 48 (1), 155-156. DOI: 10.1021/np50037a041.

Petr Hodek; Pavel Trefil; Marie Stiborová (2002). Flavonoids-potent and versatile biologically active compounds interacting with cytochromes P450. Chemico-Biological Interactions, 139(1), 1–21. doi:10.1016/s0009-2797(01)00285-x.

Singh, R., et al., (2012). An Overview on Traditional Medicinal Plants as Aphrodisiac Agent. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, 1(4), 43-56. ISSN 2278- 4136.

Surahmaida, et al. (2021). Skrining Fitokimia Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak Metanol Daun Jarak Pagar (Jatropha curcas) dengan GCMS. Journal of Pharmacy and Science, 6(1), 25-30. https://dx.doi.org/10.53342/pharmasci.v6i1.202

Castor oil overdose. MedlinePlus – National Institutes of Health.  Retrieved March 16, 2022, from https://medlineplus.gov/ency/article/002768.htm 

GUIDE TO POISONOUS PLANTS – Details. Colorado State University. Retrieved March 16, 2022, from https://csuvth.colostate.edu/poisonous_plants/Plants/Details/23 

Penis-enlargement products: Do they work?. (2020). Mayo Clinic. Retrieved March 16, 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/sexual-health/in-depth/penis/art-20045363#:~:text=Many%20men%20believe%20that%20increasing,to%20make%20a%20penis%20larger.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ilham Fariq Maulana Diperbarui Apr 08
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro