backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Bagaimana Cara Pakai Baby Lotion untuk Bayi Baru Lahir? Ini Tipsnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Bagaimana Cara Pakai Baby Lotion untuk Bayi Baru Lahir? Ini Tipsnya

Kulit bayi baru lahir masih cenderung sensitif, sehingga membuat si kecil membutuhkan perawatan kulit yang diformulasikan secara khusus untuk bayi baru lahir, salah satunya lotion. Namun, bagaimana cara pakai baby lotion yang tepat pada bayi baru lahir?

Bolehkah memberikan baby lotion pada bayi baru lahir?

Perlu Anda pahami bahwa kulit bayi yang baru lahir tidak dapat disamakan dengan kulit orang dewasa.

Meski sekilas terlihat halus, sebenarnya kulit bayi baru lahir tergolong sangat sensitif terhadap berbagai hal.

Faktor seperti udara, cuaca, intensitas dan suhu air mandi bisa membuat kulit si kecil jadi rentan kering.

Pasalnya, kulit bayi baru lahir 5x lebih tipis dari orang dewasa, sehingga menyebabkannya rentan mengalami iritasi, bayi yang baru lahir membutuhkan produk perawatan khusus untuk kulit bayi.

Untuk menjaga kelembapan kulit buah hati Anda, penggunaan lotion khusus untuk bayi bisa menjadi salah satu andalan para orangtua.

Lotion untuk bayi tak hanya bermanfaat untuk melindungi kulit si kecil yang rentan kering karena faktor udara dan cuaca, tapi juga membantu menjaga kelembapan alami kulit bayi terutama jika terlalu sering atau lama mandi.

Cara pakai baby lotion pada bayi baru lahir

Dalam memberikan baby lotion untuk bayi yang baru lahir, harus dilakukan dengan tepat dan tidak boleh sembarangan, lho.

Anda harus ekstra hati-hati karena kulit bayi cenderung kering dan sensitif sehingga membutuhkan perhatian lebih. Terlebih, jika si kecil memiliki masalah pada kulitnya seperti alergi.

Supaya Anda tidak bingung, berikut ini sejumlah cara pakai baby lotion yang tepat untuk si kecil agar kulitnya tetap terawat.

1. Melakukan tes untuk memastikan kulit bayi cocok dengan produk

Sayangnya, tak semua baby lotion yang memiliki klaim aman untuk kulit bayi pasti cocok pada buah hati Anda. Ini karena setiap bayi baru lahir memiliki kondisi yang berbeda-beda. Namun sebaiknya pilih produk yang diformulasikan khusus untuk bayi baru lahir.

Penting bagi Anda untuk melakukan tes guna memastikan produk baby lotion yang akan digunakan cocok pada kulit si kecil.

Untuk penggunaan pertama atau saat memilih baby lotion baru yang akan dipakai, tak ada salahnya untuk diuji terlebih dahulu pada kulit si kecil.

Caranya, oleskan sedikit lotion tipis-tipis di kulit si kecil, lalu diamkan selama kurang lebih 24 jam.

Jika tak ada reaksi seperti kemerahan atau alergi pada kulit si kecil, Anda dapat meneruskan pemakaian lotion tersebut. Namun, jika sebaliknya, segera hentikan pemakaian dan ganti dengan produk lain.

2. Rutin menggunakannya setiap sehabis mandi

Imbangi kebiasaan mandi si kecil dengan penggunaan baby lotion guna menjaga kelembapan kulitnya sehabis mandi. Sebaiknya segera oleskan baby lotion setelah bayi selesai mandi.

Agar tidak lupa, ada baiknya Anda sudah menyiapkan baby lotion yang akan dipakai saat sebelum mandi, sehingga baby lotion bisa langsung segera dioleskan setelah mengeringkan tubuh si kecil.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, sebaiknya gunakan baby lotion secara rutin tiap hari. Sebab, ini akan membantu kulit bayi mempertahankan kelembapan alami yang dimilikinya.

3. Menggunakannya pada area yang rentan sensitif

Pastikan Anda menggunakan baby lotion pada area-area kulit bayi yang sensitif dan rentan iritasi.

Bagian-bagian kulit yang agak tebal, seperti siku dan lutut bayi biasanya membutuhkan kelembapan ekstra karena lebih mudah kering dibanding bagian lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan area-area tertentu yang harus dihindari. Area sekitar mata, hidung, dan mulut tidak perlu dioleskan baby lotion. Hal ini untuk menghindari iritasi terjadi pada kulit di area tersebut.

4. Lakukan sambil memijat lembut bayi

Sebagian orangtua mungkin masih belum mengetahui bahwa masalah kulit yang dialami buah hati juga bisa berpotensi membuat si kecil merasa stres dan mudah rewel.

Oleh sebab itu, dalam memberikan baby lotion sebagai perawatan kulit si kecil, cobalah untuk sekaligus memberikannya relaksasi berupa pijatan yang lembut. Hal ini akan membuat bayi baru lahir merasa lebih rileks dan tenang.

5. Memperhatikan kualitas dan kandungan produk lotion

Hal ini juga menjadi salah satu faktor terpenting karena baby lotion harus bisa membantu melembapkan serta melindungi kulit bayi baru lahir yang tergolong sensitif.

Pastikan saat memilih lotion, perhatikan komposisi dan kandungan yang ada di dalamnya. Hindari beberapa kandungan atau bahan-bahan saat memilih lotion seperti paraben, surfaktan sintetis, dan pewarna sintetis.

Mengingat kulit bayi baru lahir 5x lebih tipis dari orang dewasa sehingga rentan iritasi, sebaiknya pilih produk yang memang diformulasikan untuk bayi baru lahir.

Para ibu baru tidak perlu khawatir, Cussons Baby Newborn produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk bayi baru lahir. 

cussons

Dengan  kandungan Organic-active  yaitu shea butter, oat, dan ceramide yang teruji secara dermatologis melindungi kulit bayi dari iritasi, menjaga kelembapan kulit bayi baru lahir hingga 24 jam, dan juga merawat kulit lembutnya sejak hari pertama pemakaian. 

Dengan kelembapan kulit lembut si Kecil yang tetap terjaga, buah hati Anda jadi tidak mudah mengalami iritasi kulit.

Tak hanya lotion, Cussons Baby Newborn juga tersedia dalam varian lainnya seperti Hair & Body Wash dan Body Cream.

Selalu perhatikan perawatan kulit bayi baru lahir guna menghindari berbagai risiko masalah kulit.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan