Definisi

Apa itu eletroforesis hemoglobin?

Elektroforesis hemoglobin adalah tes darah yang dilakukan untuk memeriksa tipe-tipe hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah intisari sel darah merah yang membawa oksigen.

Tipe hemoglobin normal yang paling umum, adalah:

  • Hemoglobin A. Hemoglobin tipe ini adalah yang paling umum ditemui pada orang dewasa. Beberapa jenis penyakit, seperti thalassemia akut, dapat menyebabkan kadar hemoglobin A semakin rendah dan hemoglobin F meningkat.
  • Hemoglobin F (fetal hemoglobin). Hemoglobin tipe ini adalah yang paling umum ditemui pada janin dan bayi baru lahir. Hemoglobin F akan segera digantikan dengan hemoglobin A pascakelahiran; hanya sedikit dari hemoglobin F yang terbentuk pasca-kelahiran. Beberapa jenis penyakit, seperti sickle cell disease, aplastic anemia, dan leukemia, memiliki tipe hemoglobin abnormal dan jumlah hemoglobin F yang lebih tinggi
  •      Hemoglobin A2. Hemoglobin tipe ini umum ditemukan pada orang dewasa dalam jumlah kecil.

Ada lebih dari 350 tipe hemoglobin abnormal. Tipe hemoglobin abnormal yang paling umum, adalah:

  • Hemoglobin S. Hemoglobin tipe ini umum ditemukan pada sickle cell disease.
  • Hemoglobin C. Hemoglobin tipe ini tidak dapat membawa oksigen dengan baik.
  • Hemoglobin E. Hemoglobin tipe ini umum ditemukan pada orang-orang keturunan Asia Tenggara.
  • Hemoglobin D. Hemoglobin tipe ini umum ditemukan pada beberapa jenis penyekit sickle cell.
  • Hemoglobin S and hemoglobin C. Umum ditemukan dengan uji electroforesis.

Elektroforesis menggunakan gelombang elektrik untuk memisahkan hemoglobin normal dan abnormal dalam darah. Berbeda tipe hemoglobin, berbeda pula beban elektriknya dan bergerak pada kecepatan yang berbeda. Jumlah masing-masing hemoglobin dalam aliran darah akan diukur.

Jumlah yang tidak biasa dari hemoglobin, baik tipe normal atau abnormal, dalam darah mungkin menunjukkan adanya potensi penyakit yang berkembang. Tipe hemoglobin abnormal mungkin akan tampak walau tanpa tanda-tanda lain, menyebabkan penyakit ringan yang tidak memiliki gejala, atau penyakit yang mengancam nyawa. Sebagai contoh, hemoglobin S yang ditemukan pada penyakit sickle cell, adalah abnormalitas kronis pada darah dan menyebabkan masalah serius.

Kapan saya harus menjalani eletroforesis hemoglobin?

Tes elektroforesis hemoglobin dilakukan jika petugas medis mencurigai Anda memiliki kelainan dalam darah yang disebabkan oleh bentuk abnormal dari hemoglobin (hemoglobinopathy).

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani eletroforesis hemoglobin?

Jika Anda sedang merencanakan kehamilan dan ditemukan hemoglobin tipe abnormal dalam darah Anda, mungkin Anda harus mempertimbangkan konseling genetik. Konseling ini dapat membantu Anda dan partner Anda untuk memeriksa peluang Anda memiliki anak yang mewarisi anemia tipe tertentu (seperti sickle cell disease atau thalassemia).

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani eletroforesis hemoglobin?

Tidak ada persiapan khusus menjelang tes HFE, kecuali konsultasi dengan dokter Anda jika Anda sedang dalam terapi zat besi untuk tipe anemia dengan kadar zat besi yang rendah.

Bagaimana proses eletroforesis hemoglobin?

Dokter akan mengambil sampel darah pada lengan atau lipatan siku Anda, setelah mensterilkan area suntikan dengan alkohol. Pada kasus tertentu, dokter akan mengencangkan sabuk elastis pada lengan bagian atas Anda untuk membuat aliran darah lebih deras. Dengan begitu, pengumpulan sampel darah akan jadi lebih mudah. Suntikan akan dimasukkan ke dalam lengan untuk mengisap darah, yang kemudian akan ditampung oleh sebuah tabung kecil di ujung lain suntikan tersebut.

Ketika sampel darah dirasa cukup, dokter akan melepas suntuk dari lengan Anda dan menutup area suntikan dengan perban untuk menghentikan pendarahan.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani eletroforesis hemoglobin?

Anda akan dijadwalkan untuk menerima dan mendiskusikan hasilnya. Dokter Anda kemudian akan menjelaskan mengenai arti dari hasil yang ditemukan selama tes. Ikuti aturan dokter.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Ada beberapa hasil yang memungkinkan, seperti:

Hasil normal pada bayi dan anak-anak

Kadar hemoglobin yang normal pada anak-anak, adalah:

  •      Hb F (neonatal): 50% – 80%
  •      Hb F (6 bulan): 8%
  •      Hb F (>6 bulan): 1% – 2%

Hasil normal pada orang dewasa

Kadar hemoglobin yang normal pada orang dewasa, adalah:

  •      Hb A: 95% – 98%
  •      Hb A2: 2% – 3%
  •      Hb F: 0.8% – 2%
  •      Hb S: 0%
  •      Hb C: 0%

Kisaran persentase normal mungkin akan berbeda pada setiap laboratorium. Beberapa laboraorium menggunakan metode pengukuran berbeda, atau menggunakan sample yang berbeda. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai hasil yang Anda terima.

Hasil abnormal

Jika hasil tes anda menunjukkan tingkat hemoglobin yang tidak normal, akan mengakibatkan hal-hal berikut ini:

  •      penyakit Hemoglobin C (penyakit turunan yang mengakibatkan anemia akut)
  •      hemoglobinopathy langka (kelompok penyakit turunan yang menyebabkan produksi atau struktur sel darah merah tidak normal)
  •      sickle cell anemia
  •      thalassemia

Jika Anda memiliki tingkat hemoglobin yang tidak normal, terapi akan dilakukan berdasarkan penyakit utama. Penyakit hemoglobin C biasanya ditangani dengan suplemen folic acid untuk membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah normal. Sickle cell anemia dapat diatasi dengan transplantasi sumsum tulang belakang. Jika tidak, dokter Anda akan membantu Anda untuk merawat penyakit tersebut dengan mencegah krisis. Jika Anda memiliki thalassemia, rekomendasi terapi akan didasarkan pada sifat awal dan tingkat keparahan penyakit tersebut.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca