Minum Aspirin Bisa Meningkatkan Peluang Hamil, Kata Penelitian

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 29/09/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak cara untuk meningkatkan peluang kehamilan. Mulai dari memperbaiki pola hidup sehat, mencoba bayi tabung, atau minum pil penyubur kandungan. Penelitian menemukan bahwa minum aspirin dalam dosis rendah bisa meningkatkan peluang hamil, terutama bagi wanita yang memiliki peradangan atau pernah mengalami keguguran sebelumnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Potensi aspirin untuk meningkatkan peluang hamil

Sebuah penelitian yang telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Reproductive Medicine di Baltimore menunjukkan bahwa obat aspirin bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Studi tersebut melibatkan 1.228 wanita berusia 18 sampai 40 tahun yang mengalami keguguran dalam 12 bulan terakhir. Semua wanita tersebut memiliki peradangan sistemik yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu minum aspirin setiap hari dan tidak minum apa pun.

Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang minum aspirin peluang hamilnya lebih besar yaitu sekitar 17-20 persen dibanding wanita yang tidak minum apa pun.

Periset menyimpulkan bahwa aspirin yang diminum setiap hari berpotensi untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh, meningkatkan aliran darah ke panggul, dan menebalkan lapisan rahim sehingga membuat lingkungan rahim yang lebih aman bagi embrio untuk berkembang.

Apakah aman minum aspirin supaya cepat hamil?

cek kehamilan dengan test pack

Aspirin adalah obat salisilat yang biasanya digunakan untuk mengatasi demam, peradangan, dan menghilangkan nyeri atau sakit ringan pada tubuh. Obat ini juga digunakan sebagai obat anti-platelet untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Walaupun penelitian telah menemukan adanya potensi aspirin untuk meningkatkan kesuburan wanita, aspirin tidak boleh digunakan sembarangan. Banyak ahli kesehatan yang masih belum menyetujui penggunaan obat ini dengan berbagai alasan, yaitu risiko efek samping dan tingkat efektivitas obat tersebut pada setiap wanita.

Penggunaan aspirin sebagai perawatan kesuburan hanya dibolehkan di bawah pengawasan dokter. Selain itu, perawatan ini lebih diperuntukkan pada wanita yang mencoba hamil, tapi memiliki kondisi, seperti:

  • Pernah mengalami keguguran dalam 12 bulan terakhir
  • Memiliki penyakit radang panggul atau sindrom ovarium polikistik

Dilansir dari laman Medical New Today, periset dari University of Utah dan National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) menyarankan bahwa obat aspirin untuk perawatan ini hanya boleh digunakan dalam dosis rendah, yaitu 81 mg per hari.

Kemudian, untuk wanita yang memiliki alergi atau kondisi lambung yang sensitif, penggunaan aspirin tidak dianjurkan karena bisa berisiko terhadap kesehatan.

Penggunaan aspirin pada wanita yang sehat secara rutin menurut penelitian telah dikaitkan dengan risiko kanker usus besar, penyakit jantung, stroke, dan pendarahan serius.

Konsultasikan pada dokter jika Anda memiliki rencana kehamilan

program hamil, pria tidak subur

Dibanding menggunakan aspirin, dokter mungkin akan memilih cara yang lebih aman untuk meningkatkan peluang hamil. Tentunya, menyarankan Anda untuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat, seperti berhenti merokok dan mengurangi kebiasaan minum alkohol atau kafein. Dokter juga akan memastikan Anda mengonsumsi makanan sehat bergizi dan rutin untuk olahraga.

Jika kesuburan Anda terganggu akibat adanya masalah kesehatan, dokter akan membantu Anda untuk meringankan gejala dan kondisi Anda sehingga siklus menstruasi jadi lebih baik dan tubuh dapat mendukung pembuahan janin yang lebih aman.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 4 menit

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ibu hamil boleh puasa. Meski begitu, meneruskan puasa bagi ibu hamil dengan kondisi-kondisi ini tak cuma membahayakan kesehatannya, tapi juga bayinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Gangguan makan yang dialami oleh ibu hamil tentu akan memberikan dampak yang berbahaya bagi keselamatan dan perkembangan janin.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 12/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 11/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit
tanda istri hamil

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 6 menit
hamil setelah keguguran

Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran? Ini Hal yang Harus Diketahui!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020 . Waktu baca 7 menit