7 Pose Yoga Mudah yang Bisa Dilakukan Sambil Duduk di Kursi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Masalah leher kaku, badan pegal linu, dan sakit punggung umum dialami oleh banyak pekerja kantoran yang harus duduk lama di depan komputer. Tenang, karena ada berbagai pose yoga sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meregangkan dan melemaskan tubuh sambil mengisi ulang tenaga. Menariknya, Anda tidak perlu bangkit dari kursi. Berikut beberapa pilihan pose yoga sambil duduk yang bisa Anda lakukan di kantor.

7 Pose yoga sambil duduk di kursi yang instan dan mudah dilakukan

1. Raised hands pose

Sumber: Huffingtonpost

Pose yoga sambil duduk pertama yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah duduk dengan posisi tulang belakang tegak lurus serta tangan diarahkan lurus ke atas dan terbuka lebar.

Lakukan hal ini sembari menarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan. Saat Anda menghembuskan napas, bawa tubuh ke belakang dengan sedikit menekuk punggung dan dada bagian atas mengikuti bentuk kursi. Tahan gerakan ini selama beberapa detik, lalu perlahan lepaskan tangan di sisi samping tubuh Anda.

2. Twist pose

Sumber: Verywellfit

Masih dengan posisi duduk di kursi dan punggung tegak lurus. Mulai dengan ambil dan buang napas, kemudian letakkan kedua tangan pada pegangan kursi dan mulailah memutar tubuh Anda secara bergantian ke sisi kanan dan kiri perlahan-lahan. Cara ini bisa membantu meredakan sakit pinggung akibat terlalu lama duduk dan membungkuk.

3. Wrist release pose

Sumber: Huffingtonpost

Jika Anda adalah seorang pekerja kantoran yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengetik di depan komputer, maka sesekali pergelangan tangan dan lengan Anda butuh peregangan.

Luangkan waktu sejenak untuk membengkokkan kedua pergelangan tangan Anda ke segala arah. Pertama, arahkan tangan kanan Anda ke belakang dengan menekan ujung-ujung jari menggunakan tangan kiri, tahan selama beberapa detik. Lakukan hal yang sama secara bergantian pada tangan kiri dengan menekannya menggunakan tangan kanan.

Kedua, letakkan kedua tangan terbuka ke arah atas kemudian goyangkan kedua pergelangan tangan dengan cepat ke arah samping, atas, dan bawah. Hal ini akan melepaskan ketegangan pada kedua tangan.

4. Side angle pose

Sumber: Verywellfit

Tetap dalam posisi duduk dengan kedua kaki menyentuh lantai. Lalu bawa ujung jari tangan kanan Anda ke lantai dan letakkan di samping kaki, dengan posisi tangan kiri dibiarkan lurus ke atas. Tarik napas panjang saat Anda mulai memiringkan badan dan meletakkan tangan kanan ke bawah, lalu tahan selama beberapa detik. Lakukan hal yang sama secara bergantian, dengan tangan kiri diletakkan di kaki dan tangan kanan tegak lurus ke atas.

5. Warrior pose

Sumber: Verywellfit

Sekarang, ubah posisi duduk Anda dari yang sebelumnya lurus menjadi arah menyamping. Lakukan pada posisi menyamping ke arah kanan dengan kaki kanan berada di depan badan, sementara kaki kiri berada di belakang dengan posisi diluruskan.

Letakkan kedua tangan di samping badan Anda dengan posisi terbuka lebar, barengi dengan pengambilan napas panjang. Kemudian angkat tangan lurus ke atas sembari membuang napas secara perlahan. lakukan gerakan ini berulang dan secara bergantian dengan posisi kaki kiri di depan.

6. Desk shoulder opener pose

Sumber: Huffingtonpost

Seperti namanya, pose yoga sambil duduk lainnya bisa dilakukan seolah-olah seperti sedang membuka laci. Caranya, geser kursi Anda ke belakang menjauhi meja dan pastikan hanya kedua tangan Anda yang bisa mencapai laci meja. Luruskan kedua lengan yang terbuka hingga menyentuh laci, kemudian jatuhkan kepala Anda diantara kedua lengan guna mencapai peregangan bahu yang baik.

Fungsi gerakan ini untuk memberikan peregangan setelah terlalu lama duduk tegak di kursi, serta untuk mengembalikan bahu ke arah yang benar.

7. Relaksasi: savana pose

Sumber: Verywellfit

Setelah semuanya selesai, tutup mata, duduk tegak, posisi kaki tetap menyentuh lantai, dan letakkan tangan di pangkuan Anda. Tahan posisi ini selama beberapa detik sembari menikmati prosesnya. Posisi savana ini akan membantu tubuh Anda untuk menyerap semua manfaat baik dari semua pose yoga yang telah dilakukan sebelumnya.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Kondom Sobek

Kondom ampuh mencegah kehamilan dan penularan penyakit seksual jika digunakan dengan tepat. Tapi hati-hati, kesalahan kecil saja bisa bikin kondom sobek.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

6 Trik Sederhana Agar Terbiasa Jalan Kaki Demi Tubuh yang Bugar

Jalan kaki adalah olahraga paling mudah, namun banyak yang malas melakukannya. Yuk, biasakan jalan kaki dengan tips berikut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Olahraga Lainnya, Kebugaran 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Jangan Remehkan Bahaya Debu Polusi! Yuk, Lindungi Diri Dengan Cara Ini

Debu polusi yang tampak kecil dan tak berbahaya bisa jadi musuh besar kesehatan Anda. Ini berbagai bahaya polusi udara dan cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan, Informasi Kesehatan 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Banyak berbagai macam penelitian yang menyatakan bahwa kulit manggis kaya manfaat. Yuk, simak apa saja manfaat kulit manggis yang baik bagi kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minyak daun basil

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit perut karena gas dan karena penyakit lain

Tips Membedakan Sakit Perut Karena Gas dan Karena Penyakit Lain

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
cara memilih multivitamin yang tepat

Begini Cara Memilih Multivitamin yang Aman dan Sesuai untuk Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
kutu bulu mata

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit