Hindari Serangan Jamur Terhadap Saluran Pencernaan dengan 4 Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Infeksi jamur pada saluran pencernaan merupakan salah satu penyebab dari gangguan pencernaan yang cukup sering terjadi. Jenis jamur yang paling banyak ditemukan pada kondisi ini adalah candida. Itu sebabnya, mencegah diri Anda dari kontaminasi amur candida sangat penting untuk mejaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Bagaimana caranya? 

Tips mencegah infeksi jamur pada sistem pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, candida adalah jenis jamur yang sering menyerang sistem pencernaan manusia. Candida biasanya tinggal di dalam mulut, tenggorokan, usus, dan organ pencernaan lainnya tanpa membuat masalah.

Akan tetapi, jika pertumbuhan candida lebih banyak daripada biasanya, atau daya tahan tubuh sedang menurun, infeksi jamur pada saluran pencernaan pun dapat terjadi. 

Tentu ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pertumbuhan candida yang berlebihan pada organ pencernaan Anda, antara lain: 

1. Menjaga kesehatan mulut

terkena diabetes gejala awal diabetes

Menurut CDC, salah satu cara mencegah infeksi jamur pencernaan adalah menjaga kesehatan mulut Anda. 

Mulut merupakan organ pencernaan yang menjadi pintu gerbang ke tubuh Anda. Dari sinilah mikroorganisme berbahaya dapat masuk.

Untuk itu, yang perlu Anda lakukan antara lain:

  • Rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut
  • Mengurangi minum soda karena kandungan asam fosfat dan asam sitrat di dalamnya dapat menimbulkan karang gigi dan merusak email gigi. 
  • Sikat gigi 2 kali sehari dan jangan menggunakan sikat gigi yang sama dengan orang lain. 
  • Mencuci tangan sebelum menyentuh bagian wajah, terutama mulut. 

2. Menjalani diet rendah karbohidrat

diet rendah karbohidrat kadar kolesterol

Selain menjaga kesehatan dan kebersigan mulut serta gigi, Anda bisa menjalankan diet rendah karbohidrat agar infeksi jamur tidak terjadi pada sistem pencernaan Anda. Hal ini dikarenakan makanan dengan karbohidrat tinggi justru membuat jamur cepat berkembang.

Hindarilah makanan seperti permen, alkohol, dan makanan yang mengandung tepung (karena juga tinggi karbohidrat) sehingga membantu mengurangi pertumbuhan jamur. 

Jika Anda bingung harus memulai dari mana, tanyakan kepada ahli gizi atau dokter Anda sebelum mencoba memulai diet jenis ini. 

3. Konsumsi makanan probiotik

probiotik makan yogurt

Bakteri baik dapat sangat berguna untuk kesehatan pencernaan Anda. Untuk mendapatkan bakteri baik, Anda bisa makan makanan probiotik, seperti seperti yogurt.

Bakteri baik yang terdapat dalam makanan mengandung probiotik dapat menekan pertumbuhan jamur candida, sehingga bisa mencegah infeksi jamur pada saluran pencernaan.

Akan tetapi, usahakan hindari memakan yogurt yang mengandung pemanis buatan karena justru hanya akan memperburuk keadaan dan mempercepat pertumbuhan jamur candida. 

4. Menambah porsi sayuran berdaun hijau

hidup sehat prehipertensi

Sayuran hijau mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Tak hanya itu, sayuran hijau biasanya juga tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat sehingga baik untuk menekan pertumbuhan jamur.

Selain itu, kandungan vitamin dan zat besi pada sayuran, seperti brokoli dan bayam, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu Anda mencegah infeksi jamur. 

Kunci utama dari mencegah infeksi jamur pada saluran pencernaan adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan memperhatikan asupan makanan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, tubuh Anda juga akan menerima asupan sehat sehingga terhindar dari masalah ini.

Baca Juga:

Sumber