6 Cara Membuat Kopi Anda Lebih Sehat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah bosan perihal perdebatan tentang bagaimana kandungan kopi. Ada berapa senyawa di dalamnya, beberapa di antaranya memiliki efek kesehatan negatif. Tapi, kabar baiknya adalah bahwa kopi memiliki manfaat tinggi seperti antioksidan yang bermanfaat, nutrisi fenolik, asam klorogenat, dan senyawa lainnya yang sehat. Bahkan sekarang Anda bisa bikin kopi yang sehat sendiri di rumah.

Kopi didaulat menjadi sumber terbesar antioksidan bagi kebanyakan orang di Amerika. Ini sebagian besar ada hubungannya dengan fakta bahwa banyak orang Amerika tidak mendapatkan cukup antioksidan dari buah-buahan dan sayuran, sehingga kopi akhirnya menjadi sumber antioksidan terbesar mereka. Anda harus mencoba untuk mendapatkan sumber antioksidan dari buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, herbal, buah, kacang, coklat tanpa pemanis, teh, dan ya, bahkan kopi jika Anda suka. Yuk, simak tips cara bikin kopi yang sehat.

1. Pilih kopi organik

Kopi yang biasa Anda minum banyaknya dijual tidak organik (cenderung disemprot mengandung pestisida) karena memang dihinggapi hama. Hal serupa tidak akan terjadi pada tumbuhan kopi yang dipelihara dengan cara organik dan bebas pestisida. Kopi atau teh organik lebih sehat dan mengandung manfaat nutrisi yang penuh.

2. Jangan pakai gula

Jika Anda suka kopi yang manis, pilih pemanis seperti gula kelapa organik. Gula kelapa organik lebih sedikit mengandung kalori sebanyak 3 gram dari gula pasir biasa. Memang tidak terlalu besar bedanya, tapi lama kelamaan artinya Anda sudah mengurangi konsumsi gula Anda sebesar 25 persen dari biasanya. Gula kelapa mengandung mineral alami seperti kromium yang bagus untuk metabolisme tubuh Anda.

3. Gunakan susu nabati

Kopi campur susu merupakan kombinasi nikmat yang dapat Anda rasakan sehari-hari. Tapi tahukah Anda kalau kopi Anda bisa lebih sehat dengan menggunakan susu nabati (terbuat dari tumbuhan)? Tambahkan susu nabati ke kopi Anda, campuran susu yang nikmat yaitu susu almond atau susu kedelai.

4. Tambahkan kayu manis

Kayu manis adalah herbal lezat yang dapat bercampur dengan baik dengan aroma kopi. Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida pada diabetes. Jika Anda membutuhkan perasa, cobalah tambahkan sepotong atau sesendok teh serbuk kayu manis yang akan menambah kenikmatan rasa kopi.

5. Tambahkan bubuk kakao

Bubuk kakao atau cokelat mengandung banyak antioksidan dan sering dihubungkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan, salah satunya termasuk menurunkan risiko penyakit jantung. Jika Anda menginginkan perasa dalam kopi Anda, cobalah tambahkan sedikit kakao  yang tidak diberi pemanis ke dalam kopi Anda.

6. Seduh kopi menggunakan kertas filter

Kopi seduhan biasa umumnya mengandung zat berbahaya yang dikenal sebagai zat diterpenes. Zat diterpenes dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengggunakan kertas filter, secara efektif bisa menghilangkan semua zat diterpenes, namun tetap menjaga kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Menu diet tidak harus itu-itu melulu sajiannya. Anda masih bisa makan pasta nikmat dan pastinya rendah kalori. Simak 3 resep pasta gandum pada artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ketika sibuk meluangkan waktu untuk mengasuh anggota keluarga, jangan lupa untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Tidak menggunakan krim yang menyumbat saluran keringat, mungkin bisa jadi solusi. Namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Saat ini hampir semua tempat makanan atau minuman terbuat dari wadah plastik. Namun, sebelum menggunakannya, ketahui dulu kode dari masing-masing wadah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
bercak darah saat tidak sedang haid

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit