3 Cara Ampuh Membasmi Kutu Rambut

Oleh

Kutu rambut tak hanya jadi masalah bagi anak-anak saja. Orang dewasa pun masih bisa tertular kutu rambut dari anak-anak. Dan meski ukurannya kecil, kutu ini sangat menjengkelkan karena tak mudah disingkirkan dari kepala.

Faktanya, kutu rambut bertahan hidup lebih dari beberapa hari di tempat hangat dan “makanan” yang ada di kepala manusia. Kutu rambut juga dapat bertahan hidup sampai 6 jam bila Anda merendam rambut Anda. Oleh karena itu meski Anda sering berenang atau keramas, kutu rambut Anda tetap akan sulit untuk mati.

Dilansir dari WebMD, kutu rambut tidak dapat melompat, bergelantungan, atau terbang. Namun, menurut ahli ilmu serangga dari Harvard, Richard Pollack, Ph.D., ia bisa bergerak ke mana saja dan menyebar bila terjadi kontak antar kepala.

“Namun, bila kutu rambut tidak ada di kepala, mereka akan mengalami dehidrasi dan akan cepat mati. Setelah sehari tanpa makanan, mereka akan mati kelaparan,” ujar Pollack.

Perawatan sederhana untuk mengusir kutu rambut

1. Pediculicide

Sejumlah ahli mengatakan, shampo yang mengandung pediculicide adalah yang paling ampuh dalam membasmi kutu rambut. Pediculicides sendiri adalah bahan atau senyawa kimia yang dapat membunuh kutu rambut dan berasal dari bunga krisan.

Kebanyakan shampo pediculicides ini digunakan pada rambut yang kering. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Agar penggunaannya aman dan kutu rambut benar-benar hilang dari kulit kepala, gunakan produk sesuai instruksi yang tertera pada label kemasan.

2. Kombinasi sisir kutu dan minyak zaitun

Lapisilah kulit kepala dan rambut Anda dengan minyak zaitun (olive oil). Jika tak mau ‘mengotori’ rambut, Anda juga bisa melapisi minyak pada sisir kutu.

Siapkan sisir khusus kutu dengan gerigi yang rapat, kemudian bagilah rambut kecil-kecil secara merata, gunakan jepit rambut untuk memisahkannya. Berdiamlah di bawah cahaya lampu saat mengerjakannya agar kulit kepala lebih jelas terlihat. Sisir bagian-bagian kecil rambut mulai dari kulit kepala hingga ujungnya, dan biarkan kutu rambut terbawa oleh sisir. Gunakan air panas setiap kali Anda membilas sisir.

Setelah semua bagian rambut disisir, keramaslah menggunakan shampo yang biasa Anda gunakan, bilas, dan ulangi. Pastikan Anda mencuci semua handuk dan sisir yang digunakan untuk membersihkan kutu rambut.

Anda dapat merendam sisir di dalam larutan pemutih 10% atau larutan lysol 2% selama 30 menit, dan bilas sampai benar-benar bersih. Anda juga bisa merendam sisir di dalam cuka selama 30 menit atau rebus di air mendidih selama 10 menit.

Ikuti prosedur ini setiap hari selama seminggu, lalu lanjutkan selama dua minggu berikutnya.

3. Perawatan dengan minyak esensial

Beberapa minyak esensial alias essential oil terbukti efektif saat digunakan bersamaan dengan sisir. Sebelum menggunakan minyak esensial apapun ke kulit kepala, teteskan sedikit di punggung tangan Anda dan lihat reaksinya. Meskipun jarang, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap beberapa minyak esensial. Jika Anda alergi terhadap minyak esensial tersebut, segera ganti ke minyak jenis lainnya.

Berikut daftar minyak esensial yang paling efektif dan bisa Anda pilih:

  • Minyak pohon teh
  • Minyak lavender
  • Minyak cengkeh
  • Minyak kayu putih
  • Minyak adas manis
  • Minyak daun cinnamon
  • Minyak thyme merah
  • Minyak peppermint
  • Minyak pala

Campurkan 2 gram minyak zaitun (olive oil) dengan 15-20 tetes minyak esensial. Usap dan sebarkan di kulit kepala menggunakan kapas. Diamkan campuran tersebut di kulit kepala dan rambut sepanjang malam, setidaknya 12 jam. Anda juga bisa mencampurkan 15-20 tetes minyak esensial dalam 113 gram rubbing alcohol. Tempatkan campuran tersebut ke dalam botol semprot dan semprotlah rambut dengan cairan ini, biarkan selama 12 jam.

Esok harinya, sisir rambut Anda, kemudian keramas menggunakan shampoo, bilas, dan ulangi lagi. Setelah kutu rambut pergi dan hilang, spray minyak esensial dapat digunakan sebagai pencegahan. Ingat, menyisir rambut sangatlah penting untuk menghilangkan kutu di rambut Anda.

Jika semua perawatan ini sudah dilakukan lebih dari 3 minggu dan kutu rambut tak juga hilang, minta bantuan dari dokter.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca