Wajarkah Jika Sudah Menikah Tapi Masih Mimpi Basah?

Oleh

Mimpi basah erat kaitannya dengan salah satu tanda pubertas bagi anak-anak dan remaja laki-laki yang perkembangan seksualnya baru dimulai. Maka, siapa pun yang mengalaminya mungkin akan merasa malu atau takut kalau sampai kejadian ini diketahui oleh orang lain. Ketika Anda masih remaja atau lajang, hal ini tentu tak akan terlalu menyulitkan karena hanya Anda sendiri yang tahu kalau Anda baru saja mengalami mimpi basah. Namun, beberapa orang dewasa yang telah menikah masih mengalami mimpi basah.

Jika hal tersebut terjadi, urusannya bisa jadi panjang. Bukankah kebutuhan dan perkembangan seksual orang yang sudah menikah seharusnya telah terpenuhi? Lalu mengapa orang yang sudah menikah masih saja mimpi basah? Apa saja yang kira-kira muncul dalam mimpi tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini pasti muncul dalam benak Anda jika pasangan mimpi basah. Untuk mencari tahu apa artinya jika pasangan mimpi basah, simak informasi berikut ini.

Siapa saja yang bisa mengalami mimpi basah?

Mimpi basah atau emisi nokturnal terjadi ketika seseorang yang sedang tidur menerima rangsangan seksual lewat mimpi sehingga menyebabkan ejakulasi. Hal ini bisa dialami oleh siapa pun, terlepas dari usia atau jenis kelamin. Ini berarti baik pria maupun wanita, remaja maupun dewasa, sama-sama bisa mimpi basah. Akan tetapi kasus ini memang lebih banyak ditemui pada remaja laki-laki yang sedang memasuki pubertas. Jarang sekali perempuan mengalami orgasme atau ejakulasi saat tidur. Jika mimpi yang dialami bersifat erotis, umumnya perempuan hanya akan terangsang dan mengalami lubrikasi pada organ intim. Namun, untuk mencapai ejakulasi kebanyakan perempuan harus benar-benar terjaga.   

Meskipun seseorang sudah beranjak dewasa dan perkembangan seksualnya sudah matang, ia masih bisa mengalami mimpi basah. Selama seorang pria masih memproduksi hormon testosteron, tubuh akan terus memproduksi air mani dan sperma yang bisa dilepaskan melalui ejakulasi, bahkan ketika Anda tidur.

Wajarkah jika mimpi basah terjadi pada orang yang sudah menikah?

Menurut dr. Elna McIntosh, seorang pakar seksologi, mimpi basah yang terjadi pada orang yang sudah menikah dan aktif secara seksual tetap bisa dikatakan wajar. Seperti halnya mimpi-mimpi Anda yang lain, mimpi yang bersifat erotis atau mengandung unsur seksual juga tidak bisa Anda kendalikan atau cegah sebelumnya. Ahli psikologi dan kesehatan seksual, dr. Petra Boynton, juga menegaskan bahwa mimpi basah adalah bagian dari fungsi tubuh yang normal.

Mungkin Anda pernah mendengar berbagai cara untuk menghentikan mimpi basah, namun hingga kini belum ada cara yang terbukti secara ilmiah mampu mencegah atau menghentikan mimpi basah sehingga pada setiap orang hasilnya pun akan berbeda-beda. Tak ada orang yang bisa memprediksi kapan mimpi basah akan terjadi atau apa isi mimpi tersebut. Lagi pula, seks merupakan salah satu aspek kehidupan yang cukup berperan dalam hari-hari pasangan suami istri. Maka, wajar saja jika pasangan atau Anda yang telah menikah memimpikan hal-hal yang bersifat seksual dan erotis.

Apa artinya jika pasangan mimpi basah?

Bukan berarti jika seseorang yang sudah menikah mengalami mimpi basah maka ada sesuatu yang salah atau patut dikhawatirkan. Biasanya jika seseorang bermimpi basah saat tidur, pasangannya akan merasa curiga dan cemburu kalau-kalau pasangannya memimpikan orang lain. Padahal pada banyak kasus, orang yang bermimpi basah tidak bisa melihat atau mengingat dengan jelas mimpi yang memicu ejakulasi saat tertidur. Bahkan, beberapa orang yang mengalami mimpi erotis tidak melaporkan adanya sosok lain dalam mimpi tersebut. Ini karena mimpi yang dialami bisa berupa proyeksi dirinya sendiri melakukan masturbasi, sehingga tak perlu ada orang lain yang berpartisipasi dalam mimpinya.

Anda juga tak perlu cemas dan menduga-duga apakah mimpi basah tersebut menandakan kehidupan seks yang tidak memuaskan. Menurut dr. Petra Boynton, mimpi basah sama sekali tak ada hubungannya dengan apakah kebutuhan serta gairah seksual seseorang dalam dunia nyata telah terpenuhi. Orang dengan kehidupan seksual yang memuaskan juga masih bisa mimpi basah.

Namun, apabila pasangan Anda sering bermimpi basah dan Anda merasa tidak nyaman, cobalah untuk membicarakannya dengan pasangan secara terbuka. Anda dan pasangan juga bisa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan jika Anda merasa masalah ini sudah berlarut-larut.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca