3 Trik Menata Emosi yang Memuncak Saat Bertengkar Dengan Pasangan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Februari 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mustahil rasanya jika ada sepasang kekasih yang mengaku tidak pernah bertengkar sama sekali. Setidaknya satu kali, pasti Anda pernah adu mulut dengan pasangan mengenai permasalahan sepele, sampai yang cukup besar sekali pun. Sayangnya, tidak semua orang mampu mengontrol emosinya dengan baik selama cekcok berlangsung. Tentu Anda tidak ingin pertengkaran menjadi semakin runyam, bukan? Sebaiknya, pahami dulu cara mengendalikan emosi selama bertengkar.

Begini cara mengendalikan emosi saat bertengkar dengan pasangan

1. Tarik napas dalam

agar hidup bahagia

Emosi yang sudah tidak bisa lagi terbendung merupakan sumber utama pertengkaran antara Anda dan pasangan, terlepas dari apa pun pemicu awalnya. Di saat seperti ini, biasanya tubuh akan lebih tegang, napas memburu, serta detak jantung cenderung tidak teratur. Begitu dijelaskan oleh Robert Nicholson, PhD, selaku asisten dosen di Saint Louis University.

Solusinya, coba ambil napas panjang kemudian hembuskan secara perlahan sembari menenangkan diri sendiri. Meski tampak sepele, tapi cara mengendalikan emosi yang satu ini diyakini bisa membuat tubuh lebih nyaman dan meredakan api amarah yang sedang meledak-ledak.

2. Luangkan waktu untuk menyendiri

kenapa saya masih jomblo

Membiarkan diri tenggelam di dalam pertengkaran hebat malah dapat membuat emosi Anda semakin sulit dikontrol. Alhasil, mungkin akan ada salah satu pihak yang tersakiti karena respon pasangannya selama pertengkaran berlangsung.

Entah itu yang hanya sekadar adu argumen, atau sampai main tangan terhadap pasangannya. Sebelum pasangan telanjur kecewa dengan perlakuan kasar Anda, sebaiknya segera sudahi pertengkaran dan luangkan waktu untuk menyendiri sejenak.

Menjauhi sumber pemicu emosi setidaknya bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Jalan-jalan di sekitar taman, duduk di kafe favorit, atau sekadar memejamkan mata seorang diri di kamar bisa jadi pilihan cara mengendalikan emosi yang ampuh.

Pikirkan mengenai perasaan pasangan dan kondisi hubungan Anda saat ini. Jangan sampai, Anda mengutamakan emosi hingga akhirnya membuat hubungan semakin runyam.

Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang membuat hati tenang dan senang. Hal ini akan mengalihkan pikiran Anda dari rasa amarah dan emosi yang meluap-luap. Tentu saja setelah Anda merasa lebih baik, Anda dapat bertemu pasangan dan mendiskusikan masalah yang lalu dengan pikiran yang dingin.

3. Jika tidak kunjung berhasil, coba konsultasikan pada psikolog

konseling psikologi

Meski kerap diibaratkan sebagai bumbu penyedap dalam suatu hubungan, hadirnya pertengkaran juga bisa jadi tidak sehat jika tujuannya hanya untuk saling menyalahkan dan mengedepankan ego masing-masing. Apalagi jika pertengkaran disertai dengan kekerasan fisik.

Bukannya akan menyelesaikan masalah, aksi main tangan ini justru dapat memperparah pertengkaran bahkan menimbulkan masalah baru yang merusak keharmonisan hubungan Anda berdua.

Jika ini yang Anda alami, berkonsultasi dengan seorang psikolog mungkin merupakan jawaban terbaik untuk membantu meredam emosi yang sudah sulit untuk dikontrol.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Tips Hadapi Pasangan LDR yang Sedang Marah

Menghadapi pasangan LDR yang sedang marah tentu tidak semudah langsung menemuinya. Lantas, apa yang bisa dilakukan agar hubungan kembali hangat?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 2 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah Sederhana untuk Memaafkan Orang yang Dibenci

Memaafkan tidaklah mudah, apalagi ketika melibatkan orang yang dibenci. Proses ini akan memakan waktu, tapi Anda bisa mengawalinya dengan 5 langkah ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Psikologi 31 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Codependent Relationship, Ketika Anda Terlalu Banyak Berkorban Demi Pasangan

Mengutamakan kebahagiaan pasangan memang baik. Namun, selalu berkorban demi pasangan juga tidak dianjurkan. Mengapa begitu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22 November 2019 . Waktu baca 4 menit

4 Cara Melerai Si Anak yang Bertengkar Dengan Temannya

Anak yang bertengkar dan melakukan penyerangan fisik, harus segera dilerai. Bagaimana cara melerai anak yang bertengkar dengan tepat? Lihat caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Tips Parenting 20 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan asmara penderita adhd

Selain Hubungan Seks, Ada Masalah Hubungan Asmara pada Penderita ADHD

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
melerai anak bertengkar di rumah karena bosan

Begini Caranya Melerai Anak yang Kerap Berkelahi saat Karantina di Rumah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 22 April 2020 . Waktu baca 6 menit
cinta memudar

Apakah Cinta Bisa Memudar Seiring Berjalannya Waktu?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 9 April 2020 . Waktu baca 3 menit
Tidak Pernah Bertengkar dengan Pasangan

Tidak Pernah Bertengkar dengan Pasangan, Apakah Pertanda Hubungan Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 13 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit