Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Suka Bandingkan Anda dengan Orang Lain

Pernahkah pasangan membandingkan diri Anda dengan orang lain yang terlihat lebih baik di mata mereka? Jika iya, mungkin Anda bingung apakah perilaku tersebut adalah cara pasangan untuk membuat Anda lebih baik atau hanya sekadar komentar negatif saja. Tentu saja hal ini tak jarang menimbulkan pertengkaran Anda dengan pasangan. Lantas, jika sudah begini bagaimana menyikapi pasangan yang suka membandingkan dengan orang lain?

Alasan pasangan membandingkan Anda dengan orang lain

Sebenarnya, terdapat berbagai faktor yang mendasari perilaku pasangan Anda. Entah itu untuk karena tidak puas dengan pasangannya sendiri atau memang ingin pasangannya menjadi lebih baik. 

Namun, kondisi ini biasanya muncul karena rasa tidak puas pada pasangan hingga akhirnya menuntut Anda mengikuti standar yang ia miliki, dalam segi apapun. 

Banyak yang mengira bahwa pasangan yang suka membandingkan Anda dengan orang lain adalah sebuah motivasi, tetapi ada pula yang mengira hal tersebut justru penghinaan. Akan tetapi, semuanya kembali lagi pada bagaimana Anda menyikapinya. 

Beberapa pasangan mungkin merasa hal ini adalah sebuah motivasi untuk menjadi lebih baik. Namun, tidak sedikit pasangan yang merasa down dan tidak percaya diri ketika hal ini terjadi. 

Walaupun demikian, sering membandingkan pasangan dengan orang lain adalah sikap yang dapat menyakiti pasangan. Terlebih lagi jika tidak disampaikan dengan baik. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hal ini dapat menimbulkan perasaan dan dampak negatif dalam hubungan. Memang mungkin menurut pasangan Anda ini adalah salah satu cara agar Anda menjadi lebih baik, tetapi ada banyak cara yang bisa digunakan. 

Bukan berarti hubungan ini tidak sehat

sakit kronis memengaruhi hubungan

Namun, untuk melihat apakah pola ini termasuk hubungan sehat atau tidak, Anda tidak bisa melihat dari satu perilaku saja. 

Misalnya, pasangan Anda adalah orang yang sebenarnya banyak kelebihan, sayang terhadap pasangan, dan dapat dikatakan termasuk baik. Hanya saja, apa yang dia utarakan ketika membandingkan Anda terkadang menyakiti Anda. 

Ada kemungkinan perilaku ini disebabkan oleh pola asuh masa kecil yang dia bawa sampai sekarang. Maka itu, tidak jarang pasangan yang suka membandingkan Anda dengan orang lain tidak sadar bahwa hal tersebut sebenarnya membuat Anda sakit hati. 

Intinya, apakah Anda akan meninggalkan pasangan hanya karena sering dibandingkan orang lain dan melupakan semua kebaikannya atau memperbaiki hubungan ini? Semua kembali kepada keputusan diri masing-masing.

Menyikapi pasangan yang suka membandingkan dengan orang lain

mengendalikan emosi terhadap pasangan

Pasangan yang membandingkan Anda dengan orang lain memang akan meninggalkan luka jika sering dilakukan. Bahkan, perilaku tersebut tentu akan membuat hubungan Anda berdua renggang karena sering bertengkar atau Anda yang tidak merasa percaya diri

Jika Anda sedang mengalami situasi seperti ini, ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda untuk keluar dari masalah tersebut, seperti:

  • Komunikasi dengan memberitahu pasangan bahwa Anda tidak bisa disamakan oleh orang lain karena Anda dan orang tersebut berbeda. Cobalah untuk jujur tentang perasaan Anda. 
  • Saling memperbaiki diri sendiri karena setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. 

Menerima apa adanya dalam hubungan memang baik, tetapi bukan berarti Anda atau pasangan harus menerima semua kelemahan. Sebaiknya, perbaiki diri sendiri sebelum menuntut orang lain untuk berubah agar hubungan ini lebih sehat dan dewasa tanpa perlu dibanding-bandingkan dengan orang lain. 

Pasangan yang suka membandingkan Anda dengan orang lain sebenarnya berasal dari ketidakpuasan. Akan tetapi, bagaimana cara Anda menyikapinya adalah kunci untuk menyelesaikan masalah yang dapat merenggangkan hubungan ini. 

Baca Juga:

Jennyfer, M.Psi, Psikolog Psikolog

Jennyfer adalah seorang psikolog yang berminat pada persoalan psikologi klinis dewasa. Ia menyelesaikan pendidikan Sarjana Psikologinya di Universitas Bina Nusantara. Magister Psikologi sekaligus gelar profesinya ia dapatkan dari Universitas Tarumanagara. 




Jennyfer kini aktif sebagai pembicara dan narasumber di berbagai media ataupun seminar terkait bidang psikologi. Fokus utamanya adalah membantu setiap orang agar dapat menjadi lebih bahagia, positif, dan produktif.




Sebagai seorang psikolog, ia berharap dapat membantu mencari akar permasalahan dan memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang sedang orang-orang alami. Ia juga membuka klinik konsultasi pribadinya. Anda dapat menghubungi Jennyfer di nomor 081287968664 atau melalui akun Instagram-nya di @jen.psikolog.

Selengkapnya
Artikel Terbaru