Menurunkan Berat Badan Dengan Ginseng Korea, Seberapa Ampuh Khasiatnya?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019
Bagikan sekarang

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat. Dalam pengobatan Tiongkok, bahan alami yang satu ini sering diandalkan sebagai stimulan atau penenang. Kabar baik bagi Anda yang ingin punya badan langsing, salah satu jenis ginseng yang bernama ginseng Korea disebut-sebut tokcer untuk menurunkan berat badan, lho! Namun, seberapa ampuh manfaat ginseng Korea untuk melangsingkan badan? Cek faktanya disini.

Manfaat ginseng Korea untuk menurunkan berat badan

manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea, yang disebut juga dengan ginseng Asia atau Panax ginseng, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sebagai suplemen penambah energi dan mengatasi berbagai masalah seksual pria. Mulai dari mengobati impotensi, mengatasi ejakulasi dini, hingga meningkatkan kesuburan.

Tak hanya itu, ginseng Korea ternyata juga banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Namun yang jadi pertanyaan, seberapa ampuh khasiatnya?

Temuan manfaat ginseng Korea yang satu ini diungkapkan oleh Dr. Robert B. Saper dari Harvard Medical School pada tahun 2004 silam. Menurutnya, konsumsi ginseng Korea dapat mempercepat metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Semakin cepat karbohidrat dicerna, maka kalori dalam tubuh akan semakin cepat dibakar dan akhirnya berat badan jadi lebih stabil.

Sejalan dengan itu, penelitian dalam Journal of Ginseng Research pun mengungkapkan hal yang sama. Para ahli melibatkan 10 wanita dengan obesitas untuk rutin mengonsumsi ginseng Korea selama 8 minggu.

Setelah penelitian selesai dilakukan, para ahli menemukan bahwa komposisi mikrobiota usus dalam tubuh peserta cenderung seimbang. Keseimbangan mikrobiota usus inilah yang dapat meningkatkan efek antiobesitas dalam tubuh peserta. Dengan kata lain, berat badan peserta tidak akan gampang naik alias cenderung stabil.

Namun, hati-hati efek sampingnya

gizi kurang

Meskipun manfaat ginseng Korea ini begitu menggiurkan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sama seperti tanaman herbal pada umumnya, ginseng Korea juga memiliki sejumlah efek samping, Mulai dari sakit kepala, ruam kulit, denyut jantung meningkat, susah tidur, hingga nafsu makan menurun.

Hilangnya nafsu makan akibat konsumsi ginseng Korea sering kali dimanfaatkan untuk mempercepat penurunan berat badan. Namun jika terus-terusan dilakukan tanpa pengawasan, hal ini justru bisa menyebabkan kurang gizi dan membahayakan kesehatan Anda sendiri.

Itulah kenapa, penting bagi Anda untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mencoba mengonsumsi ginseng Korea. Terlebih bagi Anda yang punya riwayat penyakit tertentu, misalnya kanker, endometriosis, atau diabetes. Ginseng Korea yang dikonsumsi tanpa pengawasan dokter dikhawatirkan dapat memperparah penyakit yang Anda idap.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan foto Adele yang terlihat langsing di akun Instagramnya. Nyatanya, penyanyi terkenal ini menjalani sirtfood diet.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Pernahkah Anda sakit perut setelah buka puasa? Bisa jadi ini karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Apa lagi sebab lainnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

diet south beach

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
makan di luar rumah saat pandemi

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020