Manfaat dan Efek Samping 10 Langkah Perawatan Wajah ala Korea Secara Medis

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tak hanya produknya, tren perawatan wajah ala Korea juga selalu ramai dibicarakan. Salah satu tren yang banyak dijadikan acuan untuk memiliki kulit sebening dan semulus orang Korea ialah 10 langkah perawatan kulitnya. Untuk Anda yang masih bertanya-tanya tentang 10 langkah perawatan kulit wajah ala Korea, berikut saya akan membahas manfaat dan efek sampingnya dari segi medis.

Mengenal 10 langkah perawatan wajah ala Korea

manfaat hyaluronic acid adalah

Pada dasarnya, 10 langkah perawatan wajah ala Korea itu dibuat dengan menjabarkan tiga pilar utama perawatan kulit, yaitu:

Membersihkan

Dalam perawatan wajah ala Korea, membersihkan kulit dilakukan dengan 4 tahap, yaitu menggunakan pembersih makeup (makeup remover), sabun wajah (cleansing), scrub (exfoliate), dan toner untuk menghilangkan sisa minyak serta kotoran yang mungkin masih menempel.

Melembapkan

Melembapkan wajah dibagi menjadi 5 tahap, yaitu menggunakan essence, serum, masker, pelembap (moisturizer), dan krim untuk bawah mata. Semuanya ditujukan untuk menghidrasi kulit wajah Anda.

Melindungi

Menggunakan tabir surya adalah langkah terakhir perawatan kulit ala Korea. Jadi, tujuanya adalah melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusak kulit.

Apa saja manfaat jika menerapkan semua langkahnya?

krim muka dari dokter bikin ketagihan

Secara medis, Anda tentu saja bisa mendapatkan manfaat saat menerapkan 10 langkah perawatan wajah ala Korea ini. Hal ini karena semua langkah tersebut memenuhi tiga pilar utama dalam merawat kulit. Oleh sebab itu, kulit Anda bisa menjadi semakin baik dan terawat jika produk yang digunakan juga tepat dan cocok.

Akan tetapi, Anda sebenarnya tidak perlu melakukan semua rangkaiannya untuk mendapatkan manfaatnya. Ingat, poin utamanya yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi. Jadi, menggunakan satu produk saja dari tiap poin sebenarnya sudah cukup bisa memberikan perawatan maksimal untuk kulit wajah.

Saat  tidak menggunakan makeup misalnya, tentu saja Anda tidak perlu menggunakan pembersih khusus sebelumnya. Anda bisa langsung menggunakan sabun pembersih wajah. Setelah itu, Anda juga bisa langsung menggunakan pelembap tanpa perlu menggunakan essence, serum, masker, dan krim bawah mata. Setelahnya, barulah gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusaknya.

Intinya, Anda tidak perlu melakukan semua langkahnya untuk mendapatkan manfaat. Anda tetap bisa memiliki kulit yang sehat dan terawat asal memenuhi tiga pilar utamanya yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi.

Efek samping yang ditimbulkan dari perawatan kulit ini

krim pemutih wajah

Efek samping yang muncul tentu akan berbeda pada tiap orangnya. Misalnya, jika Anda memiliki kulit yang berminyak, maka 10 langkah perawatan wajah ala Korea ini bisa memperparahnya. Jika kulit wajah sudah berminyak, Anda cukup menggunakan moisturizer saja untuk melembapkan kulit tanpa perlu produk lainnya.

Sebaliknya, saat Anda memiliki kulit yang kering dan melakukan eksfoliasi berlebih ditambah lagi dengan menggunakan toner, maka kulit bisa semakin kering. Hal ini karena toner bersifat astringent yang bisa mengeringkan kulit.

Belum lagi jika Anda menggunakan produk yang tidak cocok atau kandungannya terlalu keras, bukan tidak mungkin iritasi atau jerawat bisa muncul. Terlebih, mengaplikasikan 10 langkah perawatan wajah ala Korea tandanya ada banyak produk berbahan kimia yang menumpuk di kulit wajah.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit (Sp.KK) sebelum mencoba tren perawatan kulit yang satu ini. Jangan sampai kulit wajah Anda justru mengalami masalah yang lebih parah hanya karena ikut-ikutan tren. Jika hal ini terjadi,  Anda justru akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaiki wajah yang rusak.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Artikel dari ahli dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Berjemur di pagi hari punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, tetapi aktivitas ini bisa berakibat buruk jika dilakukan tidak sesuai anjuran.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
berjemur di pagi hari
Hidup Sehat, Tips Sehat 3 April 2020

Bolehkah Melakukan Filler Berulang-ulang?

Ketika Anda ingin tampil awet muda, Anda kerap ingin melakukan filler berulang. Namun sebelumnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
filler berulang
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 9 Desember 2019

Suntik Vitamin C untuk Mencerahkan Kulit, Benarkah Aman dan Efektif?

Banyak orang ikut-ikutan melakukan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit tanpa tahu faktanya. Agar tak salah langkah, yuk simak informasi dari ahlinya.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
glass skin
Hidup Sehat, Kecantikan 31 Oktober 2019

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat dan Cara Aman Pakai Skin Care yang Mengandung Asam Aktif

Pemakaian skin care dengan kandungan asam aktif tidak boleh sembarangan. Alih-alih memberikan manfaat untuk kulit, malah bisa merusak kelembapan kulit.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Perawatan Kulit, Kecantikan 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Melindungi Kulit dari Cuaca Ekstrem Saat Ibadah Haji

Calon jemaah haji akan menghabiskan sebagian besar waktu di luar ruangan sehingga perlu melakukan tindakan untuk mencegah kulit terbakar matahari.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
mencegah kulit terbakar matahari
Hari Raya 23 Maret 2020 . Waktu baca 5 menit

Fungsi Produk Skin Care dan Urutan Pemakaiannya Secara Umum

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 5 Februari 2020 . Waktu baca 10 menit

Apakah Gonta-ganti Sabun Pembersih Wajah Bikin Kulit Wajah Rusak?

Tak kunjung menemukan sabun cuci muka yang cocok membuat Anda sering mencoba berbagai produk. Tapi, ternyata ini bisa berdampak bagi kesehatan kulit.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 31 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit