Tak hanya produknya, tren perawatan wajah ala Korea juga selalu ramai dibicarakan. Salah satu tren yang banyak dijadikan acuan untuk memiliki kulit sebening dan semulus orang Korea ialah 10 langkah perawatan kulitnya. Untuk Anda yang masih bertanya-tanya tentang 10 langkah perawatan kulit wajah ala Korea, berikut saya akan membahas manfaat dan efek sampingnya dari segi medis.

Mengenal 10 langkah perawatan wajah ala Korea

manfaat hyaluronic acid adalah

Pada dasarnya, 10 langkah perawatan wajah ala Korea itu dibuat dengan menjabarkan tiga pilar utama perawatan kulit, yaitu:

Membersihkan

Dalam perawatan wajah ala Korea, membersihkan kulit dilakukan dengan 4 tahap, yaitu menggunakan pembersih makeup (makeup remover), sabun wajah (cleansing), scrub (exfoliate), dan toner untuk menghilangkan sisa minyak serta kotoran yang mungkin masih menempel.

Melembapkan

Melembapkan wajah dibagi menjadi 5 tahap, yaitu menggunakan essence, serum, masker, pelembap (moisturizer), dan krim untuk bawah mata. Semuanya ditujukan untuk menghidrasi kulit wajah Anda.

Melindungi

Menggunakan tabir surya adalah langkah terakhir perawatan kulit ala Korea. Jadi, tujuanya adalah melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusak kulit.

Apa saja manfaat jika menerapkan semua langkahnya?

krim muka dari dokter bikin ketagihan

Secara medis, Anda tentu saja bisa mendapatkan manfaat saat menerapkan 10 langkah perawatan wajah ala Korea ini. Hal ini karena semua langkah tersebut memenuhi tiga pilar utama dalam merawat kulit. Oleh sebab itu, kulit Anda bisa menjadi semakin baik dan terawat jika produk yang digunakan juga tepat dan cocok.

Akan tetapi, Anda sebenarnya tidak perlu melakukan semua rangkaiannya untuk mendapatkan manfaatnya. Ingat, poin utamanya yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi. Jadi, menggunakan satu produk saja dari tiap poin sebenarnya sudah cukup bisa memberikan perawatan maksimal untuk kulit wajah.

Saat  tidak menggunakan makeup misalnya, tentu saja Anda tidak perlu menggunakan pembersih khusus sebelumnya. Anda bisa langsung menggunakan sabun pembersih wajah. Setelah itu, Anda juga bisa langsung menggunakan pelembap tanpa perlu menggunakan essence, serum, masker, dan krim bawah mata. Setelahnya, barulah gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusaknya.

Intinya, Anda tidak perlu melakukan semua langkahnya untuk mendapatkan manfaat. Anda tetap bisa memiliki kulit yang sehat dan terawat asal memenuhi tiga pilar utamanya yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi.

Efek samping yang ditimbulkan dari perawatan kulit ini

krim pemutih wajah

Efek samping yang muncul tentu akan berbeda pada tiap orangnya. Misalnya, jika Anda memiliki kulit yang berminyak, maka 10 langkah perawatan wajah ala Korea ini bisa memperparahnya. Jika kulit wajah sudah berminyak, Anda cukup menggunakan moisturizer saja untuk melembapkan kulit tanpa perlu produk lainnya.

Sebaliknya, saat Anda memiliki kulit yang kering dan melakukan eksfoliasi berlebih ditambah lagi dengan menggunakan toner, maka kulit bisa semakin kering. Hal ini karena toner bersifat astringent yang bisa mengeringkan kulit.

Belum lagi jika Anda menggunakan produk yang tidak cocok atau kandungannya terlalu keras, bukan tidak mungkin iritasi atau jerawat bisa muncul. Terlebih, mengaplikasikan 10 langkah perawatan wajah ala Korea tandanya ada banyak produk berbahan kimia yang menumpuk di kulit wajah.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit (Sp.KK) sebelum mencoba tren perawatan kulit yang satu ini. Jangan sampai kulit wajah Anda justru mengalami masalah yang lebih parah hanya karena ikut-ikutan tren. Jika hal ini terjadi,  Anda justru akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaiki wajah yang rusak.

Baca Juga:

dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK Kulit & Kelamin
Saya adalah seorang spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2016. Selain berpraktik di Erha Derma Center Yogyakarta dan Klinik ...
Selengkapnya
dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK Kulit & Kelamin
Saya adalah seorang spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2016. Selain berpraktik di Erha Derma Center Yogyakarta dan Klinik Ergia Yogyakarta, saya juga merupakan pelatih nasional untuk dermal filler Neauvia Organic dan thread lift Ultra-V yang merupakan bagian dari Regenesis Indonesia.Berbagai ajang pelatihan dan simposium nasional dan internasional sudah saya hadiri. Yang terbaru adalah International Master Course on Aging Science 2018 yang diadakan di Paris, Prancis. Saya telah mendapat sertifikasi dermal filler dari Neauvia Academy Switzerland, Allergan Medical Institue, dan juga Perfectha Paris. Sedangkan untuk thread lift, saya telah tersertifikasi dari Ultra-V Korea.Tidak hanya dermal filler dan thread lift, ketertarikan saya di bidang dermatologi juga meliputi permasalahan jerawat (akne), flek wajah (melasma), serta alergi dan imunologi kulit. Selain itu, passion saya di bidang penyakit menular seksual juga menuntun saya untuk meneliti faktor risiko kandidiasis vagina pada pekerja seks di Banyumas di tahun 2016.Prinsip saya adalah, memberikan pelayanan dan perawatan paripurna terhadapan kesehatan kulit serta kelamin pasien, tidak hanya dari segi estetik, melainkan lebih holistik untuk mencapai hasil yang memuaskan. 
Selengkapnya
Artikel Terbaru