Apa Saja Pilihan Cara untuk Menghilangkan Pembuluh Darah yang Tampak Pada Wajah?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Mungkin sekali atau dua kali, Anda pernah melihat orang dengan pembuluh darah yang tampak jelas di wajah. Kondisi ini dikenal dengan nama telangiektasis, yang punya ciri khas berupa garis tidak beraturan berwarna merah, biru, atau keunguan. Sebenarnya, bisakah telangiektasis diobati? Adakah cara menghilangkan pembuluh darah di wajah seperti ini?

Apa saja gejala dari telangiektasis?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, telangiektasis biasanya memiliki pola yang tidak keruan dengan warna pembuluh darah merah kebiruan atau keunguan. Meski kebanyakan muncul di bagian pipi, pembuluh darah ini juga bisa tampak jelas pada area sekitar mata, hidung, hingga dahi.

Itu sebabnya, ketika diperhatikan dengan saksama maka kulit wajah biasanya tampak agak kemerahan. Sekilas memang terlihat tidak masalah, tapi beberapa orang yang mengalaminya kerap mengeluhkan rasa gatal atau nyeri pada area wajah yang mengalami telangiekstasis.

Beberapa hal berikut ini dapat menandakan adanya kemunculan pembuluh darah di wajah:

  • Kulit gatal
  • Nyeri pada kulit
  • Munculnya garis atau pola merah menyerupai benang pada kulit

Dalam kasus yang parah, telangiektasis bisa berkembang karena berasal penyakit tertentu, seperti sirosis hepatikum, hingga menimbulkan gejala berupa:

  • Mimisan
  • Munculnya darah berwarna merah, hingga kehitaman pada feses
  • Sesak napas
  • Kejang

Selain pada wajah, kemunculan pembuluh darah secara jelas ini juga bisa tampak di kaki, dada, punggung, serta lengan tangan.

Bagaimana cara menghilangkan pembuluh darah di wajah ini?

Pada dasarnya, tidak ada obat yang secara khusus dapat menangani telangiektasis. Perawatan biasanya akan disesuaikan dengan penyebab dan hasil pemeriksaan dokter. Ambil contoh, dokter dapat meresepkan obat oral atau topikal dalam kasus penyakit rosacea.

Akan tetapi, demi alasan penampilan dan keluhan yang mungkin tidak nyaman, ada berbagai pilihan cara menghilangkan pembuluh darah di wajah. Mulai dari terapi laser, skleroterapi, hingga operasi.

Terapi laser termasuk cara menghilangkan pembuluh darah di wajah yang paling mudah. Metode ini dilakukan dengan menargetkan pembuluh darah tertentu, kemudian menutupnya. Anda akan merasakan sedikit sakit, tapi proses pemulihannya terbilang singkat.

Sementara skleroterapi merupakan prosedur penanganan dengan menyuntikkan bahan kimia ke dalam pembuluh darah, sehingga akhirnya mengeras dan perlahan menghilang. Prosedur ini lebih sering dilakukan untuk menghilangkan telangiektasis di kaki.

Terakhir, bisa dilakukan dengan operasi atau pembedahan dengan membantu mengangkat pembuluh darah yang melebar. Sayangnya, nyeri atau sakit yang dialami biasanya cukup terasa dengan proses pemulihan yang tidak sebentar.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca