5 Gerakan Olahraga yang Ampuh untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Postur tubuh berperan penting bagi kesehatan Anda, tak cuma sebatas masalah penampilan fisik. Masalah paling umum yang dapat dirasakan oleh orang-orang dengan postur tubuh yang buruk adalah nyeri di sekitar leher, pundak, dan punggung, selulit, hingga masalah pencernaan. Maka, mulai sekarang Anda perlu memperbaiki postur tubuh yang tidak ideal. Contek caranya di bawah ini

Bagaimana cara memperbaiki postur tubuh?

Secara kasat mata, postur tubuh yang baik dapat dilihat dari cara seseorang berdiri dan duduk. Orang-orang dengan postur yang baik akan mempunyai perawakan yang tegap, tapi tidak kaku, baik saat berdiri maupun duduk. Lihat gambar tengah dari ilustrasi di bawah ini

Ilustrasi postur tubuh yang baik dan buruk (sumber: thephysiocompany.com)

Dilansir dari WebMD, cara terbaik untuk memperbaiki postur tubuh adalah dengan melakukan olahraga yang fokus pada otot inti tubuh, yaitu otot perut dan otot punggung bawah yang terhubung pada tulang belakang dan tulang panggul. Beberapa otot inti menggerakkan tubuh dengan meregangkan, memperpanjang, atau memutar tulang belakang. Sementara otot tubuh lainnya menstabilkan panggul dan tulang belakang.

Yoga dan pilates adalah contoh jenis olahraga yang dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh. Selain kedua itu, gerakan sederhana berikut ini mungkin bisa Anda coba.

1. Bicycle maneuver

Sebelum memulai, bayangkan Anda sedang mengayuh sepeda imajiner di udara. Berbaring telentang, kemudian tekuk lutut dan pastikan seluruh punggung hingga bokong Anda menempel dengan lantai. Taruh kedua tangan di belakang kepala.

Kemudian, tarik salah satu kaki ke dada dan ulurkan kaki lainnya lurus ke depan sehingga kaki membentuk sudut 45 derajat dengan lantai. Tahan perut Anda ke dalam dan jaga badan Anda tetap menempel lantai. Lalu, ganti gerakan dengan satu kaki lainnya. Terus kayuh beberapa kali bergantian kaki. Usahakan badan bagian atas jangan beranjak dari lantai.

2. Pilates roll-up

kenapa sit up tidak efektif bakar lemak perut

Berbaring telentang dengan lutut menekuk, seperti gambar di atas. Angkat lengan dekat dengan lutut. Angkat kepala sedikit demi sedikit mendekati lutut, seperti gerakan “menggulung”, sampai Anda duduk dengan perut yang masih ditahan. Ulangi kembali gerakan tersebut.

3. Crossover crunch

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk mendekati dada. Pastikan seluruh badan bagian belakang menempel lantai, tarik perut ke dalam, dan taruh kedua tangan di belakang kepala. Gerakan kaki seperti mengayuh sepeda (seperti gerakan bicycle maneuver di atas), sementara gerakan kepala dan bahu ke depan menyilang mendekati lutut yang ditekuk. Gerakan kaki dan angkat kepala secara bergantian.

4. Cobra pose

Baringkan badan dengan posisi telungkup. Telapak tangan di samping badan dekat dengan tulang rusuk Anda. Kemudian, angkat kepala dan dada Anda ke atas, sampai terasa otot perut dan tulang belakang tertarik. Jaga tulang pinggul tetap menempel di lantai. Dan, lihat ke atas.

5. Plank

gerakan plank untuk perut rata

Baringkan tubuh Anda dalam posisi tengkurap. Kemudian, angkat badan dan tekuk lengan Anda. Pastikan buka lengan selebar bahu. Posisi kaki jinjit. Tarik otot perut Anda ke dalam. Tahan, dan tatapan lurus ke lantai. Pastikan seluruh tubuh Anda dalam satu garis lurus. Lakukan sampai Anda mulai merasa lelah. Istirahat sebentar, dan ulangi kembali.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca