5 Cara Alami Memutihkan Paha Dalam yang Kusam dan Menggelap

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Gesekan pakaian yang ketat hingga paparan sinar matahari berlebih bisa membuat paha dalam menghitam. Hal ini tentu saja sangat mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Apalagi saat sedang pakai dress atau celana dan rok pendek. Untuk mengatasinya, berikut pilihan cara alami untuk memutihkan kembali warna paha dalam yang menghitam.

Cara alami memutihkan paha dalam

Ada 5 cara alami memutihkan paha dalam yang bisa Anda coba di rumah, seperti:

1. Oleskan lidah buaya

jus lidah buaya

Lidah buaya dikenal efektif melawan peradangan di kulit, serta melembapkan dan menenangkan kulit yang iritasi. Namun ternyata, penelitian yang diterbitkan di Planta Medica juga menemukan khasiat lidah buaya untuk membantu memutihkan area kulit yang berwarna gelap.

Lidah buaya mengandung aloin yang dipercaya mencerahkan kulit. Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba pakai lidah buaya sebagai cara memutihkan paha dalam Anda.

Untuk menggunakannya, gosokkan krim atau gel lidah buaya langsung ke area kulit yang menghitam. Kemudian diamkan hingga menyerap sempurna. Tak perlu membilasnya hingga nanti waktunya Anda mandi.

2. Pakai masker oatmeal dan yoghurt

manfaat makan oatmeal

Anda mungkin sudah sering mendengar khasiat masker oatmeal dan yogurt. Nah ternyata, kombinasi keduanya juga bisa menjadi cara alami buat Anda memutihkan kulit paha dalam yang menghitam.

Gunakanlah jenis oatmeal yang terbuat dari biji gandum yang sudah digiling halus dan diolah sedemikian rupa sehingga berbeda dari yang biasa dimakan. Di pasaran, oatmeal ini disebut dengan oatmeal koloid.

Oatmeal koloid memiliki aktivitas antioksidan dan antiradang yang lebih tinggi serta menyerap sinar UV lebih efektif. Oleh karenanya, oatmeal koloid kerap digunakan untuk membantu mengatasi masalah kulit seperti ruam, eksim, atau gigitan serangga.

Dalam penelitian di Journal Drugs Dermatology, disebutkan oatmeal koloid bisa membantu mencerahkan warna paha dalam yang menggelap terutama karena efek gejala eksim. Di sisi lain, yoghurt mengandung tinggi asam laktat yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campur yoghurt plain (tanpa rasa) dengan oatmeal dalam satu wadah dan aduk rata. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke paha bagian dalam selama kurang 15 menit.

Terakhir bilas bersih dan keringkan area tersebut dengan handuk atau tisu. Ulangi cara ini beberapa kali dalam seminggu sampai mendapatkan hasil yang optimal.

3. Oleskan baking soda

natrium bikarbonat

Baking soda bisa digunakan sebagai eksfoliator untuk mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati.

Untuk memutihkan paha bagian dalam dengan baking soda, cara yang perlu diikuti sangat mudah. Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan air. Kemudian, oleskan tipis-tipis ke area paha dan biarkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas dengan air dan keringkan. Anda bisa mengulangi cara ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Namun, baking soda umumnya terlalu keras untuk kulit sehingga berisiko mengiritasinya. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hari menggunakannya dan peka terhadap efek yang muncul setelah pemakaian.

4. Oleskan minyak kelapa dan air lemon

minyak kelapa pelumas seks

Minyak kelapa dan lemon bisa jadi kombinasi yang tepat untuk mengurangi hiperpigmentasi (penggelapan) di kulit. Lemon mengandung vitamin C yang dikenal mampu membantu mencerahkan kulit. Sementara minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap yang bantu menjaga kulit paha tetap lembut dan kenyal.

Untuk membuat campuran bahan ini, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dan air lemon secukupnya. Kemudian, gosokkan campuran bahan ini ke area paha dan pijat selama kurang lebih 10menit. Setelah itu, bilas area yang berminyak hingga bersih dengan air dan sabun jika perlu.

5. Menggunakan scrub gula

mitos tentang gula

Gula merupakan eksfoliator alami yang bisa ditemukan di dapur Anda. Butirannya yang kasar membantu membuat sel kulit mati mengelupas dengan sendirinya. Maka jika warna kulit paha yang gelap disebabkan oleh penumpukan kulit mati, scrub gula bisa jadi solusi efektif.

Memutihkan paha bagian dalam dengan scrub gula bisa dilakukan dengan cara mencampurnya dengan air lemon dan madu. Aduk ketiga bahan ini hingga tercampur rata kemudian gosok campuran dengan lembut ke paha bagian dalam. Setelah itu, bilas area yang telah digosok dengan air bersih dan keringkan.

Akan tetapi, Anda tak bisa mendapatkan hasil yang instan hanya dengan cara-cara alami ini. Pasalnya, belum banyak penelitian yang menguatkan bahwa bahan alami pasti ampuh untuk mencerahkan paha dalam yang menghitam. Konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp. KK) untuk mendapatkan perawatan yang lebih menjanjikan.

Sumber foto: Elite Daily

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca