Tidur Lebih Nyenyak Dengan Mandi di Malam Hari, Benarkah?

Oleh

Setiap orang memiliki waktu mandi favoritnya masing-masing, apakah itu mandi di pagi hari, sore hari, atau malam hari. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa mandi di malam hari dengan air dingin sangat tidak dianjurkan karena tidak baik untuk kesehatan, namun, karena padatnya aktivitas di pagi dan siang hari, mandi di malam hari tetap menjadi pilihan favorit untuk sekadar membersihkan diri atau membuat badan terasa lebih rileks dan segar sebelum kembali ke tempat tidur. Dan, jika kesibukan tetap memaksa Anda untuk mandi di malam hari, silakan saja. Namun, usahakan Anda menggunakan air hangat saat mandi di malam hari.

Apa manfaat mandi air hangat di malam hari?

Menurut Jessa Gamble, seorang ahli di bidang ilmu tidur yang dikutip huffingtonpost.com, pengaturan suhu tubuh merupakan komponen terbesar dari ritme sirkadian manusia di sepanjang hari. Salah satu perubahan atau transisi suhu tubuh manusia terjadi ketika kita beranjak untuk tidur. Dalam keadaan tersebut, suhu tubuh secara alami akan mengalami penurunan untuk mempersiapkan tubuh kita menuju fase “off” atau tidur setelah melakukan berbagai aktivitas seharian.

Sebuah studi menemukan bahwa saat kita beranjak tidur, tubuh akan mengeluarkan panas melalui kulit. Proses tersebutlah yang membuat tubuh terasa lebih hangat di malam hari. Namun terkadang, perubahan suhu tubuh tersebut tidak terjadi seperti yang seharusnya, sehingga hal tersebut dapat mengganggu kualitas tidur. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan mandi di malam hari menggunakan air hangat; karena ternyata, mandi di malam hari dengan air hangat dapat membantu tubuh kita melakukan proses transisi suhu tubuh dengan mencegah kita dari kehilangan panas terlalu cepat.

Berikut adalah alasan kenapa mandi di malam hari dengan air hangat dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Menurunkan suhu tubuh

Ketika Anda mandi di malam hari dengan air hangat, suhu tubuh Anda akan mengalami penurunan karena tubuh sedang dalam proses persiapan untuk tidur setelah melakukan berbagai aktivitas di pagi dan siang harinya.

Mengurangi ketegangan dan kecemasan

Mandi air hangat sebelum tidur ternyata dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membuat tubuh Anda lebih rileks dan dapat menenangkan otot-otot tubuh.

Melembapkan kulit tubuh

Jika Anda memiliki kulit kering atau gatal yang dapat membuat Anda terjaga dari tidur, cobalah untuk mandi di malam hari dengan air hangat. Karena, hal tersebut dapat membantu tubuh membuka pori-pori dan membantu proses penyerapan kulit. Efek lainnya, body lotion yang akan Anda gunakan esok hari untuk melembapkan kulit yang kering dapat terserap ke dalam tubuh dengan baik.

Membantu meredakan sinusitis dan alergi

Mandi air hangat dan berganti pakaian sebelum beranjak tidur dapat menghilangkan zat alergen dan membuka saluran hidung untuk meredakan sinusitis.

Membersihkan paru

Sinusitis dan akumulasi lendir dapat menyebabkan saluran hidung tersumbat sehingga dapat mengganggu tidur. Mandi air hangat sebelum tidur ternyata dapat membantu tubuh membersihkan paru-paru dari iritasi, membantu mengalirkan lendir dari hidung, dan mencegah terjadinya batuk di malam hari yang dapat mengganggu tidur.

Membantu migrain

Mandi di malam hari dengan mengguyurkan air hangat di atas kepala dan leher selama 30 detik ternyata dapat mengendurkan otot-otot dan saraf tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi migrain atau sakit kepala yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Membantu Anda terbebas dari tungau debu

Tungau debu adalah hama berbahaya yang dapat menyebabkan segala macam masalah kulit gatal dan dapat mengganggu tidur. Untuk itu, mandi di malam hari selain membuat tubuh Anda bersih, ternyata juga dapat membantu Anda terbebas dari tungau debu.

Jadi, jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur dan ingin membuat tidur Anda lebih nyenyak, cobalah untuk mandi dengan air hangat di malam hari!

Selamat mencoba!

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca