Kenapa Pindah Tempat Tinggal Bikin Kita Gampang Sakit?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19 Desember 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda merasa jadi gampang sakit saat pindah tempat tinggal? Mungkin sebagian orang pernah mengalami ini. Biasanya sakit yang dialami memang tidak mengkhawatirkan, misalnya kena flu, pilek, alergi, atau sakit kepala. Namun, sebenarnya apa penyebabnya? Apakah ini hal yang wajar?

Pindah tempat tinggal bikin gampang sakit

Banyak orang jadi gampang sakit saat bepergian atau pindah tempat tinggal ke kota atau negara lain. Ini mungkin membuat Anda bingung, apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh kita saat pindah ke tempat baru? Nah, ini dia berbagai kemungkinan penyebab Anda jadi mudah sakit.

1. Adaptasi dengan lingkungan baru

Faktor lingkungan juga berpengaruh pada kesehatan Anda. Ketika Anda pindah, lingkungan baru pasti berubah. Ini termasuk mikroba yang ada di sekeliling Anda.

Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Nah, saat adaptasi ini tubuh jadi bisa gampang sakit.

Terlebih lagi jika Anda pindah ke tempat yang cuaca atau suhunya sangat berbeda. Sebagai contoh, Anda pindah ke kota yang lebih dingin dari tempat Anda sebelumnya, Anda mungkin jadi lebih gampang terkena penyakit. Sama halnya saat musim pancaroba atau peralihan musim.

Peralihan musim ini bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Udara dingin dapat menghambat kerja protein khusus yang berfungsi melawan dan menghambat penyebaran virus. Maka, sistem imun tidak bisa bekerja secara maksimal.

2. Stres

Menyiapkan proses pindah ke negara atau kota baru mungkin membuat Anda stres, apalagi jika harus menyiapkannya seorang diri atau dalam waktu yang singkat. Banyak pikiran dan hal-hal yang harus diurus sebelum pindah juga membuat Anda lelah dan akhirnya membuat stres. Selain itu, lingkungan baru yang penuh tantangan baru bisa memicu stres.

Stres ini bisa menjadi penyebab utama Anda gampang sakit saat pindah ke kota atau negara lain. Saat stres, tubuh merangsang sistem imun untuk bekerja. Namun, jika Anda mengalami stres yang cukup lama ini dapat menghambat kerja sistem imun dalam melawan infeksi, sehingga Anda jadi gampang sakit.

3. Perbedaan waktu

Perbedaan waktu di setiap negara atau bahkan kota bisa memengaruhi aktivitas Anda, yang akhirnya menganggu jam biologis tubuh. Jam biologis tubuh manusia berguna untuk mengatur jadwal kerja sistem tubuh, termasuk jadwal tidur.

Ya, jadwal tidur Anda bisa terganggu dan akhirnya membuat Anda kelelahan, sulit kosentrasi, dan selalu mengantuk berat yang akhirnya membuat Anda gampang sakit.

4. Tidak cocok dengan makanan atau minuman di tempat baru

Tempat baru berarti makanan dan minuman khas di sekitar Anda juga baru. Mencoba makanan atau minuman yang baru mungkin bisa memicu reaksi alergi. Hal ini karena Anda belum mengenal bahan atau kandungan yang ada pada makanan tersebut.

Untuk itu, Anda perlu lebih berhati-hati dan mencari tahu kandungan makanan yang akan Anda makan. Sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda sehingga Anda bisa mencegah alergi terjadi. Misalnya Anda tidak doyan pedas, pastikan makanan yang Anda beli tidak terlalu banyak cabainya. Atau kalau Anda alergi seafood, pilih makanan yang sudah pasti aman seperti ayam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

daya tahan tubuh lemah

Berbagai Penyakit yang Sering Menyerang Ketika Daya Tahan Tubuh Lemah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 26 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit
daya tahan tubuh usia

Daya Tahan Tubuh Kita Makin Menurun Setelah Usia 25

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 5 Juni 2017 . Waktu baca 4 menit