Kenapa Ada Orang yang Hilang Ingatan Setelah Mabuk Alkohol?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Alkohol dapat menimbulkan sejumlah efek pada tubuh, termasuk menyebabkan hilang ingatan setelah mabuk. Kondisi yang umum disebut sebagai blackout ini biasanya terjadi jika seseorang mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan bagi Anda yang hanya minum alkohol dalam jumlah sedikit dapat mengalaminya juga. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab hilang ingatan setelah mabuk

Blackout terjadi saat Anda mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan menyebabkan kadar alkohol darah meningkat. Umumnya, Anda akan mengalami blackout saat kadar alkohol dalam darah mencapai lebih dari 14%. Namun, beberapa orang dapat mengalami kenaikan kadar alkohol darah lebih cepat sehingga rentan terhadap kondisi ini. 

Saat mengalami blackout, Anda tidak serta-merta kehilangan kesadaran seperti saat tidur. Anda justru akan tetap berinteraksi dengan banyak orang, minum lebih banyak alkohol, atau bahkan melakukan kegiatan berbahaya seperti berkendara, menghabiskan uang, perilaku seksual berisiko, hingga menghancurkan barang.

Anda tidak akan mengingat semua perilaku ini karena alkohol mengganggu pengaturan ingatan jangka panjang dan jangka pendek pada otak. Dampaknya, otak Anda tidak dapat memasukkan hal-hal yang telah Anda lakukan tersebut ke dalam ingatan. Fungsi otak dalam mengolah memori baru akan kembali normal begitu efek alkohol menghilang dan Anda kembali sadar.

Selain blackout yang membuat Anda hilang ingatan seutuhnya setelah mabuk, ada pula kondisi yang disebut brownout. Orang yang mengalami brownout tidak bisa mengingat beberapa peristiwa saat mabuk, tapi masih dapat mengingat peristiwa lain yang ia alami. Ingatan tentang peristiwa selama mabuk juga lebih mudah muncul bila dipancing, misalnya melalui percakapan.

Bukan sekadar hilang ingatan, ini dampak yang bisa terjadi

Blackout tidak akan terjadi selama Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang wajar. Kondisi ini juga tidak bisa digunakan untuk menentukan apakah seseorang memiliki masalah ketergantungan alkohol.

Namun, waspadalah apabila Anda berulang kali mengalami hilang ingatan setelah mabuk alkohol. Ini bisa menjadi tanda bahwa Anda cenderung mengonsumsi alkohol di luar kemampuan tubuh Anda.

Hilang ingatan setelah mabuk alkohol juga dapat menimbulkan dampak yang lebih buruk, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Perilaku berisiko yang Anda lakukan bisa saja mengakibatkan cedera, trauma psikologis, masalah keuangan, hingga infeksi menular seksual jika terjadi perilaku seksual berisiko yang tidak disadari. Selain itu, saat blackout Anda akan mengalami kesulitan untuk berdiri, berjalan, berbicara hingga melihat. 

Dampak jangka panjang yang dapat timbul akibat blackout biasanya berkaitan dengan kebiasaan minum alkohol secara berlebihan dalam jangka waktu lama. Gangguan ingatan, keracunan alkohol, kecanduan alkohol, hingga kerusakan otak adalah beberapa contohnya.

Cara mencegah hilang ingatan akibat minum alkohol

Kunci utama dalam mencegah blackout adalah membatasi konsumsi alkohol agar tidak berlebihan. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan tips berikut:

  • Menghindari kebiasaan binge-drinking. Kebiasaan ini ditandai dengan konsumsi alkohol sebanyak 5 gelas atau lebih pada laki-laki selama dua jam, atau sebanyak 4 gelas atau lebih pada perempuan dalam jangka waktu yang sama.
  • Minum secara perlahan dengan cara menyesap.
  • Minum segelas air putih untuk membatasi konsumsi alkohol.
  • Makan hidangan berat sebelum dan selama mengonsumsi alkohol.

Hilang ingatan setelah mabuk alkohol tidak hanya akan berdampak pada masalah perilaku, tapi juga kesehatan Anda. Jadi, Anda perlu lebih bijak dalam mengonsumsi minuman ini, bahkan membatasinya demi kesehatan tubuh Anda di kemudian hari.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca