Kupas Tuntas 4 Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Malaria

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16/10/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Lebih dari 6.000 orang setiap tahunnya meninggal akibat penyakit malaria. Malaria merupakan sebuah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh parasit dari nyamuk Anopheles. Jika nyamuk tersebut menggigit Anda, parasit Plasmodium penyebab malaria bisa ditularkan dan dilepaskan ke dalam aliran darah Anda.

Sayangnya, masih ada beberapa mitos tentang malaria yang tersebar dan harus diketahui pada masyarakat. Jika tidak, kesalahan akibat mempercayai mitos malaria itu bisa membuat korban malaria bertambah banyak. Apa saja mitos tentang malaria yang harus diketahui? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mitos tentang malaria yang salah besar dan faktanya

1. Anda baru periksa ke dokter kalau malaria sudah parah saja

Faktanya, malaria adalah penyakit yang mematikan. Penyakit ini bisa dengan cepat menyebabkan hilangnya kesadaran, kejang, syok, gagal ginjal, serta sulit bernapas.

Jika Anda sudah mengalami gejala terkena malaria, pengobatan perlu diperhatikan dalam kurun waktu empat minggu. Bahkan jika Anda merasa sudah sehat dan membaik, Anda masih harus tetap waspada. Pasalnya, malaria masih bisa berkembang dalam tubuh Anda tanpa disadari.

2. Jika Anda sudah pernah kena malaria, Anda jadi kebal dan tidak akan kena lagi

Faktanya, kalau Anda sudah terkena malaria sekali atau bahkan dua kali, hal itu tidak akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda terhadap penyakit ini. Ini berarti Anda masih bisa kena malaria lagi selama tidak diobati atau dicegah secara berkala. Apalagi bila Anda tinggal di wilayah persebaran nyamuk dan parasit penyebab malaria. 

3. Mitosnya, makan atau menaruh bawang putih di sekitar Anda akan mengusir nyamuk penyebab malaria

Jangan percaya dengan mitos ini! Beberapa orang percaya, kalau makan makanan berbau menyengat seperti bawang putih atau sekadar menaruhnya di dekat tempat tidur bisa mengusir nyamuk penyebab malaria.

Sayangnya, belum ada bukit ilmiah yang bisa mematenkan mitos tentang malaria tersebut. Ada baiknya, Anda fokus pada usaha mencegah dengan menggunakan krim atau semprotan antiserangga. Anda juga bisa menggunakan kelambu pada malam hari guna mencegah gigitan nyamuk penyebab malaria.

4. Obat malaria bisa membuat Anda berhalusinasi

Mitos tentang malaria yang satu ini tidak selalu benar. Namun, diakui memang kalau obat malaria bisa menimbullkan berbagai efek samping. Khusunya obat mefloquine, yang dapat menyebabkan perubahan sistem saraf dan efek kesehatan mental. Tetapi, efek samping demikian hanya terjadi dalam beberapa kasus yang kecil saja. 

Siapa saja yang berisiko terkena malaria?

Semua orang dari segala jenis kelamin, usia, dan berbagai kondisi kesehatan pun berisiko terkena malaria. Biasanya ibu hamil, bayi, anak kecil, dan orang tua rentan terserang malaria karena kekebalan imun tubuh mereka yang melemah.

Berpergian ke tempat atau daerah endemis atau yang banyak mengalami kasus malaria, hal itu  juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena. Sebelum berpergian, penting untuk mengetahui risiko daerah mana yang banyak mengalami kasus malaria. Anda juga disarankan untuk berkonsultasi pada dokter untuk meminta obat atau pencegahan sebelum berpergian.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 mins read

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . 3 mins read
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read