Nama Generik: Cascara

Manfaat

Untuk apa cascara?

Cascara adalah herbal yang terbuat dari kulit buah kopi. Bentuknya mirip ceri dan sering dijadikan sebagai minuman kopi atau teh. Cascara adalah tanaman yang berfungsi sebagai pencahar untuk sembelit, serta pengobatan untuk batu empedu, penyakit liver, dan kanker. Beberapa orang menggunakannya sebagai “tonik pahit.” Saat ini, Anda dapat membeli cascara sebagai suplemen diet, tapi bukan sebagai obat.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa cascara adalah kulit buah yang mengandung sifat pencahar yang merangsang usus.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk cascara untuk orang dewasa?

Sebagai pencahar untuk sembelit, Anda biasanya dapat menggunakan cascara sebanyak 20-30 mg per hari. Dosis standar menggunakan cascara adalah secangkir teh, yang dibuat dengan seduhan 2 gram cascara kering yang dicincang halus. Setelahnya, silakan dicampur dengan 150ml air mendidih selama 5-10 menit, aduk dan kemudian dikonsumsi. Ekstrak cascara cair bisa digunakan dalam dosis 2-5 mL tiga kali sehari.

Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja cascara tersedia?

Cascara adalah salah satu tanaman herbal yang dapat tersedia dalam bentuk kapsul, ekstrak cairan, teh, atau sirup.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh cascara?

Cascara dapat menyebabkan beberapa efek samping termasuk:

  • Mual, muntah, diare, kram perut, dan ketergantungan pencahar.
  • Pada dosis tinggi dan penggunaan jangka panjang, cascara dapat menyebabkan pelunakan tulang (osteomalacia), darah dalam urine (hematuria), atau albumin dalam darah (albuminuria) yang menunjukkan aktivitas ginjal yang buruk.
  • Ketidakseimbangan cairan dan elektrolit (pada dosis tinggi dan penggunaan diperpanjang)
  • Urine berwarna merah muda atau oranye.

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi cascara?

Periksalah penyebab sembelit: apakah serat, cairan, atau olahraga yang hilang dari gaya hidup anda. Periksa adanya kram, perdarahan rektum, mual, dan muntah. Jika gejala ini terjadi, hentikan penggunaan cascara.

Hindari penggunaan jangka panjang cascara karena dapat menyebabkan hilangnya tonus usus.
Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Sebelum mengonsumsi, periksa dahulu apa yang menjadi penyebab dari sembelit Anda. Karena biasanya cascara digunakan sebagai pencahar akibat susah buang besar. Ketahui juga, apakah serat, cairan, atau olahraga yang hilang dari gaya hidup dan menjadi penyebab Anda terkena sembelit.

Periksa juga adanya kram, perdarahan rektum, mual, dan muntah. Jika gejala ini terjadi, hentikan penggunaan cascara. Hindari penggunaan jangka panjang cascara karena dapat menyebabkan hilangnya tonus usus (yang mengatur kontraksi pada usus).

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah cascara?

Penggunaan cascara tidak dianjurkan pada anak-anak, atau mereka yang sedang hamil atau menyusui sampai penelitian lebih lanjut tersedia. Cascara mungkin tidak aman ketika diminum saat menyusui. Cascara dapat masuk ke ASI dan dapat menyebabkan diare pada bayi menyusui.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi cascara?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Cascara dapat berinteraksi dengan banyak obat, jamu dan tes seperti:

  • Obat stimulan pencahar
  • Pil air
  • Obat yang diminum
  • Obat untuk radang
  • Tes serum dan estrogen
  • Tes tingkat kalium

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 6, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 6, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan