Ternyata, Ini Alasan Kenapa Bulu Kuduk Merinding Saat Cuaca Dingin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 6 April 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bulu kuduk Anda mungkin berdiri ketika merasa takut atau mendengar cerita horor yang menyeramkan. Namun, banyak orang yang juga mengalaminya ketika berada di tempat yang dingin. Lalu, kenapa ya tubuh otomatis merinding saat merasa dingin?

Alasan tubuh merinding saat dingin

Merinding adalah kondisi yang membuat rambut di lengan, kaki, ataupun dada berdiri sehingga menampakkan tonjolan pada kulit. Dalam medis, keadaan ini disebut piloerection, cutis anserina, serta horripilation, dan lebih dikenal dengan sebutan  ‘merinding’. Akan tetapi, kenapa ya kedinginan bisa menyebabkan tubuh kita merinding?

1. Suhu yang ekstrim

Mungkin Anda sering tiba-tiba merinding saat cuaca dingin. Tak perlu takut dulu sebab hal ini wajar terjadi. Suhu dingin merangsang otot-otot kecil pada setiap folikel rambt berkontraksi. Jadi, rambut-rambut halus pada lengan, kaki, atau punggung menjadi berdiri.

Justru, ini adalah respon yang muncul untuk memberitahu Anda bahwa tubuh sedang merasakan suhu dingin yang cukup ekstrem hingga akhirnya merinding. 

2. Demam

Ketika demam Anda mungkin akan lebih sering merinding. Pasalnya, demam adalah respon tubuh terhadap suhu dingin yang cukup ekstrem. Jadi, ketika Anda mengalami kedinginan, tubuh akan berusaha menaikkan suhu normal supaya fungsi organ tetap berjalan dengan baik.

Nah, saat tubuh menaikkan suhu ini, demam akhirnya terjadi. Maka itu, Anda mungkin akan merasa merinding dan menggigil pada awalnya.

Cara mengatasi merinding saat dingin

Dingin karena merinding sebenarnya bisa membuat badan kita tidak nyaman. Oleh karena itu, hal tersebut dapat diatasi jika kita mau mengikuti cara-cara alami berikut ini:

1. Hangatkan diri

Demi mengatasi badan yang merinding karena kedinginan, usahakan untuk berpindah ke tempat yang lebih hangat, memakai pakaian yang tebal, atau mandi dengan air hangat. Cara-cara ini dapat mengembalikan suhu badan normal dan membiarkan otot-otot di sekitar rambut halus menjadi lebih rileks.

2. Manfaatkan buah dan sayur

Salah satu cara untuk mengatasi situasi ini adalah dengan memanfaatkan buah dan sayur. Kupaslah kulit mangga dan rebus buahnya. Setelah direbus dan didinginkan, usapkan pada kulit yang merinding akibat dingin selama kurang lebih dua minggu.

Selain mangga, kita juga dapat menggunakan air dari bayam, anggur, stroberi, wortel, atau jeruk. Peraslah buah-buahan tersebut dengan juicer atau tangan, lalu oleskan di area yang terkena sekitar 3-4 kali per hari selama dua minggu. Jus ini dapat membantu mengatasi rasa merinding karena dingin.

3. Gunakan oatmeal

Pasta oatmeal juga dapat membantu untuk meringankan rasa merinding akibat dingin yang terjadi di kulit kita. Pertama-tama, siapkan air hangat pada bak mandi kita lalu taburkan oatmeal di dalamnya, dan tunggu hingga meresap. Mulailah dengan 8-10 cangkir oatmeal yang akan dicampur dengan air mandi kita.

Jika pengobatan alami ini tidak berhasil mengatasi merinding pada diri kita, cobalah untuk membeli obat-obatan yang dapat diperoleh di apotek terdekat. Pertimbangkan juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis dermatologi di sekitar Anda. Rasa merinding ini bisa saja terjadi bukan karena kedinginan, melainkan juga disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang mesti dikonsultasikan ke dokter. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sarcoidosis

Sarcoidosis merupakan salah satu penyakit peradangan yang belum diketahui pasti apa penyebabnya. Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 24 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Tipes (Demam Tifoid)

Tipes sering juga disebut sebagai demam tifoid. Cari tahu penyebab, ciri-ciri tipes, dan juga obatnya bagi Anda dan keluarga di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 23 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Anaplasmosis

Anaplasmosis bisa menyerang manusia yang terkena gigitan kutu dari hewan ternak. Apa dampak penyakit ini? Bagaimana cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit Infeksi, Infeksi Akibat Serangga 15 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Rhabdomyolysis

DefinisiApa itu rhabdomyolysis? Rhabdomyolysis adalah sebuah kondisi yang terjadi saat otot mengalami kerusakan. Kerusakan ini melepaskan pigmen mioglobin dari otot ke dalam darah. Ginjal dalam kondisi normal biasanya ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 10 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

stomatitis adalah

Stomatitis

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Keracunan Matahari

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat demam atau panas anak

Obat Demam Anak yang Ampuh untuk Menurunkan Panas

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 31 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Demam Scarlet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit