5 Tips Mengasah Kemampuan Mengingat Anak dengan Down Syndrome

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Down syndrome adalah cacat genetik yang menyebabkan kelainan pada fisik dan ketidakmampuan untuk belajar. Biasanya, anak yang didiagnosis mengalami kondisi ini akan terlambat berbicara dan sulit untuk mengingat dengan baik. Sebagai orangtua, Anda jangan berkecil hati. Anda bisa mempertajam kemampuan mengingat anak down syndrome dengan tips berikut ini.

Tips mengasah kemampuan mengingat anak down syndrome

Anak-anak biasanya sangat aktif mempelajari banyak hal. Sayangnya, anak dengan down syndrome mengalami kesulitan untuk mengingat.

Daya ingat berhubungan erat dengan fungsi otak dalam menyimpan dan memproses memori yang penting untuk kehidupan sehari, contohnya mengolah kata.

Kesulitan mengingat inilah yang membuat anak jadi sulit menerima dan menyampaikan informasi. Akibatnya, ia pun kesulitan berkomunikasi dan bersosialisasi.

Menurut Julie Hughes pada laman Down Syndrome Educational International terdapat beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan mengingat anak dengan down syndrome, di antaranya:

1. Atasi masalah pendengaran yang dialami anak

dokter anak

Jika si kecil memiliki gangguan pendengaran, ini akan akan mempersulitnya belajar untuk mengingat. Anak mungkin dapat melihat gerak bibir, namun sulit menangkap suara dari kata-kata yang Anda keluarkan.

Oleh karena itu, orangtua perlu bekerja sama dengan dokter untuk menangani masalah pendengaran yang dimiliki anak. Selain itu, kurangi kebisingan di sekitar supaya si kecil dapat mendengar suara Anda lebih jelas.

2. Ajari anak untuk membedakan bunyi saat berbicara

Langkah selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan mengingat anak down syndrome adalah mengajarinya membedakan beragam bunyi suatu kata.

Ini dimulai dengan mendorong anak untuk mengoceh dengan mengajaknya mengobrol. Ikuti bunyi yang dikeluarkan anak supaya ia terus mengingat bunyi tersebut. Selanjutnya, kenalkan bunyi baru untuk meningkatkan bunyi-bunyian yang dikuasai.

Anda bisa mengenalkan berbagai bunyi hewan atau benda-benda di sekeliling. Setelah memasuki usia satu tahun, anak biasanya mulai bisa menyalin kata-kata tertentu yang memiliki makna, contohnya susu.

Perhatikan juga bagaimana Anda membentuk bibir saat berbicara untuk membantu anak membedakan suara, contohnya, saat mengucapkan kata ‘susu’. Ucapkan kata ini dengan mulut mengerucut dengan penggalan jeda yang jelas “su-su”.

Agar anak tidak salah mengenal kata, Anda harus membedakan setiap kata yang diucapkan. Ingat, ada banyak kata yang terdengar hampir sama, seperti susu dengan kuku atau pipi dengan bibi.

Selain melalui percakapan, Anda juga bisa mengajari hal ini dengan permainan. Anda juga bisa memasukkan anak ke preschool yang sesuai usia dan kebutuhannya.

Anak akan lebih banyak mengikuti kelas mengeja, mendengar, dan membaca sehingga kemampuan anak down syndrome untuk mengingat jadi lebih terasah.

3. Pasang trik supaya anak bisa fokus

cara mendidik anak agar mandiri dan berani

Selain masalah mendengar, anak dengan down syndrome juga sulit untuk memfokuskan diri pada suatu hal. Ini sebabnya anak down syndrome memiliki kemampuan untuk mengingat yang buruk. Untuk meningkatkan perhatian si kecil, Anda perlu melakukan tatapan langsung pada si kecil saat berbicara.

Cobalah untuk sejajarkan wajah Anda dengan anak. Hadapkan wajah Anda sambil memegang sisi bahunya dan ucapkan kata-kata maupun informasi yang ingin Anda sampaikan.

Bila Anda sudah mendapatkan perhatian penuh si kecil, minta ia duduk berdiam diri dan mengikuti setiap kata yang Anda utarakan.

Anda bisa menyelipkan permainan, contohnya memilih barang. Tunjukkan dua benda berbeda seperti jeruk dan cokelat lalu ajukan pertanyaan sederhana, “Coba pilih mana yang rasanya manis?”

Pada awal latihan mungkin si kecil akan beberapa kali mengalihkan perhatiannya dari Anda. Namun, jika hal ini sering dilakukan, anak Anda lama-kelamaan akan terbiasa. Anda bisa menilai berhasil atau tidaknya cara ini dengan melihat respons anak; apakah si kecil menerima perintah Anda atau tidak.

4. Mengajarkan anak untuk mengingat lebih banyak

manfaat baca buku untuk anak

Supaya kemampuan anak down syndrome dalam mengingat meningkat, tips selanjutnya adalah mengajarinya untuk mengingat banyak hal. Anda bisa meminta anak mengingat nama hewan, nama buah, angka, dan kata-kata baru. Kegiatan ini bisa Anda lakukan lewat kegiatan membaca buku bersama ,memainkan alat musik, atau menyanyikan lagu bersama.

5. Lakukan ini setiap hari

menjelaskan mimpi basah anak

Untuk hasil yang optimal, diharapkan Anda terus melakukan tips-tips tersebut setiap hari. Semakin banyak anak belajar, semakin membuka peluang baginya untuk memiliki kemampuan mengingat yang lebih baik meskipun punya down syndrome.

Jika Anda mendapat kesulitan untuk mengajari hal ini pada si kecil, jangan berkecil hati. Lakukan konsultasi pada dokter atau terapis untuk mendapatkan bantuan perawatan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca