Terconazole Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Terconazole Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Terconazole digunakan?

Terconazole adalah obat untuk mengobati infeksi jamur vagina. Terconazole mengurangi rasa  terbakar pada vagina, gatal, dan menghentikan kondisi lain yang mungkin terjadi. Obat ini adalah antijamur azol. Terconazole bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan ragi (jamur) yang menyebabkan infeksi.

Bagaimana aturan pakai obat Terconazole?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Produk ini digunakan pada vagina saja. Mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan. Hindari kontak dengan mata. Jika masuk ke mata Anda, segera cuci dengan banyak air. Hubungi dokter jika iritasi mata berlanjut.

Gunakan produk ini biasanya sekali sehari sebelum tidur selama 3 atau 7 hari (tergantung pada produk) atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda . Dosis dan lamanya pengobatan didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan.

Pelajari semua persiapan dan penggunaan petunjuk dalam brosur. Jika menggunakan krim, gunakan aplikator. Jika menggunakan supositoria, Anda dapat menggunakan aplikator atau jari Anda untuk memasukkannya. Buka supositoria sebelum digunakan. Ikuti petunjuk pada produk bagaimana mengisi aplikator dengan krim atau dengan supositoria. Berbaring telentang dengan lutut ke arah dada. Masukkan aplikator atau supositoria ke dalam vagina sejauh Anda masih merasa nyaman. Perlahan tekan plunger aplikator untuk melepaskan obat. Bersihkan aplikator dengan air sabun hangat, bilas hingga bersih, dan keringkan. Jika area di sekitar bagian luar vagina (vulva) juga terasa gatal/terbakar, Anda juga dapat mengaplikasikan krim Terconazole sekali sehari ke area tersebut.

Gunakan terus obat ini setiap hari hingga jumlah yang ditentukan selesai, bahkan jika Anda  merasa gejala telah hilang setelah 1 hingga 2 hari. Menghentikan obat terlalu cepat memungkinkan jamur untuk terus tumbuh, yang dapat mengakibatkan kembalinya infeksi.

Anda dapat menggunakan produk ini selama periode menstruasi Anda. Tapi jangan menggunakan tampon atau douche (semprotan pembersih vagina) saat menggunakan obat ini. Anda boleh menggunakan pembalut untuk menstruasi Anda atau untuk melindungi pakaian Anda dari kebocoran obat.

Bagaimana cara menyimpan Terconazole?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Terconazole?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek Terconazole pada anak-anak. Keamanan dan kemanjuran belum ditentukan.

Lansia

Studi yang tepat dilakukan sampai saat ini belum menunjukkan masalah geriatri khusus yang akan membatasi kegunaan Terconazole pada lansia.

Apakah obat Terconazole aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Terconazole yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan Terconazole vaginal dan hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • Vagina terasa terbakar atau iritasi parahDemam, menggigil, gejala flu

Efek samping yang kurang serius, mungkin termasuk:

  • Sakit kepala
  • Kram menstruasi

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Terconazole?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Terconazole?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Terconazole?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda selalu memberi tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Terconazole untuk dewasa?

Supositoria vagina: 1 supositoria dalam vagina sekali sehari sebelum tidur selama 3 hari berturut-turut

0,8 % krim vagina: 1 applicator penuh dalam vagina sekali sehari sebelum tidur selama 3 hari berturut-turut

0,4 % krim vagina: 1 applicator dalam vagina sekali sehari sebelum tidur selama 7 hari berturut-turut

Berapa dosis obat Terconazole untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditentukan pada pasien anak kurang dari 18 tahun.

Dalam dosis dan sediaan apa Terconazole tersedia?

Krim, vaginal: 0,4% (45 g); 0,8% (20 g)

Supositoria, vaginal: 80 mg (3 ea)

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Yang juga perlu Anda baca