Nama Generik: Doxylamine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa doxylamine?

Doxylamine adalah sebuah antihistamine, digunakan untuk mengurangi gejala alergi, alergi serbuk bunga, dan pilek. Obat ini bekerja dengan menghalangi zat alami tertentu (histamine, acetycholine) yang dibuat tubuh Anda. Efeknya membantu mengurangi gejala alergi/pilek seperti mata berair, hidung berair, dan bersin.

Produk batuk pilek belum terbukti aman atau efektif pada anak-anak kurang dari 6 tahun. Oleh karena itu, jangan gunakan produk ini untuk mengatasi gejala pilek pada anak-anak kurang dari 6 tahun kecuali diarahkan khusus oleh dokter. Jangan berikan tablet 25 mg pada anak-anak kurang dari 12 tahun, kecuali diarahkan dokter Anda. Tanyakan pada dokter atau apoteker Anda untuk detail lebih lanjut tentang penggunaan produk dengan aman.

Produk ini tidak menyembuhkan atau memperpendek jarak pilek dan dapat menyebabkan efek samping serius. Untuk mengurangi risiko efek samping serius, ikuti dengan baik semua petunjuk obat. Jangan gunakan produk ini untuk membuat anak tidur. Jangan berikan obat batuk pilek lain yang dapat mengandung bahan yang sama atau mirip (lihat juga bagian Interaksi Obat). Tanyakan dokter atau apoteker Anda tentang cara lain untuk mengurangi gejala batuk dan pilek (seperti minum cukup cairan, menggunakan pelembap, atau tetes hidung saline).

Bagaimana cara penggunaan doxylamine?

Gunakan obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan. Ikuti petunjuk penggunaan obat pada label, atau gunakan sesuai petunjuk dokter Anda. Obat ini dapat digunakan dengan makanan atau susu jika terjadi sakit perut.

Jika Anda menggunakan bentuk kunyah, kunyah sepenuhnya dan kemudian telan.

Jika Anda menggunakan bentuk cairan, ukur dosis dengan baik menggunakan alat pengukur/sendok khusus. Jangan gunakan sendok rumahan karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang tepat.

Jangan gunakan obat lebih dari yang direkomendasikan atau menggunakannya lebih sering tanpa berkonsultasi dengan dokter. Dosis Anda berdasarkan usia, kondisi medis, dan respon terhadap terapi.

Bagaimana cara penyimpanan doxylamine?

Obat ini sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini dapat memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk Anda, atau tanyakan kepada apoteker Anda. Jauhkan obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis doxylamine untuk orang dewasa?

Dosis Biasa Dewasa untuk Alergi Rhinitis

Doxylamine 5 mg tablet oral, bisa dikunyah:
10 mg secara oral setiap 4-6 jam tidak melebihi 6 obat setiap hari.

Dosis Biasa Dewasa untuk Alergi Konjungtivitis

Doxylamine 5 mg tablet oral, bisa dikunyah:
10 mg secara oral setiap 4-6 jam tidak melebihi 6 obat setiap hari.

Dosis Biasa Dewasa untuk Insomnia

12 tahun dan lebih tua: 25 mg secara oral 30 menit sebelum tidur
Dosis maksimal: Gunakan sekali setiap hari atau sesuai petunjuk dokter

Catatan: Jangan gunakan 25 mg doxylamine pada anak-anak di bawah 12 tahun

Bagaimana dosis doxylamine untuk anak-anak?

Dosis Biasa Anak-anak untuk Alergi Rhinitis

Doxylamine 5 mg tablet oral, bisa dikunyah:
12 tahun atau lebih tua: 10 mg secara oral setiap 4-6 jam tidak melebih 6 obat setiap hari
6 -12 tahun: 5 mg secara oral setiap 4-6 jam tidak melebihi 6 obat setiap hari

Dosis Biasa Anak-anak untuk Alergi Konjungtivitis

12 tahun atau lebih tua: 10 mg secara oral setiap 4-6 jam tidak melebih 6 obat setiap hari
6 -12 tahun: 5 mg secara oral setiap 4-6 jam tidak melebihi 6 obat setiap hari

Dalam dosis apakah doxylamine tersedia?

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena doxylamine?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki:

  • bingung, halusinasi
  • pusing berat atau ngantuk
  • buang air kecil sedikit atau tidak bisa

Efek samping umum bisa termasuk:

  • penglihatan kabur
  • mulut, hidung, atau tenggorokan kering
  • sembelit
  • pusing ringan atau ngantuk

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan doxylamine?

Sebelum menggunakan doxylamine,

  • katakan pada dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap doxylamine atau obat lainnya
  • katakan pada dokter atau apoteker apa obat resep dan nonresep, vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau berencana gunakan. Pastikan untuk menyebutkan: obat pilek, serbuk bunga, atau alergi; obat depresi; perelaksasi otot; obat narkotika untuk nyeri; obat penenang; obat tidur; dan penenang
  • katakan pada dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki asma, emfisema, bronchitis kronis, atau masalah pernafasan lainnya; glaucoma (kondisi di mana meningkatnya tekanan pada mata yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap); penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kejang-kejang, atau kelenjar tiroid berlebihan
  • katakan pada dokter Anda jika Anda hamil, berencana hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil ketika menggunakan doxylamine, hubungi dokter Anda
  • jika Anda melakukan operasi, termasuk operasi gigi, katakana pada dokter atau dokter gigi bahwa Anda menggunakan doxylamine
  • Anda seharusnya mengetahui bahwa obat ini dapat membuat Anda mengantuk. Jangan menyetir mobil atau menggunakan mesin sampai Anda tahu bagaimana obat ini memengaruhi Anda
  • ingat bahwa alkohol bisa membuat Anda bertambah ngantuk karena obat ini. Hindari minuman beralkohol ketika menggunakan obat ini

Apakah doxylamine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori _ menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Doxylamine dapat masuk ke ASI dan dapat membahayakan bayi yang menyusu. Antihistamine juga dapat memperlambat produksi ASI. Jangan gunakan obat ini tanpa nasihat dokter jika Anda sedang menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan doxylamine?

Tanyakan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini jika Anda juga menggunakan obat lain apapun, termasuk obat resep dan nonresep, vitamin, dan produk herbal. Beberapa obat bisa menyebabkan efek yang tidak diinginkan atau berbahaya ketika digunakan bersama. Tidak semua kemungkinan interaksi terdaftar dalam petunjuk pengobatan ini.

Menggunakan obat ini dengan obat lain yang membuat Anda tidur atau memperlambat pernafasan dapat memperburuk efeknya. Tanyakan dokter Anda sebelum menggunakan doxylamine dengan pil tidur, obat narkotik nyeri, perelaksasi otot, atau obat untuk cemas, depresi, atau kejang-kejang.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan doxylamine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan doxylamine?

Tanyakan dokter atau apoteker apakah aman bagi Anda menggunakan obat ini jika Anda memiliki kondisi medis, khususnya:

  • glaukoma
  • pembesaran prostat
  • masalah dengan buang air
  • asma, bronkitis, emfisema, atau penyakit pernafasan kronis lainnya

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan