Capsaicin obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Nama Generik: Capsaicin Merek: shutterstock_525543943.

Penggunaan

Untuk apa Capsaicin?

Capsaicin adalah senyawa yang terkandung dalam cabai atau bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas. Ya, rasa pedas yang ditimbulkan ketika Anda mengonsumsi cabai sebenarnya berasal dari capsaicin.

Dalam dunia medis, capsaicin dapat dimanfatkan sebagai zat aktif yang digunakan untuk membantu mengobati sakit ringan dan nyeri otot/sendi, misalnya arthritis, sakit punggung, atau keseleo. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati nyeri saraf.

Capsaicin bekerja dengan mengurangi zat alami tertentu dalam tubuh Anda (substansi P) yang membantu meloloskan sinyal rasa sakit ke otak.

Dosis capsaicin dan efek samping capsaicin akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Capsaicin?

Gunakan obat ini pada kulit saja. Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk. Jika Anda tidak yakin tentang suatu informasi, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Untuk krim, gel, dan bentuk lotion, oleskan lapisan tipis obat ke daerah yang terkena dan gosok dengan lembut dan menyeluruh. Anda mungkin ingin menggunakan bola kapas/cotton bud, atau sarung tangan lateks untuk mengoleskan obat ini dan menghindari menyentuh obat dengan tangan Anda.

Jangan gunakan obat di mata, mulut, hidung, atau alat kelamin. Jika Anda tanpa sengaja menggunakan obat di daerah tersebut, bersihkanlah dengan air yang banyak. Selain itu, jangan gunakan obat ini pada kulit yang terluka atau mengalami iritasi (misalnya tergores atau terbakar matahari).

Jangan mengoleskan obat ini sebelum atau setelah kegiatan seperti mandi, berenang, berjemur, atau olahraga berat. Jangan perban atau bungkus daerah dengan obat ini atau menggunakan bantal pemanas. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko efek samping.

Setelah mengoleskan obat, cuci tangan Anda kecuali jika Anda menggunakan obat ini untuk mengobati tangan. Jika mengobati tangan, tunggu setidaknya 30 menit setelah menerapkan obat untuk mencuci tangan Anda.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat paling banyak . Untuk membantu Anda mengingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Obat ini kadang-kadang bisa memakan waktu hingga 2 bulan untuk bekerja. Beritahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik lebih dari 7 hari, memburuk, atau jika terus kambuh. Jika Anda merasa Anda mungkin memiliki masalah medis yang serius, carilah perhatian medis segera

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Capsaicin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Capsaicin untuk orang dewasa?

Untuk orang dewasa, dosis penggunaan capsaicin adalah:

  • Oleskan secara teratur 3 atau 4 kali sehari dan gosok secara perlahan dan lembut.

Bagaimana dosis Capsaicin untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditetapkan pada pasien anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis apakah Capsaicin tersedia?

Sediaan capsaicin adalah:

  • Lotion
  • Cream
  • Gel/jelly
  • Patch ukuran besar
  • Film
  • Pad
  • Salep
  • Cairan
  • Batangan

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Capsaicin?

Beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan capsaicin adalah:

  • Rasa hangat, menyengat, atau terbakar di daerah penggunaan dapat terjadi. Jika salah satu dari efek-efek ini tidak membaik atau memburuk, hubungi dokter atau apoteker segera.
  • Batuk, bersin, mata berair, atau iritasi tenggorokan dapat terjadi jika Anda menghirup residu kering dari obat ini. Gunakan secara hati-hati agar tidak menghirup residu.

Jika dokter Anda telah mengarahkan Anda untuk menggunakan obat ini, ingatlah bahwa ia telah menilai bahwa manfaat kepada Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang menggunakan obat ini tidak mengalami efek samping yang serius.

Hentikan penggunaan obat ini dan beritahu dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk:

  • Melepuh/bengkak di daerah penggunaan.
  • Peningkatan rasa sakit tidak biasa di daerah penggunaan.
  • Reaksi alergi serius seperti ruam, gatal, bengkak, (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing berat, serta kesulitan bernapas.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Capsaicin?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat, risiko harus dipertimbangkan. Ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan capsaicin adalah:

  • Beritahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat yang mengandung senyawa capsaicin. Juga beritahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis energi lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, baca label atau bahan obat dengan hati-hati.
  • Studi yang dilakukan untuk saat ini belum menunjukkan masalah anak-anak khusus yang akan membatasi kegunaan Capscaicin pada anak-anak.
  • Studi yang tepat dilakukan untuk saat ini belum menunjukkan masalah khusus bagi orang lanjut usia yang akan membatasi kegunaan Capscaicin pada orang tua.

Apakah Capsaicin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Capsaicin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Capsaicin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Capsaicin?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beberapa kondisi medis yang harus diberitahu ke dokter sebelum Anda mengonsumsi capsaicin adalah:

  • Masalah jantung atau pembuluh darah.
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi).
  • Infeksi di daerah penggunaan.
  • Luka besar, tergores, atau kulit yang teriritasi di daerah penggunaan.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Februari 26, 2018

Yang juga perlu Anda baca