backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

4 Tips agar Pandangan Aman dan Nyaman Saat Bermotor

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Fatin Nur Jauhara · Tanggal diperbarui 02/09/2022

4 Tips agar Pandangan Aman dan Nyaman Saat Bermotor

Salah satu masalah yang sering terjadi akibat sering berkendara dengan sepeda motor yaitu mata merah dan kering. Hal ini tentu tak boleh dibiarkan begitu saja. Lantas, bagaimana tips aman dan nyaman berkendara motor agar terhindar dari mata merah dan kering?

Pengaruh Asap Kendaraan bagi Kesehatan Mata

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia, transportasi mau tidak mau mengikutinya. Salah satu kendaraan yang memiliki penggemar berat saat ini adalah sepeda motor. 

Terbukti dari data yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik,  jumlah kendaraan sepeda motor di Indonesia mencapai hingga 115.023.039 pada tahun 2020. Tingginya jumlah kendaraan sepeda motor ini menimbulkan dampak bagi kesehatan.

Selain berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, terlalu sering terpapar asap kendaran dapat mempengaruhi kesehatan mata. Efek yang disebabkan oleh paparan polusi ini bersifat langsung dan signifikan. Salah satu gangguan mata yang paling sering terjadi karena polusi adalah iritasi mata.

Paparan polusi udara akan merusak permukaan okular mata sehingga menimbulkan ketidakstabilan pada lapisan air mata. Hal ini yang memicu terjadinya sindrom mata kering. Untuk itu, Anda perlu tahu tips agar pandangan aman dan nyaman saat berkendara motor.

Dikutip dari Medscape, tinggal di lingkungan ibu kota memiliki risiko 4-6 kali lebih tinggi untuk mengalami sindrom mata kering dibanding mereka yang tinggal di pedesaan.  

Sindrom mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi air mata yang cukup untuk melumasi mata. Setidaknya terdapat tiga lapisan kelenjar air mata, yaitu lemak, cairan, dan lendir. 

Ketiga kombinasi ini akan menjaga lapisan mata agar terlumasi, halus, dan jernih. Sering terpapar polusi udara menyebabkan penguapan air mata sehingga terjadilah mata kering.

Kenali Ciri-Ciri Mata Kering

Saat mata tidak terlumasi dengan baik dan cukup khususnya saat berkendara motor maka akan menimbulkan gejala mata kering, meliputi:

  • Mata kemerahan
  • Mata terasa perih
  • Sensasi panas, menyengat, atau gatal di dalam mata
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Berair
  • Penglihatan kabur
  • Mata terasa lelah
  • Sensasi mengganjal 

Tips Aman dan Nyaman Cegah Mata Kering Saat Berkendara Motor

Mata kering dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Jika dibiarkan berlama-lama, mata kering dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti membaca, dan bekerja. 

Tak hanya itu, mata kering yang tidak mendapatkan pengobatan akan berisiko untuk terkena infeksi mata yang lebih parah. Berikut ini cara mencegah mata kering bagi Anda yang sering naik sepeda motor.

1. Menggunakan Helm Full-Face

Selain melindungi diri dari potensi kecelakaan, menggunakan helm full face akan membantu mengurangi paparan polusi, debu, dan benda-benda kecil lainnya langsung mengenai mata.

Menggunakan helm full face saat berkendara juga membantu Anda mengurangi risiko mata kering dan merah akibat penguapan air mata dari tiupan angin. 

Untuk itu, usahakan memakai helm full face sebagai tips aman dan nyaman berkendara motor.

 2. Tidak Menggaruk Mata

Saat mengalami mata kering, Anda akan merasakan gatal, sensasi terbakar dan mengganjal. Usahakan untuk tidak menggaruknya.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan mata yang lebih parah. Pasalnya menggaruk mata saat debu masuk ke mata akan menyebabkan kornea tergores.

Jika Anda sangat ingin untuk mengucek mata, sebaiknya letakkan kain yang lembap di atas mata hingga rasa gatal dan sensasi lainnya mereda.

3. Hindari Menggunakan Lensa Kontak Saat Berkendara

Menggunakan lensa kontak saat naik sepeda motor sangat tidak direkomendasikan. Hal ini karena mata akan menjadi kering ketika tertiup angin. Sementara saat menggunakan lensa kontak kelembapan mata harus terjaga. 

Alasan kedua adalah lensa kontak berisiko untuk kotor karena terkena debu kendaraan. Hal ini nantinya akan memperparah kondisi mata.

4. Gunakan Tetes Mata yang Sesuai Saat Mata Mengalami Iritasi Ringan atau Kondisi kering

Tetes mata merupakan cara yang paling umum untuk mencegah mata merah dan kering bagi Anda yang setiap hari berkendara motor.

Ini menjadi tips aman dan nyaman berkendara motor yang tak boleh diabaikan.

Anda dapat menemukan tetes mata di apotek terdekat. Jangan lupa untuk membeli tetes mata sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan, pilih tetes mata dengan dua kandungan aktif, yaitu 0,05% Tetrahidrozolin HCl dan 1% Macrogol 400. Bahan Tetrahidrozolin HCl mampu membantu mengatasi mata merah akibat iritasi mata ringan. Sementara itu, Macrogol 400 berfungsi melembapkan mata dan mengatasi mata kering. 

Selain dua kandungan aktif tadi, pilihlah produk yang mengandung Vitamin B6, E, borneol untuk memberikan rasa nyaman saat digunakan. Saat meneteskannya, Anda akan langsung mendapatkan sensasi dingin dan sejuk yang diperlukan mata setelah berkendara menggunakan sepeda motor. Kemasan tetes mata yang praktis memungkinkan Anda untuk selalu membawanya sebagai teman berkendara.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata, ya!

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Fatin Nur Jauhara · Tanggal diperbarui 02/09/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan