Mau Foot Spa (Spa Kaki) Sendiri di Rumah? 6 Tips Ini Wajib Anda Coba!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Mungkin Anda rajin melakukan perawatan kecantikan ini itu, dari wajah hingga bagian tubuh yang lain. Namun, bagaimana dengan kaki? Ya, tak lengkap rasanya jika Anda tak mencoba perawatan kaki. Untuk memulihkan kaki yang pegal-pegal, kebanyakan orang memilih melakukan foot spa (spa kaki) di salon. Mengapa tidak Anda coba melakukannya sendiri di rumah, yang tentunya lebih murah, mudah, dan tak kalah efektif?

Tips perawatan kaki dengan foot spa di rumah

relaksasi tubuh

Ketimbang pergi ke salon, yuk, lakukan perawatan kaki sendiri di rumah dengan foot spa melalui cara berikut ini.

1. Siapkan alat-alatnya

Perawatan kaki dengan foot spa tidak  membutuhkan banyak alat, kok. Anda hanya perlu menyiapkan kursi, baskom besar, air hangat, garam Epsom atau garam meja, minyak esensial, pelembap, dan handuk.

Pilih salah satu ruangan yang paling nyaman dan tenang, misalnya di taman belakang rumah atau di kamar sendiri. Letakkan beberapa aromaterapi di setiap sudut ruangan supaya terasa lebih nyaman.

Setelah itu, duduklah dengan posisi yang Anda rasa paling nyaman. Matikan ponsel Anda supaya tidak mengganggu proses perawatan kaki ini.

2. Isi baskom dengan air hangat

Sekarang, masukkan air hangat ke dalam baskom setidaknya sampai menutupi mata kaki Anda. Bisa juga ditambahkan beberapa sendok susu bubuk supaya kulit kaki Anda lebih lembut dan cerah.

Atau, tuangkan beberapa gelas seduhan teh herbal untuk detoksifikasi kaki. Setelah itu, rendam kaki Anda dan rasakan sensasi nyamannya.

Panduan Cara Pedicure Di Rumah

3. Tambahkan kerikil ke dalam baskom

Kerikil-kerikil halus atau batu kali berfungsi sebagai alat pijat untuk meredakan otot-otot kaki yang nyeri dan pegal. Caranya, injak-injak batu secara perlahan dan sesekali berikan tekanan yang sedikit kuat sebagai terapi akupresur.

4. Masukkan garam dan minyak esensial

Campurkan beberapa sendok teh garam Epsom dan minyak esensial ke dalam baskom. Pilih minyak esensial apa pun yang Anda sukai. Namun kalau ingin hasilnya maksimal, pilihlah aroma lavender, tea tree (pohon teh), kayu putih (eukaliptus), serai, atau chamomile.

5. Rileks

Sembari menginjak-injak batu, sandarkan tubuh Anda di kursi dan pejamkan mata sejenak. Biarkan tubuh Anda rileks selama 15-20 menit sambil menghirup wangi aromaterapi yang menenangkan.

Setelah itu, gosokkan kedua telapak kaki Anda dengan scrub biji kopi, gula, atau oat. Pijat ke seluruh bagian kaki Anda dan fokuskan pada area kaki yang pegal.

Bilas dengan air hangat hingga bersih setelahnya. Jangan lupa oleskan pelembap supaya kulit kaki makin kenyal dan kencang.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca